Cara Impor WordPress; WordPress ke WordPress

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Setelah sebelumnya saya membahas cara menginstall WordPress, baik dengan bantuan software installasi seperti Fantastico dan Softaculous atau secara manual, kali ini saya akan membahas cara mengimpor posting dan komentar dari blog WordPress.com ke blog self-hosted yang telah kita install. Untuk melakukannya, kita menggunakan sebuah plugin yang disebut dengan WordPress Importer.

Untuk yang belum tahu apa itu plugin, saya mau menjelaskannya nanti saja, yang jelas dalam proses ini semuanya tingal klik dan tidak perlu paham bahasa pemrograman apa pun. OK langsung saja kita mulai memindahkan konten blog lama ke blog baru kita.

Cara Impor WordPress; WordPress ke WordPress

Langkah pertama adalah login ke blog bloganda.wordpress.com, saya mengunakan salah satu blog saya yang memiliki konten sangat sedikit, pakefedora.wordpress.com.

Cara Impor WordPress; Ekspor konten

Setelah masuk dashboard langsung deh bisa kita mulai memindah konten blog-nya.

1. Buka Eksporter

Eksporter berada dibawah menu tools (perkakas)
Cara Impor WordPress

Dewaweb

2. Download file Eksport WordPress

Cara Impor WordPress export blog

Ada pilihan guided transfers yang memberikan support pada anda tentang pemindahan isi blog anda ke self-hosting anda, dengan garansi selama semingu biayanya mahal banget $129. Pilih Eksport saja yang gratis 🙂

3. Download File Eksport WordPress

Eksport Blog WordPress - download file eksport

Pilih all content untuk mengimport semua konten, klik tombol download eksport file untuk memulai download file dengan ekstensi .xml

Cara Impor WordPress; Impor konten di blog baru

Setelah langkah di atas, masuk ke blog baru dan lakukan import konten dengan mengunakan importer.

1. Jalankan Importer

Berkebalikan dengan di blog WordPress.com, di blog baru anda sekarang kita jalankan importer, posisi menunya sama dengan eksporter, di bawah menu tools/perkakas.

Import Blog WordPress

Setelah klik import, klik WordPress, jika WordPress Importer belum terinstall maka akan otomatis muncul pop-up untuk menginstallnya terlebih dahulu.

2. Install WordPress Importer

Install WordPress Importer

Langsung klik install sekarang aktifkan plugin dan jalankan WordPress importer.

3. Upload file eksport

Pilih file .xml Eksport Blog WordPress

Pilih file .xml yang tadi di download dari blog lama lalu;

Upload File ke Importer

4. Setting user account dan import file

Setting user dan attachment Importer

Dalam mengimpor isi blog lama ini, otomatis user blog lama juga ikut terimpor, namun anda bisa menggabungkannya dengan ‘memberikan’ tulisan tersebut pada user yang sekarang seperti gambar di atas. Jangan lupa centang “Download and import file attachments” untuk meng-copy file – file di blog lama seperti gambar ke blog baru kita. Klik Submit.

5. Import Blog Sudah selesai

Cara Import WordPress Selesai

Jika semua berjalan lancar, semua posting, komentar gambar dan halaman dari blog lama akan tercopy ke blog baru anda. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses ini tentunya bergantung dengan banyaknya konten blog lama.

Kesimpulan Cara Impor WordPress.com ke WordPress Self-Hosted

Mengimpor konten blog lama di WordPress.com ke blog dengan domain sendiri anda tidak memerlukan pengetahuan coding apapun, anda hanya memerlukan bantuan plugin importer. Semua posting, komentar, gambar halaman sudah akan masuk blog baru.

