Cara Install WordPress di Hosting dengan Fantastico dan Softaculous

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Cara install WordPress di hosting adalah hal yang wajib kita bahas terlebih dahulu sebelum kita memulai belajar berbagai hal tentang WordPress. Untuk menginstall WordPress kita memerlukan sebuah web server bisa menggunakan Apache atau juga Nginx (dibaca = engine x) dan sebuah database MySQL.

Kali ini saya akan menyampaikan cara install WordPress di hosting via CPanel dengan Fantastico dan Softaculous dahulu, karena keduanya relatif cepat dan mudah, yang masih sangat baru sekalipun bisa menginstall WordPress dengan metode ini. Selain menggunakan CPanel atau Fantastico kita sebenarnya bisa juga menginstall WordPress secara manual yang memiliki keunggulan dalam kelengkapan setting, namun inilah panduan cara install WordPress yang anda perlukan, bukan cara yang ribet 🙂

1. Cara Install WordPress di hosting CPanel dengan Fantastico

Masuk CPanel dengan mebuka blog-anda.com/cpanel setelahnya buka Fantastico;

Cara Install WordPress di hosting - cPanel

Pilih WordPress lalu klik New Installation

Cara Install WordPress di hosting - Fantastico

Masukkan data – data blog yang ingin kita install seperti username dan password, alamat email admin, judul dan deskripsi blog. Untuk menjaga blog aman dan kuat dari usaha hacker dalam membajak gunakan username selain admin, dan password yang kuat.

Cara Install WordPress di hosting - Fantastico2

Saya menggunakan CPanel blog lain saya dalam gambar diatas, mungkin beda. Setelah klik tombol install WordPress seperti di atas, kita diminta konfirmasi lagi;

Cara Install WordPress - FantasticoKlik Finnish installation untuk menyelesaikan install WordPress ini, lalu muncul halaman in;

Cara Insrall WordPress - FantasticoUsername dan password ada dalam halaman di atas, lengkap dengan alamat dashboard blog setelah kita login.

2. Cara Install WordPress di Hosting dengan Softaculous

Berbeda dengan cara install WordPress di hosting dengan Fantastico, cara install WordPress dengan Softaculous lebih simple dan memiliki lebih banyak opsi seperti edit table prefix dan juga kemungkinan untuk menghidupkan fitur multisite pada WordPress.

Saya sudah membuatkan video Cara Install WordPress di Hosting dengan Softaculous, baru saya buat awal 2015 ini dengan versi WordPress terbaru, bisa dilihat sekarang;

Tapi jika kamu yang memilih membaca versi teks, silahkan di lanjut membaca posting ini 🙂

1. Pilih Softaculous atau WordPress dalam menu Script

Cara Install WordPress - Softaculous

2. Setelah masuk, akan overview tentang WordPress, klik install untuk memulai;

Cara Install WordPress Softaculous - Overview3. Masukkan konfigurasi blog pada langkah berikutnya;

Cara Install WordPress Softaculous - Config

Beberapa kotak merah diatas saya tandai karena anda perlu memberikan perhatian lebih padanya, terutama pada table prefix, username dan password. Table Prefix wp_ adalah default WordPress, ganti saja untuk memperkuat blog dari serangan SQL Injection. Lalu username dan password juga perlu diperkuat untuk menghindari Brute Force Attack.

Pilih multi site jika anda ingin membuat beberapa blog sekaligus dengan menggunakan satu instalasi WordPress saja. Anda juga bisa menentukan blog menggunakan locale (setting bahasa) mana, German dalam contoh di atas. Kalau ingin WordPress terupdate saat ada update baru tinggal aktifkan pilihan paling bawah.

Klik Install, untuk memulai Install WordPress dengan Softaculous;

Cara Install WordPress di hosting dengan Softaculous - Progress

WordPress telah terinstall;

Cara Install WordPress Softaculous - selesai

Blog sudah jadi, dengan bahasa German 🙂

Wordpress Blog German

Kesimpulan Cara Install WordPress di Hosting

Cara install WordPress di hosting dengan menggunakan Fantastico dan Softaculous adalah yang paling cepat dan mudah. User yang tidak tahu bahasa pemrograman sekalipun bisa langsung membuat websitenya sendiri dalam beberapa menit. Untuk pengamanan yang lebih baik lagi, pindahkan file wp-config.php dalam folder root (public_html) ke folder di atasnya lagi.

Sekian, semoga artikel tentang cara install WordPress ini berguna, bagikan kepada teman, atau bookmark jika sewaktu – waktu diperlukan 🙂

Yuk Bagikan:

23 pemikiran pada “Cara Install WordPress di Hosting dengan Fantastico dan Softaculous”

  1. Tks, Infonya sangat membantu.. krn saya lagi bingung efek merubah nama & posisi table prefix untuk sisi keamanan juga cara mengganti nama themes aslinya menjadi nama themes buatan agar tampak lain saat user cek source code di halaman website..

