Cara Install WordPress di CPanel Hosting Secara Manual

Cara Install WordPress di CPanel sebelumnya sudah saya sampaikan juga, namun dalam posting sebelumnya saya memberikan informasi tentangΒ Cara Install WordPress di CPanel dengan Fantastico dan Softaculous. Kedua cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan dan bisa meminimalisir kesalahan bagi user awam, namun untuk user yang lebih berpengalaman bisa mencoba untuk menggunakan cara install WordPress di CPanel secara manual ini.

Keunggulan cara install WordPress manual ini adalah anda tahu betul tentang username dan password database yang anda pakai untuk menginstall WordPress di CPanel. Jika menggunkan Fantastico WordPress yang diinstall langsung jadi, dan jika menggunakan Softaculaous anda tahu username database yang diapakai, namun tidak tahu passwordnya.

Sebenarnya setelah terinstall keduanya bisa dilihat di wp-config.php, namun saya yakin sangat jarang orang yang membuka file tersebut. Anda akan kesusahan manakala tanpa sengaja file tersebut terhapus dari root hosting anda, karena blog anda langsung error. Saya pernah mengalami hal ini, dan butuh beberapa perenungan untuk bisa mengatasinya πŸ˜€ Saat itu saya tidak tahu kalau wp-config.php dipindah di atas public_html ternyata tidak masalah.

Jika anda menggunakan cara install WordPress di CPanel dengan cara manual ini, diharapkan anda tidak mengalami masalah ini. Cara install WordPress di CPanel secara manual ini sebenarnya hanya pada pembuatan Database manual saja, selebihnya sangat mirip dengan cara install WordPress di localhost.

Cara Install WordPress di CPanel secara Manual

1. Buat Database dan username

Sebelumnya, tentu saja anda harus masuk CPanel hosting anda, selajutnya buat sebuah database dan username baru dengan memilih database wizard;

Cara Install WordPress di CPanel

Setelah memilih MySQL database wizard, langsung buat sebuah database baru;

Cara Install WordPress di CPanel - buat db

Setelah dtabase, kita buat sebuah user baru, sekalian dengan password untuk user ini;

Cara Install WordPress di CPanel - user pass db

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan database yang dibuat tadi dengan user baru ini, dengan hal kuasa penuh (full privilege);

Cara Install WordPress di CPanel merge user and db

Dalam langkah terakhir ini, baik username, password dan database yang kita buat tadi bisa kita lihat disini untuk dicatat, agar nanti saat langkah selanjutnya dalam install WordPress di CPanel secara manual bisa lancar.

2. Edit file wp-config.php

Upload WordPress di hosting dan masukkan data dalam screen shot di atas pada wp-config.php dengan cara membuka wp-config-sample.php lalu ubah beberapa field dalam file tersebut seperti berikut dan menyimpannya sebagai wp-config.php;

// ** Pengaturan MySQL - Anda dapat memperoleh informasi ini dari web host Anda ** //
/** Nama basis data untuk WordPress */
define('DB_NAME', 'h98335_ppdb');
/** Nama pengguna basis data MySQL */
define('DB_USER', 'h98335_ppuser');
/** Kata sandi basis data MySQL */
define('DB_PASSWORD', 'passwordku');
/** Nama host MySQL */
define('DB_HOST', 'localhost');
/** Set Karakter Basis Data yang digunakan untuk menciptakan tabel basis data. */
define('DB_CHARSET', 'utf8');
/** Jenis Collate Basis Data. Jangan ubah ini jika ragu. */
define('DB_COLLATE', '');

......

$table_prefix Β = 'ganti.dengan.prefix.anda_';

3. Setting DB dari Wizard

Kalau tidak dengan edit wp-config.php secara manual seperti di atas, anda tinggal mengakses URL blog anda, maka langkah selanjutnya dalam cara Install WordPress di CPanel secara manual ini tinggal mengikuti langkah keempat dalam posting tentang Cara Install WordPress di Localhost dengan XAMPP Portable Lite.

Install WordPress di CPanel - masukkan db dan user

Memasukkan username dan password database seperti langkah sebelumnya;

Cara Install WordPress di CPanel – Penutup

Sudah ada 3 cara install WordPress yang saya sampaikan dalam blog ini, setelah ini saya akan mulai membahas tentang customisasi blog baik itu mengubah instalasi, plugins dan juga themes. Untuk yang berkaitan dengan bloging seperti SEO mungkin akan tetap saya tulis di AboutTiyo.web.ID saja πŸ™‚

34 pemikiran pada “Cara Install WordPress di CPanel Hosting Secara Manual”

  1. Karena saya memakai WordPress jadi biasa masuk ke cpanel membuat blog baru.
    Terima kasih tutorialnya yang komplit dan jelas
    Salam hangat dari Surabaya

    Balas
    • Hehe… iya mbak, mau saya isi konten khusus WordPress. Back to basic seperti yang ada di blog mbak Puspita juga nih ngawalinnya πŸ˜€

      Ngejar 10 posting bisa ikutan kontesnya PakDhe Cholik sama mbak Puspita ya πŸ˜€

      Balas
  2. mas, kenapa ya koq tiap saya mau upload data atau install tema/plugin gak bisa otomatis melalui wp-admin. harus selalu manual melalui file manager. apa kira2 yg salah? trus kalo mau instal lewat wp-admin selalu minta memasukkan akun FTP? kenapa ya? mohon solusinya

