Cara Install WordPress di Localhost dengan XAMPP Portable Lite

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Cara Install WordPress di Localhost dengan XAMPP – Setelah kemarin saya menulis tentang cara install WordPress dengan mengunakan Fantastico dan Softaculous di server hosting anda, sekarang saya akan menulis tentang cara install WordPress di localhost (komputer sendiri) dengan menggunakan XAMPP Portable Lite sebagai  web servernya.

Kenapa XAMPP Portable Lite, karena berbeda dengan XAMPP yang versi standar, XAMPP Portable Lite bisa dijalankan dari USB, sehingga anda bisa menunjukkan kepada teman/client tentang design WordPress themes terbaru yang kita kerjakan. Disamping ukuran downloadnya lebih kecil anda bisa bekerja dimana saja, karena tidak harus pada komputer anda sendiri.

Cara Install WordPress di Localhost dengan XAMPP

1. Download WordPress dan XAMPP Portable Lite

Untuk mulai install WordPress di localhost, langkah pertama tentu saja adalah dengan mendownload kedua tool wajib kta, yaitu XAMPP Portable Lite dan WordPress. Download XAMPP Portable LiteDownload WordPress. Setelah XAMPP Portable Lite dan WordPress di download, extract XAMPP Portable Lite pada root drive (U:/xampp/ misalnya, tidak bisa dalam folder) lalu masukkan WordPress pada folder htdocs dari XAMPP lalu rename jadi wp.

Cara Install WordPress di Localhost

Dewaweb

2. Jalanakan XAMPP Portable Lite

Setelah semua siap sekarang kita jalanakan XAMPP Portable Lite dengan menjalankan file xampp_start.exe yang ada dalam folder U:xampp kalau dalam punya saya ini. Untuk melihat apakah sudah jalan, coba ketikkan http://localhost/ pada browser.

3. Buat Database

Selanjutnya kita buat database melalui menu phpMyAdmin dalam dashboard XAMPP Portable Lite;

Cara Install WordPress di Localhost - phpmyadmin

Setelah masuk phpmyadmin, klik menu database dan buat database baru;

Install-WordPress localhost - 1. buat-db

4. Install WordPress di Localhost

Untuk memulai install WordPress di localhost langsung saja buka http://localhost/wp. Maka tampilan yang muncul akan seperti ini;

Install-WordPress - buat wp-configKlik tombol create a configuration file untuk memulai install WordPress di localhost secara otomatis dengan wizard. Tampilan selanjutnya adalah daftar kebutuhan yang harus ada sebelum memulai install WordPress di localhost sebagai berikut;

Install-WordPress di localhost - wajib adaKlik let’s go! maka anda akan dibawa pada halaman berikutnya untuk memasukkan nama database, database user dan password, host dan juga table prefix seperti ini;

Install WordPress di localhost - masukkan db dan userLangsung klik submit setelah sudah nampak seperti di atas, password database default XAMPP Portable Lite memang kosong seperti itu, table prefix juga tidak apa – apa dibiarkan wp_, karena ini bukan live server. Tampilan berikutnya adalah seperti ini;

Install WordPress - mulai installKlik run install maka inilah inti dari install WordPress di localhost ini, yaitu memasukkan nama blog, username dan password, email juga setting privacy, untuk localhost hapus centang terakhir “allow search engines to index this site” karena kita tidak perlu ditemukan oleh Google.

Install WordPress di Localhost- Blog dataTunggu proses install selesai dalam beberapa detik ke depan, setelahnya akan ada tampilan seperti pemberitahuan kalau install WordPress di Localhost sudah selesai seperti berikut;

Cara Install WordPress di localhost - login ke blogCara Install WordPress di localhost ini sudah berakhir, klik log in untuk masuk dashboard blog dan anda bisa melakukan apa saja baik itu ganti themes atau membuat themes WordPress sendiri, atau juga menambah plugin.

Video Tutorial Cara Install WordPress di Localhost

Cara Install WordPress di Localhost – Penutup

Saya harap informasi ini berguna bagi anda semua, setelah mengikuti cara install WordPress di localhost ini anda akan memiliki sebuah blog offline yang bisa digunakan untuk menuliskan ide artikel saat sedang offline, mencoba themes baru atau membuat themes WordPress sendiri,  mencoba plugin baru.

Menginstall WordPress di localhost sangat berguna bagi semua penguna WordPress, baik blogger biasa terlebih developer themes dan plugins.

Yuk Bagikan:

26 pemikiran pada “Cara Install WordPress di Localhost dengan XAMPP Portable Lite”

  1. Mas, apa masalahnya ya kalau Apache pada XAMPP Portable Lite nya nda bisa dirunning. Kemarin saya udah download XAMPP Portable Lite nya trus saya coba jalankan tapi servis yg running cuman MySQL trus saya coba klik start pada servis Apache nya tapi nda bisa2. Hmmmm… jadi bingung saya. O iya mas, ini pesannya errornya pada saat saya coba klik start pada servis apachenya :
    9:50:21 [Apache] Problem detected!
    9:50:21 [Apache] Port 80 in use by \”Unable to open process\” with PID 4!
    9:50:21 [Apache] Apache WILL NOT start without the configured ports free!
    9:50:21 [Apache] You need to uninstall/disable/reconfigure the blocking application
    9:50:21 [Apache] or reconfigure Apache and the Control Panel to listen on a different port
    9:50:21 [Apache] Attempting to start Apache service…

    Balas
    • Kalau itu berarti udah kepakai port 80 pc yang dipake mas. Mungkin sebelumnya udah pernah diinstall apache sebelumnya. Cek aja program server yg diinstal pakai installer kalau ada. Uninstall dulu.

      Balas
  2. Mas ketika saya masukkan alamat localhost/wp ko gak bisa ya mas, keterangannya gini \”Galat mengadakan koneksi basis data\” Mohon bantuannya mas. terimakasih

    Balas
  3. Dari sekian banyak tutorial instal wordpress melalui xampp, ini artikel yang paling tepat dan benar, wkwk, gk membingungkan lah gitu. Ane selama sebulan bisa beberapa kali instal wordpress via xampp, kadang lupa. yang paling sering lupa bagian username : root dan password : dikosongkan. Kalau ndak seperti itu pasti gagal. Thanks you 🙂

    Balas
  4. Trims tutorialnya. Saya sdh ikuti panduannya dan berhasil. Masalahnya kemudian saya ngha bisa konek lagi setelah komputer saya matikan beberapa lama dan saya hidupkan kembali saya log in gagal. Apa masalahnya y?

    Balas
    • Coba di cek melalui task manager apakah apache sama mysql sudah jalan, soalnya kalau tidak dibuat ikut autorun XAMPP Portable tidak langsung jalan kalau windows start. Coba mas buka xampp-control.exe lagi buat jalanin prosesnya.

      Balas
    • Ini yang dimaksud blog yang di WordPress.com atau sudah nyoba install localhost ya? Kalau yang di WordPress.com di reset aja passwordnya via email. Kalau di Localhost bisa direset dari database via phpmyAdmin.

      Balas
  5. Saran Gan, kalau buat video presentasi jangan ada musik dibelakangnya, hal itu akan mengganggu pendengar Anda.

    Tapi ngomong – ngomong semuanya artikelnya sangat membantu banget buat saya.

    Balas

Tinggalkan komentar