About TUTSbyT

TUTSbyT adalah sebuah kependekan dari Tuts by Tiyo, blog ini dikelola oleh Tiyo Kamtiyono.

Tuts merujuk pada tutorial, dan dalam benak saya website yang menjadi kiblat adalah semacam Tuts+ dari Envato.

Dalam keseharian saya menggunakan sistem operasi Linux (Fedora saat ini, September 2021), dan banyak melakukan tugas kreatif dalam pekerjaan seharian saya, mulai dari membuat desain poster, logo, dan juga editing film.

Berbekal pengalaman mendalami beberapa program kreatif di ranah open source tersebut, seiring dengan bertambahnya pengalaman di sela kesibukan saya akan berusaha menuliskan pengalaman yang saya temukan di blog ini, semoga bermanfaat.

Blogging & Freelancing

Selain memiliki tugas dari day job yang saya ambil beberapa bulan lalu, saya juga sudah lama berkutat dengan dunia blogging, sejak April 2007 tepatnya.

Sejak 2009 saat saya masih bekerja sebagai wiyata bhakti di instansi pemerintah saya sudah mengelola satu blog pribadi yang kesana-kemari, seputar internet dan tutorial juga.

WordPress adalah passion utama saya, saya merasa sangat beruntung bisa mengenal WordPress dan merasa sebagai bagian daripadanya. Saya sempat ikut 2 kali WordCamp di Jogja dan Jakarta.

Sampai saat ini sesekali saya masih ikut berkontribusi menerjemahkan WordPress, dan saya adalah PTE bahasa Indonesia untuk theme GeneratePress yang saya pakai di sini.

Dari awal 2010-an hingga sekitar 2014, saya mengelola beberapa blog, selain blog pribadi yang saya buat tahuin 2009 itu, saya pernah mengelola 2 blog berbahasa Inggris, dan satu lagi berbahasa Indonesia yang khusus membahas WordPress, yaitu WPKamt.

Kebanyakan artikel saya masih tutorial, dengan sesekali memuat artikel review produk yang berisikan link affiliate. Dari sana saya banyak belajar tentang marketing online, bagaimana mendapatkan uang dari internet. Entrepreneurship tidak hanya berhenti di situ, sebagai orang yang lumayan tahu WordPress, hosting dan sebagainya, saya sempat mewujudkan ide saya untuk memberikan jasa pembuatan website, yang tidak saya seriusi πŸ˜›

Tahun 2016 saya resign dari pekerjaan pertama tadi, kemudian saya memutuskan untuk jadi freelance, sempat freelance jadi mengembangkan website untuk satu klien, sembari menjalankan usaha freelance lainnya.

Freelance saya di Transkreep mengalihkan saya dari web development, hosting dan WordPress secara umum. Memang lini bisnisnya tergolong beda jauh, tapi saya sangat menyukai apa yang saya kerjakan di sana, bisa memiliki akses ke berbagai klien yang rata-rata akademisi sangat membuka wawasan dan pola pikir saya juga.

Lahirlah TUTSbyT

Beberapa kali saya mencoba mensinergikan blogging dan freelancing, antara mengejar deadline di Transkreep dengan menuliskan pengalaman saya. Ada 2 atau 3 domain lain yang sudah pernah saya pakai yang sekarang sudah saya buang begitu saja.

Dari satu domain ke domain lainnya, saya sebenarnya cuma menggeser-geser artikel saja. Akhirnya saya memutuskan untuk start clean slate, membuat artikel yang sama sekali baru lagi di website ini dan website saya AboutTiyo yang saya buat sejak 2009 tadi.

Semoga saya bisa membagikan banyak pengalaman yang bermanfaat untuk pembaca sekalian, bisa update artikel dengan teratur di blog ini. πŸ™‚

Silahkan tuliskan sapaan, saran dan masukan jika berkenan. Terima kasih sudah membaca sejauh ini πŸ˜€

Leave a Comment

%d bloggers like this: