Bagaimana Menginstall WordPress untuk Mendapatkan Performa Terbaik

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Bagaimana rasanya jika kita memiliki kesempatan kedua? Untuk melakukan satu hal yang sama yang telah kita lakukan di masa sebelumnya dengan banyak kesalahan lagi, namun kali ini kita melakukannya dengan sempurna. Itulah yang akan saya sampaikan dalam artikel Bagaimana Menginstall WordPress untuk Mendapatkan Performa Terbaik berikut.

Pastinya hal tersebut akan menjadi satu smooth experience ya, karena kita akan memperoleh satu hal yang mampu memberikan semua yang kita inginkan dengan mengurangi berbagai hal yang tidak berguna, dan pastinya akan bekerja dengan maksimal.

Hal seperti inilah yang saya coba untuk lakukan ketika menginstall WordPress di domain TUTSbyT ini. Saya ingin ini akan menjadi satu website yang minimalis dari segi resources, memiliki tampilan yang bisa deliver artikel dengan baik kepada pembaca juga mudah untuk saya kelola dan optimasi.

Setelah 3 tahun lebih tidak berkutat dengan mengurus website

Sebenarnya, sejak akhir 2017 lalu saya sudah jarang melakukan aktivitas yang namanya login ke wp-admin untuk sekedar ngoprek website. Saya juga sudah jarang yang namanya menulis konten, mungkin di beberapa blog saya, di sini dan sini ada sesekali.

Saya walau setiap hari hampir selalu login juga ke website saya yang satunya, namun di sana fokus saya adalah untuk menjalankan website tersebut buat melayani klien saya untuk jasa lainnya, paling hanya untuk membuat dan mengupdate invoice. Selebihnya ya di beberapa web lain sesekali login buat update WordPress, themes dan plugins atau sesekali membersihkan komentar spam.

Intinya waktu kemarin saya memutuskan untuk memindahkan semua konten tutorial WordPress pemula ke domain baru ini bersama tutorial saya yang lain, saya jadi seperti orang yang baru belajar WordPress lagi.

Bagaimana bisa?

Bagaimana Menginstall WordPress 2020
Dewaweb

Karena selang waktu 3 tahun ini banyak sekali perkembangan yang terjadi di dunia WordPress, tengok saja untuk menulis sebuah artikel, tampilan yang sekarang yang disebut Gutenberg Editor sangat jauh berbeda dengan clasic editor. Bahkan untuk me-resize satu gambar saya kemarin sempat kebingungan, flow-nya sekarang sudah jauh lebih simple dan straightforward.

Gutenberg dan Page Builder

Trend paling mencolok bedanya untuk membuat website WordPress terlihat cantik itu adalah dengan mulai menjamurnya page builder. Oke, saat saya masih sering mengelola dan oprek website klien dulu yang terakhir juga sudah ada yang namanya Visual Composer, Elementor atau juga Divi, tapi belum sebanyak ini.

WordPress walau sudah menjadi standard mayoritas orang karena kemudahannya untuk dipakai, lebih dari 1/3 website di dunia memakainya, saat ini semakin menyasar user yang sama sekali tidak tahu apa itu CSS dan HTML, itulah kenapa page builder ini semakin banyak bermunculan.

Dan memang Gutenberg sendiri dihadirkan untuk memberikan experience menulis yang simple di WordPress, dan pemakaian page builder adalah salah satu yang dipush di kalangan developernya.

Bagaimana Menginstall WordPress biar cepat?

Seperti yang saya tulis dalam artikel plugin WordPress rekomendasi sebelumnya, pada prinsipnya untuk menjadikan website kita loadingnya cepat itu adalah dengan mengurangi seminimal mungkin plugins yang kita pakai.

Saat ini hanya ada 7 plugin di website ini, mencakup plugin untuk mengetahui jumlah pengunjung (Google Site Kit), memasang banner atau iklan dengan Ad Injection, Sharing, optimasi loading biar cepat dengan Autoptimize, Optimasi SEO dengan Yoast SEO dan pastinya GP premium, untuk mengaktifkan setiap fitur premium dari GeneratePress.

Dengan jumlah plugin yang dijaga seminim mungkin seperti itu, sepertinya sudah berhasil membuat TUTSbyT loadingnya relatif cepat tanpa hambatan. Di samping itu untuk fitur-fitur essensial juga sudah terpenuhi.

Ditambah dengan themes yang minimalis dan dibangun dengan kecepatan sebagai prioritas seperti GeneratePress rasa-rasanya website ini sudah cukup terjaga kecepatannya.

Lalu bagaimana agar tampilan website keren?

Tampilan website ini, em, bisa dibilang masih standar. Saat ini saya hanya menggunakan fitur Site Library yang ada di GeneratePress, bisa dibilang tampilan website ini masih ‘tradisional’.

Saat ini kalau mau website kita terlihat kekinian, spacious dengan warna ngejreng dan berbagai elemen untuk mempermanis design seperti adanya dividers juga sangat mudah. Kita tinggal install plugin-plugin yang menawarkan extension dan block tambahan buat Gutenberg tadi, maka semuanya tinggal semudah memencet setingan di kolom kanan editor halaman/posting.

Ada banyak pilihan plugin yang bisa kita eksplorasi untuk mempercantik tampilan ini mulai dari Gutenberg Blocks, Kadence Blocks, Getwid, Ultimate Blocks atau Ultimate Gutenberg.

Kemarin saya sudah mencoba mencicipi sensasi medesain halaman WordPress yang baru ini, salah satunya di salah satu website klien saya di sini.

Bagaimana Menginstall WordPress yang mudah dikelola dan optimasi?

Untuk mengelola website, dalam artian mengelola konten dari website salah satunya pastinya adalah tentang optimasi SEO. Di sini saya masih menggunakan Yoast SEO, yang sudah terbukti memang menawarkan fitur yang memanjakan kita untuk membuat konten SEO Friendly.

Lantas untuk melakukan optimasi lanjutan atau untuk mencari ide konten, pastinya kita juga layak memperhatikan kegelisahan pembaca dari kolom komentar dan jejak kata kunci yang mereka pakai sebelum membaca artikel kita. Dan hal itu bisa kita tengok dengan mengunjungi Search Console dan Analytics.

Untungnya sekarang ada plugin Site Kit by Google.

Plugin ini selain juga menanamkan code tracking ke website kita, memungkinkan kita untuk tahu setiap info dari user yang bisa kita pakai untuk hal tersebut juga semakin memanjakan kita selangkah lagi. Dia memungkinkan kita melihat langsung dari dashboard kita volume pencarian, jumlah orang yang klik dan membaca artikel kita, termasuk artikel paling populer langsung dari dalam dashboard WordPress.

Ini adalah satu hal yang paling saya sukai dalam blogging saat ini.

Yuk Bagikan:

Tinggalkan komentar