Cara Install WordPress Themes dan WordPress Plugins

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Apa Itu Themes dan Plugins?

Hal yang paling membuat WordPress menjadi CMS (Content Management System ) yang sangat terkenal seperti sekarang selain kemudahan dalam penggunaan juga kemudahan dalam membuat customisasi. Menjadikan sebuah blog dengan design yang sesuai degan pilihan kita sangatlah mudah karena adanya ribuan themes yang bisa didapatkan secara gratis di WordPress themes directory.

Selain tampilannya bisa dirubah dengan mudah menggunakan Themes, kemudahan lainnya adalah untuk menambahkan sebuah fungsi baru dengan menggunakan plugin. Kalau anda menggunakan adds-on dalam browser Firefox atau ekstension di Chrome, fungsi plugin sama persis dengan mereka, menambahkan sebuah fungsi dalam blog/website dengan memodifikasi tampilan.

Cara Install WordPress Themes

Cara Install WordPress Themes

Dewaweb
Untuk mengakses admin/dashboard untuk install wordpress themes kita pergi ke menu tampilan seperti gambar di samping.

Atau singkatnya dengan mengunjungi halaman http://blogkamu.com/wp-admin/themes.php. Lalu pilih tab pasang tema pada bagian paling atas halaman.

Secara garis besar, menginstall WordPress themes bisa dilakukan dengan 2 cara; yaitu dengan secara langsung isntall dari repositori themes WordPress, atau dengan cara mengupload themes yang sudah ada dikomputer. Biasanya cara kedua ini kita lakukan saat kita sudah punya file themes dari download diluar direktori themes resmi wordpress.

1. Cara install WordPress themes dari direktori WordPress

Untuk menggunakan cara ini, setelah masuk dalam dashboard themes dan memilih pasang tema, kamu bisa langsung mencari nama tema dengan memasukkan namanya, mencari tema berdasarkan fitur tertentu, atau memilih tema yang sedang populer, terbaru atau yang baru saja diperbaharui.

Install-themes-dari-repositori

Ketika daftar temanya nanti muncul, kita tinggal pilih themes yang sesuai untuk kita install di blog. Langkah selanjutnya tinggal mengaktifkan themes itu,

2. Cara install WordPress themes dengan upload themes

Relatif simple dari langkah sebelumnya, kamu tinggal pilih bagian unggah themes setelah masuk halaman untuk menambah/install WordPress themes pada gambar di atas. Pilih themes yang ada di komputer kita, bisa themes yang kita download dari WordPress Themes Directory tadi atau themes premium yang kita beli dari theme shop yang banyak seperti Temify.

Untuk lebih detilnya mungkin bisa dilihat dari tampilan berikut,

Cara install WordPress Themes - template hasil download

Cara Install Plugin WordPress

Kamu bisa menyimak video tutorial yang saya sertakan dalam artikel cara install plugin WordPress.

Kira-kira ringkasnya untuk menginstall plugin WordPress, masuk pada menu plugin, tepat dibawah menu themes seperti pada gambar pertama. Kamu bisa langsung memilih tambah plugin dari sana.

Cara untuk menginstall plugin ini sama persis dengan cara menginstall WordPress themes, bisa dengan upload atau dengan pencarian. Sub menu ketika mengakses halaman install plugin juga mirip, ada pencarian plugin, plugin tags, plugin popular, atau yang paling baru.

Tips Memilih Themes dan Plugins WordPress

Dalam memilih themes dan plugins, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah siapa yang membuat produk itu? Cari tahu sedikit tentang developernya, siapa mereka, berapa jumlah karya mereka? Semakin banyak themes dan plugins yang mereka buat, harusnya semakin bagus kualitasnya.

Developer dengan ketenaran di ranah WordPress juga lebih disarankan daripada developer yang masih baru. Lalu jangan lupa lihat jumlah downloadnya (menu popular’), semakin banyak didownload menandakan kualitas yang bagus juga.