    Balas
    • Saya juga pernah mengalami masalah ini dulu. Ini adalah karena masalah permission (chmod) dalam dunia linux. Solusinya bisa dengan menambah baris berikut pada wp-config.php;

      define( \'FTP_USER\', \'username\' );
      define( \'FTP_PASS\', \'password\' );
      define( \'FTP_HOST\', \'ftp.example.org\' ); *ganti localhost atau nama blog*

      Sumber: http://codex.wordpress.org/Editing_wp-config.php#WordPress_Upgrade_Constants

      Tapi kalau tidak salah dulu saya juga pernah mengatasinya dengan mengunjungi ;
      /wp-admin/options-media.php, lalu centang pada \” Organize my uploads into month- and year-based folders\” saya hilangkan.

      Balas
  3. siang gan, mohon bantuannya. satu minggu yang lalu saya menginstal WP menggunakan Softaculous dan blog saya telah berjalan dengan baik. namun karena beberapa hal WP tersebut saya remove menggunakan Softaculous. kemudian beberapa hari kemudian saya instal lagi WP dengan Softaculous. namun disaat saya mau menginstal plugin tidak bisa langsung terinstal online, plugin harus di download dahulu, baru kemudian di upload.
    terdapat keterangan \”Warning: An unexpected error occurred. Something may be wrong with WordPress.org or this server’s configuration. If you continue to have problems, please try the support forums. (WordPress could not establish a secure connection to WordPress.org. Please contact your server administrator.) in /home/******/public_html/wp-admin/includes/plugin-install.php on line 77\”.
    kemudian saya remove lagi dan saya coba instal manual WPnya, namun masih tetap sama hasilnya. saya konfirmasi ke provider hosting katanya permasalahannya bukan pada servernya. mohon bantuannya

    Balas
    • Sebenarnya masalah yang sama juga saya alami disini, tapi saya masih bisa tenang – tenang saja πŸ˜€
      Ini terjadi berhubungan dengan masalah DNS. Saya menemukannya dari supportnya di WordPress, http://wordpress.org/support/topic/php-error-notice-when-updating-plug-ins-since-37-update

      Kalau server yang kita pakai pernah dipindah efeknya memang begini, seperti blog ini yang beberapa watu saya minta untuk dipindah karena performanya yang saya rasa agak lambat di server yang lama.

      Balas
      • sore bang Tiyo. saya adalah pemula dan baru mau belajar ngeblog dengan domain dan hosting sendiri. blog saya ini belum pernah saya pindah server manapun. saya register domain dan sewa hosting ditempat yang sama bang.
        klo boleh tau bagaimana bagaimana cara setting DNSnya bang. maaf merepotkan.

        Balas
        • Kalau memang ini yang pertama kalinya menggunakan hostng dan domainnya, harusnya tidak masalah selain setting server, dan kalau tidak pindah server, atau juga pindah hosting, biasanya tidak perlu kita edit DNS.

          Balas
  4. pas mau upload file wordpress di server ada warning begini : Checking files:
    File wordpress-3.9.1.zip is too big. This file will not be uploaded.
    Transferring files to the FTP server:
    gimana cara mengatasinya yaa….dan satu lagi ..instal wordpress dulu apa seting database dulu yaa? makasih….

    Balas
  5. Gan ada petunjuk kalau kita mau instal wordpres muncul notofikasi WordPress cannot be installed in the Free version of Softaculous! Please notify your Server Admin to purchase the premium version of Softaculous!
    bagaimana ya gan

    Balas
    • Sepertinya penyedia jasa hosting mas ini tidak kredibel, masak iya mereka pakai lisensi yg free buat softacolous yg jadi perangkat penting oenyedia hosting.

      Kalau ga pindah ke penyedia hosting lain yg kredibel, seperti Dewaweb yg saya pakai, mungkin mas perlu install manual saja WordPress di hosting mas.

      Balas
      • oh, \”tidak kredibel\” yaa… saya juga alami ini. kemarin kan ada proyek 1jutadomain. mumpung gratis jadi langsung ikut daftar. pas udah dapat akses di cpanel dan mau install wp. eh, malah ketemu kasus ini. jadi harus di install manual ya mas?

        Balas
  6. Saya pemula mas..Jadi sebelum saya insatal woodpress harus beli hosting dulu ya mas terus kira kira hosting itu ada yg maha ada yang murah GA ya mas…? Terimakasih

    Balas
  7. Soalnya saya lagi kursu ngeblog mas dan sekarang lagi di materi hosting + domain + instal WordPress .Org tapi saya bener bener masih buta akan hal ini makanya saya minta bantuan mas Tiyo …

    Balas
  8. Selamat malam mas Tiyo Kamtiyono,
    Semoga dalam keadaan sehat πŸ™‚

    Sebelumnya saya pengen bilang kalau saya gaptek banget mas soal internet hehe.
    Saya mau tanya mas, saya kan uda beli Domain dan Hosting nih terus apa yang musti saya lakukan ya? Ini adalah pengalaman pertama saya bikin website mas. Mohon dibantu mas ya?

    Salam hangat dari Bali,
    Ady

    Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS