Tutorial Lengkap Cara Install Plugin WordPress [Plus Video]

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Cara install plugin WordPress sama persis dengan cara install themes WordPress. Cukup mengunjungi halaman tambah plugin (/wp-admin/plugin-install.php), kemudian memilih beberapa langkah diantaranya adalah;

1). Memilih plugin dari daftar plugin yang diandalkan, disarankan dan paling populer.
2). Menggunakan pencarian,
3). Menggunakan tag yang ada di bagian bawah daftar plugin yang ada, atau;
4) Upload plugin yang sudah kita download sebelumnya

Ada banyak juga ya ternyata cara install plugin WordPress ini sepertinya, tapi kalau di jalankan tidak lah banyak kok, cukup sederhana dan prosesnya straightforward.

Baiklah, sekarang mari kita bahas satu – demi satu dari berbagai cara yang saya sampaikan di atas. Kalau tidak sabar membaca, silahkan langsung saja turun ke bagian bawah dimana saya juga melampirkan sebuah video panduan cara install plugin WordPress ini.

Install Plugin WordPress Andalan

Begitu mengakses halaman yang saya sebutkan tadi (/wp-admin/plugin-install.php) dari dashboard masing – masing, maka akan sampai pada tampilan seperti ini;

Cara Install Plugin WordPress Lengkap

Dewaweb

Ada beberapa tab seperti yang terlihat di atas, mulai dari plugin WordPress andalan, populer dan disarankan, plus kesukaan jika anda memiliki akun di WordPress.org dan memilih beberapa plugin sebagai kesukaan anda.

Langsung klik tombol install sekarang ‘pada plugin yang anda kehendaki untuk menginstallnya.

Cara Install Plugin WordPress dengan Pencarian

Kalau anda pernah ingat nama sebuah plugin atau developernya, bisa anda gunakan pencarian saja, seperti yang tampil dalam kotak merah bagian kanan dari gambar di atas. Daftar plugin akan menyesuaikan dari kata kunci pencarian yang anda berikan, dan jika plugin yang anda mmaksud sudah nampak, tinggal install.

Mencari Plugin dengan Label/Tag

Salah satu cara install plugin WordPress lainnya yang kadang membuat saya terkaget – kaget. Karena kadang saya menemukan plugin yang jarang terdengar namun memiliki fungsionalitas yang lumayan. Sedikit perlu kesabaran sih kalau mencari plugin yang benar – benar bagus dengan menggunakan metode ini.

Pro Tips: Pertimbangkan plugin yang jumlah install dan reviewnya lumayan banyak dan bagus.

Install Plugin Melalui Menu Upload

Jika kita membeli sebuah plugin dari developer yang tidak tercantum di WordPress.org biasanya kita akan diberi file .zip yang bisa kita install dari menu ini.

Install plugin WordPress via Upload

Plugin premium seperti ini dan ini tidak disubmit ke direktori plugin WordPress karena aturannya memang yang ada di direktori resmi adalah plugin free dan open source saja.

Video Tutorial Cara Install Plugin WordPress

Seperti yang saya sebutkan di awal, bahwa saya juga telah menyiapkan sebuah video tutorial bagi anda yang tidak gemar membaca dari awal sampai akhir. Bisa disimak dari sini;

Kekurangan video itu adalah tidak membahas poin keempat dalam daftar cara install di atas. Saya tidak kepikiran malahan waktu membuat screencast ini.

Referensi Plugin dari WPKamt.com

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya dalam artikel Plugin WordPress Wajib Install –yang anda wajib baca — kita tidak dibatasi mau install berapa plugin, tapi perlu memperhatikan server, semakin banyak plugin terinstall maka akan semakin lambat loading website.

Jika ingin tahu beberapa plugin yang saya pakai atau sarankan untuk SEO, baca juga artikel 7 Plugin SEO WordPress Terbaik, silahkan juga ekplorasi panduan plugin WordPress lainnya untuk memperoleh lebih bayak referensi lagi.

Salam Sukses!

Yuk Bagikan:

Tinggalkan komentar