    Balas
  2. makasih gan infonya saya sdh pratekan tapi yang buat saya bingung kok alamat orlnya jadi website.com/wp tidak kalau kita klik masih ada pilihan index of sarannya gimana ya gan bisa gak alamat url gak mak wp

    Balas
  3. gan,, bingung neh,, kq worpress ane kaga nongol di cpanel ya ??
    maksud kalimat agan yg ini apa ??
    Username dan password ada dalam halaman di atas, lengkap dengan alamat dashboard blog setelah kita login.

    mohon pencerahan

    Balas
    • Kalau kita masuk di CPanel saja memang tidakakan ada informasi kalau script yang kita pakai adalah WordPress. Kalau kita masuk Fantastico, lalu klik WordPress dari daftar CMS di bagian kiri, baru deh terlihat ada WordPress yang sudah kita install apa tidak.

      Maksud kata – kata saya itu berkenaan dengan screenshot yang ada diatasnya itu. Klik saja biar lebih jelas. Biasanya kalau selesai install ada halaman seperti itu.

      Balas
      • iya,, kayaknya seh sudah terinstal.. ( ane email gan screnshotnya) setelah itu kira2 apa ya gan yg dilakukan ?? bingung ini,, awam bener,, ga tau apa yg harus dilakukan… penyedia hostingnya seakan2 lepas tangan,, di chat jarang bener balas…
        diharapkan sekali bantuannya… terima kasih

        Balas
        • Ya, saya udah lihat di email, sudah selesai ya itu, tinggal klik visit site untuk buka websitenya, atau masuk dengan alamatsitus.com/wp-login.php user sama password yang dimasukkan pada langkah sebelum itu.

          Kebanyakan penyedia hosting memang hanya melayani penyediaan server dan bandwidth, kalau scriptnya mau dikasih apa dan model gimana kita ngaturnya terserah sama kita. Mengakses root direktori website kita saja sepertinya hal yang \’makruh\’.

          Balas
  4. Halo gan Dewa, saya baru beli domain & hosting dari salasatu provider, walau saya sudah instal wordpress melalui Fatastico tapi untuk mengelola halaman depan web saya bingung bener….
    tampilan depan web saya membantuakuntansidanpajak[dot]com masih : PRIVATE: HELLO WORLD!

    bagaimana gan biar itu bisa berubah, langkah pertama apa ya?

    saya bingung nih lihat provider tempat saya beli, katanya mereka tidak paham cuma menjual domain & hosting doang… tapi kan yg beli itu belum tentu semua familiar dengan web.

    Tolong arahannya gan Dewa… Terima kasih

    Balas
  5. Makasih MasGan, semoga sukses dan bermanfaat ini tutorial. Saya biasa TLD dari blogspot dan baru2 ini mulai belajar WP, tampaknya menyenangkan juga.

    Balas
  6. \”The following errors were found :
    The directory you typed already exists! Please type in another directory name.\”
    kok instalasi saya kaya itu terus ya gan, mohon pencerahan

    Balas
  7. Berarti klo kita masuk ke cpanel, trus instal WP pkai softaculaos. Kita td perlu ribet bkin script pkai pad sendiri y mas?

    Terus klo pilihan choose protocol itu untuk tampilan domain kita y mas,
    Misal klo pilih http:_//www.
    Ntar hasil tampilanny _www.domainkita.com ya mas?

    Trus sama choose domain itu fungsiny apa y mas?

    Balas
    • Kalau protokol sebenarnya pembeda antara http sama https, kebanyakan paket hosting biasanya http saja, dan kalau kita pilih ada www memang nanti website kita ada www di depannya. Choose domain kalau di dalam satu akun hosting kita ada beberapa domain sekaligus/subdomain. Kalau nggak ada ya lanjut saja.

      Balas
  8. mas stelah tekan tombol instal ada peringatan seperti ini, apa yg harus saya lakukan

    The following errors were found :
    The maximum number of databases you can create has been reached, so installation cannot proceed.

    Balas
  9. mau nanya mas kalau install wordpressnya didalam folder misalnya folder cms pada public html akan tetapi saya pengen saat user mengunjungi alamat web tersebut tanpa harus ke alamat juraganlogo[dot]com/cms

    gimana ya

    Balas
    • Di akun CPanelnya mas setting dulu saja sub domainnya. Nanti pas install tinggall pilih di drop down mau di install di domain apa sub domain, kayak beberapa gambar saya yang paling atas itu mas, terlihat ada di sub domain ppdb. Selebihnya ya sama saja.

      Balas
  10. mas setelah menekan tombol install ada peringatan seperti ini :
    The maximum number of databases you can create has been reached, so installation cannot proceed.

    padahal required size masih cukup buat install wordpress.
    gimana tuh mas solusinya ?

    Balas

Tinggalkan komentar