Yang perlu anda lakukan penyesuaian lanjutan secara manual adalah seting widgets dan menu di themes yang baru. Kalau ingin mengambil data stats blog lama ke blog baru juga bisa dengan mengunakan WordPress JetPack, saya akan membahasnya lain waktu 🙂

Yuk Bagikan:

16 pemikiran pada “Cara Impor WordPress; WordPress ke WordPress”

  1. misal saya punya blog di wordpress, mau beli hosting+domain dan saya install cms wordpress di sana. Trus semua post di blog saya di wordpress itu saya eksport dan saya masukkan ke web saya yg baru.

    pertanyaannya, blog saya yang baru ini bakalan di anggap hasil copy paste ga ya sama google ? terus bakalan masuk sandbox ga ?

    kalo iya, ada ga solusi agar saya tetap bisa eksport artikel saya di blog lama tanpa harus dianggap sbg copy paste ? apa harus menghapus blog yang lama dan menghapus yang ada di GWT jg ?

    Balas
    • Semua posting lama bisa dimasukkan blog baru yang di hosting sendiri dengan metode ini, langkah selanjutnya adalah menyeting blog lama kita menjadi private. Dengan menjadikannya private, mesin pencari juga akan secara bertahap membuang index artikel – artikelnya atau langsung sama sekali.

      Untuk lebih amannya memang sekalian di GWT kita buang blog yang lama lalu kita veriifikasi blog yang slef hosted. Saat google tau keduanya adalah blog kita, maka sudah pasti blog yang baru tidak akan dianggap scrapper. Kalau untuk proses sandboxing, kayaknya ya memang harus sabar deh semua blog baru. Mungkin butuh sekitar 1-2 minggu untuk kembali normal, pada saat itulah kita dorong dengan artikel – artikel baru.

      Balas
  2. tanya lagi mas. ini ga ada hubungannya sama import artikel di wordpress sih. Gapapa kan ?
    gini mas. Sebenarnya kalo sering gonta ganti template itu mempengaruhi posisi kita di serp ga sih ?

    thanks 🙂

    Balas
    • Saya pribadi jarang ganti themes, walau belum pernah melakukan tes sendiri secara teliti, saya berpendapat ada efeknya. Themes sangat berpengaruh dengan load time blog kita, karena beda themes beda resource yang dipanggil untuk load blog, beda juga load timenya.

      Themes yang saya pakai ini mungkin contohnya, setelah menggunakannya, saya rasakan makin banyak visitor datang dari search engine.

      Balas
  3. Mas saya mau tanya..
    Saya tadinya mau merubah nama domain saya, awalnya nurulkamilah96.wordpress.com lalu saya rubah menjadi nrlkamilah.wordpress.com,
    tp malah jadi ada 2 domain, domain yg awal masih ada, setiap saya ketik di google buat cari nama artikel saya nyangkutnya di domain yg awal, tp pas dibuka isinya kosong.
    Sedangkan domain yg baru tidak bisa dilacak artikel saya, selalu nyangkutnya di domain yg awal.
    Saya jadi bingung, blog saya jadi gk berpengunjung lagi.
    Bagaimana cara ngatasinnya? Harus dihapuskah? Atau bikin blog baru trus ditransfer postingan saya.
    Mohon bantuannya, trims…

    Balas
    • Blog yang di WordPress.com ya ini kasusnya? Setahu saya, domainnya sih tidak bisa dirubah seperti itu, kalau blogspot bisa. Bahkan di WordPress, sebuah blog yang sudah dihapus sekalipun, domainnya tidak akan pernah dibuka untuk orang lain lagi.

      Kalau cara mengatasinya mungkin ya mending blog yang lama dibuat privat saja. Lalu isinya dicopy ke yang baru, bisa eksport import ga ya? Saya sudah lama tidak mengelola WordPress yang gratisan soalnya, maaf kalau kurang lengkap 🙂

      Balas
  4. Mas, saya mau tanya kalo cara impor post wordpress tapi pake schedule, (post yang diimpor tidak otomatis di publish) ada gak pluginnya.. kalau ada mohon infonya ?

    Balas
  5. mas, saya baru saja install ulang wordpress setelah selesai install, kenapa tidak ada konten atau gambar seperti sebelumnya? apakah mesti di import konten?
    mohon solusi, terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar