Apa Itu WordPress? Sejarah dan Semuanya yang Kamu Wajib Tahu!

www.domainesia.com

Apa itu WordPress? Mungkin ada dari kamu yang masih sama sekali belum tahu apa itu WordPress? Pertama kali saya membaca berita di tabloid pada tahun 2007 saya juga memiliki pertanyaan yang sama.

Jawaban singkat dan sedikit teknis dari pertanyaan Apa itu WordPress, WordPress adalah sebuah software/script yang bisa di-install di server/hosting untuk membuat website, website apa saja!

Dan untuk membuka wawasan, saya akan menulis lebih tentang berbagai organisasi di balik WordPress. Karena saya jadi semakin cinta WordPress dan membuat WPKamt.com setelah mengetahui siapa yang berkiprah di balik layar. Bagaimana komunitasnya semakin besar hingga kini (tahun 2016) menjadi platform yang dipakai 25% website di seluruh dunia ini.

Sejarah singkat WordPress

WordPress adalah sebuah software yang bisa kamu gunakan untuk membuat website, baik web pribadi, situs portal berita atau bahkan toko online sekalipun.

Tahun 2003 Matt Mullenweg menemukan WordPress karena kebutuhannya akan sebuah software publishing online. Saat itu b2 adalah salah satu software serupa yang telah dihentikan pengembangannya. Maka Matt bersama dengan beberapa rekannya melakukan forking pada code b2 dan jadilah WordPress.

Beberapa saat setelahnya, Movable Type, salah satu platform online publishing lainnya menerapkan harga untuk penggunaannya, maka makin banyak orang mencari alternatif yang gratis, WordPress adalah pilihan tepat saat itu.

Hingga saat ini WordPress berkembang sangat pesat dibawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc.

Automattic

Automattic adalah induk dari beberapa produk yang berkaitan dengan web. Beberapa software dan website penyedia layanan yang berkaitan dengan WordPress berada di bawah payung Automattic. Dua yang paling signifikan dalam perannya membesarkan WordPress adalah penyedia blog gratis dengan WordPress yaitu WordPress.com dan website komunitas WordPress.org

WordPress.com

Kalau kamu ingin mengetahui seperti apakah WordPress itu, kamu bisa mengunjungi WordPress.com dan mendaftar di sana. Kamu bisa mendapatkan sebuah blog dengan nama seperti bloghebat.wordpress.com secara gratis. Jika tidak, kamu bisa memilih nama lain seperti bloghebat.com dengan membayar biaya tahunan untuk domain dan hosting (disebut custom domain (domain mapping)/upgrade).

Pilihan nama domain custom itu adalah salah satu usaha bisnis dari WordPress, walaupun WordPress adalah sebuah software yang 100% gratis, open source, tapi untuk pengembangannya pasti juga diperlukan biaya.

WordPress.com adalah salah satu sumber penghasilan untuk mendukung kelangsungan development selain berbagai layanan berbayar lainnya.

Apa itu WordPress Self Hosted?

apa itu wordpress

WordPress.org menjadi salah satu rujukan pertama bagi pengguna WordPress, selain beberapa blog yang fokus tentang WordPress seperti blog ini pastinya πŸ™‚ Pengguna yang membuat blog dengan domain dan hosting sendiri bisa download WordPress, themes dan plugin dari sini.

Biasanya disebut juga dengan nama WordPress Self-Hosted (karena menggunakan hosting sendiri). Tinggal membeli hosting dan domain sendiri (yang relatif murah dari custom domain WordPress.com) lalu install WordPress di server, kemudian install themes dan plugin yang kamu perlukan.

Themes menjadikan design website/blog kamu bisa berubah semau kamu. Sedang dengan plugin kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan yang belum ada dalam WordPress. Themes dan plugin inilah yang menjadikan WordPress fleksibel, bisa jadi blog biasa, website portal berita atau toko online sekalipun.

Kalau kamu menemukan masalah tertentu dengan WordPress yang kamu gunakan, bisa juga mencoba mencari solusinya melalui forum WordPress, dimana kadang ada pengguna lainnya yang akan membantu.

Bagi developer, di sinilah mereka men-submit karya-karyanya berupa themes dan plugin yang jumlahnya ribuan.

Di website ini juga para developer yang sebagian merupakan karyawan Automattic berdiskusi dan membahas tentang perkembangan WordPress ke depannya dipimpin oleh Matt. Kalau kamu nanti sudah canggih coding tentang WordPress bisa deh ikutan di make.wordpress.org.

WordCamp

Komunitas WordPress di berbagai kota di dunia berkumpul, kopdar, dalam acara yang disebut WordCamp sepanjang tahun. Mulai dari blogger, developer themes, translator, hingga penyedia hosting WordPress berkumpul dan berbagi aneka tips dan ceritanya dalam acara ini. Di Indonesia sudah dilakukan WordCamp tahun 2013, bulan November 2016, April 2017 di Bali lalu juga November 2017 di Jakarta.

Bisnis besar berbasis WordPress

Dalam direktori themes dan plugin itu ada yang memang memberikan themes dan plugin yang 100% gratis, ada yang menggunakannya untuk memajang beberapa ‘lite version’ dari produk berbayar mereka.