Jangan install terlalu banyak, usahakan menginstall plugin dalam jumlah yang paling sedikit mungkin. Plugin yang memiliki fungsi banyak lebih baik daripada satu plugin hanya untuk satu fungsi. Ini penting untuk menjaga kecepatan server dalam melayani pengunjung blog/website.

Yuk Bagikan:

13 pemikiran pada “Cara Install WordPress Themes dan WordPress Plugins”

  1. om, misi mau nanya. kan ane bikin 3 menu tuh utama tuh. ada menu, about sama tugas. nah, ane udah ngepost tuh artikel. artikel ini pengen ane masukin ke dalam menu tugas. gimana ya om caranya?
    ane bingung nih, masih newbie soalnya 😀

    Balas
    • Kalau mau masukin ya tinggal nambah saja di menu, melalui menu tersuai/links, tapi harus manual satu – satu, nggak bisa otomatis tiap artikel nambah di sana. Nanti di drag masuk dibawah tugas. Untuk default menu memang biasanya akan diisi halaman, kategory, atau tag saja biar tidak terlalu banyak, bayangkan saja kalau ada blog dengan 100 artikel, semua ikut di dalam menu, khan jadi ga enak dilihat.

      Artikel yang pernah membahas menu ini salah satunya, https://tutsbyt.com/cara-setting-widget-menu-wordpress/

      Balas
    • Bisa diekstrak lalu diupload ke wp-content/themes atau dengan mengupload melalui menu yang ada di dalam tampilan saat upload dengan mengakses domain[dot]com/wp-admin/theme-install.php?upload seperti yang ada dalam tampilan di atas (artikel saya update).

      Balas
    • Seharusnya tidak begitu pengaruh, kemungkinan ada setup seperti ada homepage widget atau yang lainnya yang ada dokumentasinya tau tidak bervariasi. Kalau ada sangat mudah untuk di duplikasi biar sama tampilannya.

      Balas
  2. Pagi min….
    Sebelumnya sy ksh tau klo sy adalah customer baru dewaweb.Sy belajar buat web utk online shop sy,otodidak dari petunjuk2 dewaweb.Saya memang sengaja memilih paketan yg kecil/murah dahulu,karena msh dlm tahap mencoba & belajar. Sy sdh bs bikin menu tampilan pakai themes & plugin WP yg disediakan dewa web.
    Sy mau tanya…. Kenapa tampilan dari menu di web saya plugin nya tdk berfungsi y? Seperti contoh,sy pakai slider plugin,tp kenapa tdk berbentuk spt contoh plugin yg sy add?Trus plugin tsb kenapa ada muncul namanya di menu?Stlh sy klik nama tsb,baru keluar gambar dr nama tsb berikut keterangannya. Contoh : Menu Komputer,klik Komputer keluar menu lagi alat pembersih layar,klik alat pembersih layar keluar lagi model2,merk2 alat pembersih layar.Di klik lagi baru keluar gambar2 serta keterangan2nya. Maksud sy begitu sy klik alat pembersih layar,jgn keluar lagi menu model2,merk2 alat pembersih layarnya di menu.Maunya gtu klik alat pembersih layar,tdk perlu keluar menu baru lg utk model2,merk2,ktrg2nya.Lsg keluar gambar2nya saja,nanti di klik gambar2 tsb baru keluar ktrgn model,merk,harga,dlsb.Dan gambar2 tsb bs di slide ke kanan-kiri.Kira2 kesalahan sy dmn dlm pembuatannya?Kenapa slide2nya tdk berfungsi,pdhal sy sdh memasukkan di plug in.Apa sy salah letak ktrgn utk slidenya di gambar & info msg2 barang? anda bs kunjungi web sy tsb yg sdh sy sebutkan di kolom situs web saya. Mohon petunjuknya,karena saya newbie & otodidak dari petunjuk dewa web sj. Terima-Kasih atas kesediannya.
    Wassallam,
    Hormat saya,

    Balas
  3. Sangat bagus Dan membantu buat para newbie kayak Saya, makasih buat info n tutorial nya bang..
    Sukses selalu buat @ Tiyo Kamtiyono

    Balas

Tinggalkan komentar