Bisnis berbasis WordPress mulai muncul pada tahun 2008 seingat saya, saat Justin Tadlock membuat Theme Hybrid dan Brian Gardner memperkenalkan Revolution themes yang kemudian berubah menjadi Genesis Framework. Setelahnya banyak website besar lainnya yang menyediakan themes premium, layanan web development berbasis WordPress, Hosting khusus WordPress yang dipelopori WPEngine dan masih banyak lagi.

Keunikan dalam dunia WordPress yang gratis namun bisa membentuk system ekonomi bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya ini yang membuat WordPress semakin besar tiap harinya. Semua itu tak lepas dari perat Matt Mullenweg yang hingga saat ini menjadi penentu kebijakan tunggal dalam menentukan arah perkembangan WordPress.

Saya harap posting sederhana ini bisa menjadikan kamu paham lebih banyak tentang apa itu WordPress, bagaimana hebatnya Automattic yang hanya memiliki sekitar 260 karyawan di berbagai belahan dunia bisa bersatu mengembangkan proyek open source terbesar saat ini bisa menjadikan kamu makin cinta dengan WordPress.

Trademark WordPress

Walaupun domain dengan nama WordPress bisa kita beli (misal: blogtutorialwordpress.com) namun menggunakan kata WordPress utuh dalam sebuah domain merupakan sesuatu yang tidak disarankan sebagaimana disebut di sini. Akan tetapi jika memakai wordpress sebagai sub domain tidak apa-apa.

Jika terlanjur membeli disarankan untuk membuat versi lain dengan menyingkatnya menjadi wp saja (seperti wpkamt.com) kemudian mentransfer domain lama ke WordPressFoundation.org. Kenapa tidak boleh? Karena bisa membingungkan orang awam, dan memang pernah ada kasus dimana seseorang bisa dipaksa untuk membayar dengan $1.000 hingga $100.000.

WordPress vs Blogger

Selain ingin tahu apa itu WordPress banyak pula diperbincangkan perbandingan antara WordPress vs Blogger. Blogger adalah salah satu platform ngeblog yang juga sangat populer dari dulu. Blogger dimiliki oleh Google dan terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya.

Blogger biasanya tampilan-nya menggunakan template yang memiliki tampilan biasa-biasa saja yang bisa dipilih dari area adminnya, walauΒ  bisa diganti dengan menggunakan menu edit HTML namun saya merasa tetap saja kurang flexible dan nyaman.

Dibanding WordPress self hosted yang memiliki ribuan themes gratis dan juga berbayar serta ditambah dengan adanya plugin untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru, blogger adalah pilihan yang salah untuk sebuah website profesional.

Apalagi diperparah dengan tidak adanya kendali pemilik blog atas konten websitenya, sewaktu-waktu akun Google anda diblokir, atau isi blog dirasa melanggar TOS maka bisa saja semua tulisan kamu dihapus Google.

Yuk Bagikan:

21 pemikiran pada “Apa Itu WordPress? Sejarah dan Semuanya yang Kamu Wajib Tahu!”

    • Di atas sudah saya sampaikan, bisa membuat blog sederhana, website company profile, toko online atau bahkan portal berita besar sekelas NYTimes.com. Tergantung themes dan plugins dan berbagai customisasi yang kita terapkan sesuai kebutuhan.

      Balas
  1. Saya mau bertanya mas, kebetulan newbie juga ..
    Kalau saya mau edit2 thema manual wordpress lebih baik secara online atau bagaimana? soalnya saya dengar lebih baik jangan langsung mengedit manual theme nya langsung di wordpress.. sedangkan saya terbiasa mengedit langsung dr worpressnya

    Balas
  2. saya pertama kali kenal wordpress pada tahun 2014 itu pun saya tidak sengaja membaca artikel di sebuah forum.. sebelum itu yang saya tahu membuat blog itu hanya pada blogger.com πŸ˜€
    tapi sejak tahun 2014 sy sudha meninggalkan blogger lalu mulai medalami wordpress terutama wordpress self hosting (wordpress.org)

    Balas
  3. permisi, salam kenal agan, saya adalah seorang newbie, baru sekitar kurang lebih sebulan dalam mengenal seluk beluk wordpress, maunya tu kalau pertama belajar begini yang gratis, gratis dulu gan, maklumlah seorang pegawai honor sekolah penghasilan tak seberapa. sekiranya ada gax kira kira referensi buat saya dalam memulai semua ini gan.

    Balas
    • Kalau mau menggunakan WordPress.com juga 100% gratis kok mas, cuman ya mungkin sekarang ada tawaran untuk upgrade ini dan itu. Paling mentok kalau tetap tidak dihiraukan ya di blog gratisan itu nantinya ada iklan yang muncul diluar kendali kita (kita ga dapat penghasilan darinya).

      Balas
    • Mas buka deh halaman depan website ini, ikuti saja kolom yang kiri buka setiap link ke web ini juga, di situ sudah berusaha saya urutkan kok materinya. Kadang juga dalam satu artikel saya kasih beberapa link ke artikel terkait/lanjutannya. Atau buka artikel cara install WordPress ini sebagai permulaan.

      Balas

Tinggalkan komentar