Cara Memasang Banner di blog WordPress dengan Ad Injection

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Memasang banner di blog merupakan salah satu hal yang paling sering dilakukan blogger selain tentu saja menuliskan artikel, membalas komentar dan juga mengamati perkembangan blog dari data statistik yang ada.

Dalam postingan saya dulu tentang plugin WordPress wajib install, saya menyebut sebuah plugin yang bernama Ad Injection untuk mengurus berbagai hal tentang banner ini. Maka saya putuskan untuk melengkapinya saya buatkan artikel tentang cara memasang banner di blog WordPress dengan Ad Injection ini.

Memasang Banner di blog WordPress dengan Ad Injection akan menjadikan themes apa saja yang kamu pakai jadi AdSense friendly. Karena Ad Injection memiliki beberapa fitur yang sangat menguntungkan bagi kamu;

  • Menambahkan iklan di posisi strategis blog, di bawah judul, ditengah artikel, di akhir artikel. Bahkan kalau themes kamu tidak ada widget di sana, kamu bisa menambahkannya.
  • Menampilkan iklan lebih dari satu macam dalam satu tempat (bergantian).
  • Mengacak posisi iklan, bisa di bagian kanan, tengah atau kiri.
  • Tidak perlu setting banner lagi kalau ganti themes.

Cara Memasang Banner di WordPress dengan Ad Injection

Cara Memasang Banner di Blog WordPress dengan Ad Injection

Dewaweb
OK deh, sebelum langsung kita mulai step by step cara memasang banner dengan Ad Injection ini,

  1. Download Ad Injection dulu.
  2. Install plugin ad Injection di blog, lalu aktifkan,
  3. Buka setting Ad Injection di wp-admin/options-general.php?page=ad-injection.php

Kalau posisinya seperti gambar disamping itu, ada di bawah setting permalink blog.

Antar muka setting Ad Injection

Pada saat pertama kali mencoba plugin ini saya sempat bingung, karena banyaknya tombol, check box dan dropdown yang ada. Namun setelah beberapa saat menggunakannya saya jadi tidak bisa meninggalkan plugin ini.

Oleh karenanya saya akan berusaha menjelaskannya sedikit – demi sedikit di sini.

1. Cara Memasang Banner di WordPress dengan Ad Injection – Ads Placement Setting

Cara Memasang Banner di Blog WordPress - Ad Injection SettingAda 3 tab dalam setting Ad Injection ini, tampilan di atas adalah tampilan tab main yang dibagi lagi dalam beberapa section. Dalam tampilan itu adalah section Global Setting.

Ada 6 macam iklan yang bisa dimunculkan dengan Ad Injection; Top, Random, Bottom, Footer, Widget dan Template.

Semua iklan itu bisa diatur tampilannya dalam semua skenario yang mungkin terjadi di blog, baik untuk index, halaman blog, tulisan tunggal, arsip, pencarian atau bahkan saat error 404. Memberi centang akan menjadikan iklan pada posisi bersangkutan justru tidak aktif (off).

Sedang section di bawahnya adalah ads placemnet setting/pengaturan penempatan iklan, saya hampir – hampir tidak pernah mengedit bagian ini.

2. Cara Memasang Banner di WordPress dengan Ad Injection – Ads

 Memasang Banner di blog WordPressIni adalah kolom penempatan iklan di bawah judul tulisan (below post title). Di sebelah kanannya ada pengaturan penempatan iklan. Bisa float di kiri, kanan, tengah tau juga random.

Selain penempatan, padding dan margin iklan juga bisa disetting dari sini untuk menjaga tampilan blog tetap menarik dengan memberikan jeda antara konten blog dengan banner yang dipasang di blog. Keenam posisi yang saya sebut tadi memiliki semua setting ini.

3. Cara Memasang Banner di WordPress dengan Ad Injection – Pembatasan Iklan

Kadang untuk pengunjung/tulisan tertentu kita ingin iklan kita tidak muncul saja. Dalam gambar berikut adalah contoh cara untuk menyembunyikan iklan pada posting dalam category ‘uncategorized’ saja.

Cara memasang Banner Iklan di blog WordPressMenyembunyikan banner bisa dilakukan berdasar penulis, tag, posting tertentu (melalui ID posting). Juga dari asal pengunjung ke blog kalau kita mau (settingnya ada di atasnya).

Cara memasang Banner Iklan di WordPress – Random Ads

Sekarang kita pindah ke tab berikutnya tempat kita bisa memasukkan banner di blog WordPress lebih dari satu pada tempat yang sama.

Cara memasang Banner di WordPress

Terlihat dalam gambar di atas adalah setting untuk top adverts. Dimana total akan kamu temukan 10 slot iklan dtitambah beberapa iklan lagi sebagai alternatifnya. Untuk mengatur prosentasi tampilan iklan, kamu bisa memasukkannya di kolom angka bagian kanan lalu klik save all setting.

Cara memasang Banner Iklan di WordPress – Random Ads di Widget Standar

Tidak sampai disitu saja, widget standar dari themes yang kamu pakai juga bisa dipasangsi sebuah iklan acak model seperti ini. Karena Ad Injection juga menambahkan widget text standar saat kamu mau setting widget di blog WordPress kamu.

Ini adalah contoh penerapan cara memasang banner di blog WordPress saya satunya, AboutTiyo.web.ID.

Cara memasang banner acak di blog WordPressAda tiga iklan yang akan muncul bergiliran pada spot yang sama di sidebar blog saya di sana. Kalau mau sih ada sepuluhan spot dalam satu pool, dimana satu widget Ad Injection bisa berisi 2 pool iklan.

Cara Memasang Banner di Blog WordPress – Penutup

Saya tahu, mungkin cara memasang banner di blog WordPress dengan Ad Injection ini terlalu advanced dan membingungkan, terutama bagi pengguna WordPress pemula. Tapi saya yakin begitu kamu terbiasa menggunakannya, kamu akan menyukainya.

Kalau kamu mau tutorial cara memasang banner di blog WordPress dengan cara biasa, silahkan berkomentar saja, nanti akan saya buatkan.

Memasang iklan dengan metode ini tentu saja membutuhkan load server yang lebih tinggi dari cara memasang banner di blog WordPress seperti biasanya, saya sendiri membatasi pemasangan 3 iklan untuk satu spot random ads.

Yuk Bagikan:

92 pemikiran pada “Cara Memasang Banner di blog WordPress dengan Ad Injection”

  1. Jadi plugin ini yang mas pake ya di AT supaya iklan dalam postingan bisa mondar-mandir gitu posisinya atau pake juga plugin yg lainnya. O iya mas, kalau bisa ID publisher akun GA di salah satu screenshot di atas dikasih blur aja soalnya jgn sampai disalahgunakan oleh orang2 yang mau iseng dengan ID itu. Makasih sebelumnya mas.. 🙂

    Balas
    • Iya mas, udah jadi plugin wajib bagi saya ini rasa – rasanya. Karena dengan begini saya sedikit lebih terkurangi kerjaannya saat ganti themes. 🙂

      Udah mas, yang adsense udah saya blur sekarang tuh, kalau yang lain saya kira tidak begitu pengaruh.

      Balas
      • Tumben agak cepat komentar saya direply mas, lagi online ya atau sementara nulis postingan ya. 😀 Makasih atas kerjasmanya mas tapi ada informasi yang mau saya sampaikan nih ama mas tapi nanti lewat facebook aja informasinya soalnya agak rahasia sedikit gitu.. 🙂

        Balas
      • Nanti saya kirimkan informasinya mas kalau saya udah login di akun GA-nya soalnya saya masih mondar-mandir di akun2 saya yang lain nih.. 😀

        Balas
    • Wah maaf mas, blog ini semua isinya tentang WordPress, karena wp itu maksudnya WordPress 😀

      Memang sih ada yang bisa diterapkan di blogspot juga, tapi ya tetap saja WordPress yang utama, hehehe…

      Balas
  2. gampang ya kalau pakai plugin. punya saya ada yang bermasalah mas banner di header, tampilannya nggak sesuai. posisinya jadi turun.

    Balas
  3. Tq…tulisan penuh inspirasi..dan sangat membantu saya…tq..tq…semoga lancar rezeki dan lancar ilmu bagi penulis yg telah bersedia berbagi….amin

    Balas
  4. Maaf Mas Webmaster, Saya mau nanya. gimana cara menaruh banner atau iklan dibawah artikel. misalkan, artikel tentang Banjir. di bawah artiel Banjirnya ada bannernya. itu gimana?

    Balas
    • Kalau mau dibawah tulisan dari screenshot di point kedua itu turun sedikit lagi, nanti bakalan ada juga slot iklan di bawah tulisan. Install dulu di WordPress kamu, pasti deh nanti bisa lebih cepat paham sambil baca tulisan ini.

      Balas
  5. Mas, mau nanya nih. Kalau mau nambahin iklan di wp itu kan domainnya harus .com. Kalau gak pakek hosting, jadi hanya gant domain, itu bisa pa nggak? Mohon pencerahannya. Masih newbie soalnya.

    Balas
    • Maksudnya masih pakai nanana.wordpress.com seperti yang Hindun pakai ini ya? Kalau itu nggak bisa dikasih iklan, karena semua blog yang masih berada di bawah payungnya WordPress.com memang tidak boleh, pun juka kamu upgrade dengan domain mapping dari WordPress.com. Mesti beli hosting dan domain dari luar WordPress.

      Perbedaannya sudah saya bahas juga dulu di blog saya yag lainnya, http://abouttiyo.web.id/wordpress/perbedaan-wordpress-com-dan-wordpress-org/

      Balas
      • Maaf mas membahas masalah wordpress.com, saya melihat web mas ini sudah memiliki domain (.com) berarti memang bisa dipasangi iklan oleh pihak ke tiga seperti adsense ya mas? Maksud saya seperti ini contoh blog awal www_jalanjajan.wordpress.com lalu saya ubah menjadi www_jalanjajan.com apakah bisa dipasang iklan dari pihak ketiga seperti adsense dan apakah itu melanggar TOS atau tidak, mohon maaf saya bingung apakah harus diganti menjadi www_jalanjajan.com atau www_jalanjajan.org agar bisa dipasangi iklan dari pihak ketiga dan menggunakan teknik yang mas tulis diatas, sebelumnya terimakasih atas tulisannya yg luar biasa ini, sangat membantu dan menginspirasi saya, mohon bimbingannya mas, saya masih pemula disini? Terimakasih

        Balas
  6. kalau memasang iklan di bagian kanan dan kiri web itu, gemana ya , mohon pencerahan. Kayak di beberapa portal berita besar yang selalu memasang iklan di sebelah kanan dan di kiri website.

    Balas
  7. makasih banget informasinya mas, dah seharian modar mandir cari cara pasang iklan di wp gak bisa2 padahal plug in ad injektionnya udah di pasang. hehe maklum masih pemula mas. mas saya mau tanya saya masih bingung kalau mau pasang iklanya di halaman utama atau home pengaturanya nya di mananya mohon pencerahanya saya k

    Balas
    • Kalau ingin menggunakan Ad Ijection ini berarti pada gambar pertama itu dibawah home/front jangan dicentang, dan centang pada pilihan lainnya. Misalnya kita menaruh script iklan di salah satu tempat (top ad), maka centang semua baris top ad kecuali home/front lalu masukkan scriptnya.

      Akan lebih sederhana lagi kalau kita menambahkannya dengan widget saja sih sebenarnya.

      Balas
  8. kalo plugin google adsense gmana settingnya? Plugin tsb skarang sudah update dari beta ke versi yg lebih ciamik tp jd bingung mending ad injection atau atau pluging GA?

    Balas
    • Plugin Google AdSense yang mana saya malah ga tahu, hehehe… kalau saya sih makai Ad Injection di semua blog saya, karena walau themesnya ga support widget tetep bisa dipasangi iklan di mana saja.

      Balas
  9. terimakasih mas untuk penjelasannya, cuman yang saya takutkan ketika saya sudah beralih dari domain wordpress.com menjadi wordpress.org saya harus memulai dari nol lagi untuk promosi, bukankah begitu atau bisa kita buat seperti contohnya dulu www_tokobagus.com ketika berubah menjadi www_olx.com, setiap kita mengetik www_tokobagus.com maka tampilan yang baru adalah www_olx.com (maaf saya kurang begitu tau istilahnya), ya cuman kawatir saja mas soalnya viewernya dan visitornya tiap harinya minim 300 orang, soalnya dari awal buat saya sudah langsung berdomain (.com) dari wordpressnya sendiri, mohon pencerahannya mas, kalau ada no yang bisa saya hubungi saya sangat berterimakasih (bisa dikirim kealamat email saya mas)

    Balas
    • Nggak bisa mas kalau dari jalanjalan[dot]wordpress[dot]com mau kita redirect ke jalanjalan[dot]com, soalnya buat bisa gitu kita perlu ngrubah setting ke domain yang lama (jalanjalan[dot]wordpress[dot]com) sementara kita tidak punya kekuasaan seperti itu kalau di layanan gratisnya WordPress.

      Balas
  10. wah, terima kasih banyak atas infonya
    saya masih newbie soal masang2 ads gini, kelihatannya pakai ads injection ini lbh simple daripada masuk2in kode dengan edit
    Anda pasang iklan darimana saja selain adsense? atau cuma pasang adsense saja?
    mau tahu buat referensi, soalnya saya belum di approve sama adsense

    Balas
  11. kalau wordpress layanan gratis bisa pakai iklan gak mas? viewernya lumayan banyak tapi saya belum berani pakai yang berbayar? masih newbie nih. tolong pencerahannya?

    Balas
  12. Terima kasih atas pencerahannya Mas, informasi cara memasang banner di blog wordpress dengan plugin Ad Injection sudah cukup kumplit untuk mengatur letak banner sesuai keinginan. Kunjung balik ya Mas ke blog saya. Salam.

    Balas
  13. mas saya sudah pasang plug in nya, iklan juga muncul di privacy policy …gima ya mas supaya tidak tampil di halaman privacy policy..trima kasih mas

    Balas
    • Di nomor 3 ada pembatasan iklan mas, masukkan saja page id dari halaman privacy policy. Caranya mengetahui page ID, edit saja halaman itu nanti kalau di address bar ada angka (page=xxx) ya angka itu ID halamannya.

      Balas
  14. mas,….contoh preview yang sudah terpasang seperti apa ya…penasaran banget, maklum pemula. yang ada link boleh lihat preview jadinya

    Balas
    • Dicoba saja menampilkan script yangg biasa saja, misal untuk menampilkan banner berupa gambar biasa. Kalau sudah muncul gammbar ini, tapi iklan dari penyedia (seperti AdSense) tidak keluar kemungkinan dari sananya. Kalau tetap tidak bisa muncul, mungkin ada yang salah dengan themes yang dipakai.

      Balas
  15. terima kasih mas atas infonya tentang Ad Injection ini sangat membantu saya dan saya izin cobain dulu nanti kalo ada kesulitan saya mohon pencerahannya

    Balas
  16. mas sy udah pasang plugin dan setting sesuai arahan mas tiyo
    tampilan akan muncul dalam waktu berapa lama ya mas ? soale sebelumnya sy pake widget text biasa cuman sehari muncul iklannya tapi setelah itu ilang mas.
    mohon pencerahan
    maksih

    Balas
    • Logikanya, kalau sudah bisa muncul sekali saja, berarti akan muncul terus, kecuali memang tidak ada iklan dari broker (AdSense misalnya). Kalau saya biasanya sama saja dengan widget text biasa, instant langsung muncul iklannya.

      Balas
    • Kalau jawaban saya di atas kurang jelas, saya ulangi;

      Muncul dan tidaknya iklan biasanya terkait penyedia iklan. Bukan pengaruh plugin, kalau bisa muncul sekali berarti tak ada masalah settingnya.

      Balas
    • Saya belum tahu ad inserter, namun sekilas dari namanya mungkin sama. Kalau untuk yang di header, menurut saya mungkin themes yang seharusnya memiliki fitur demikian. Beberapa themes yang sangat fleksibel seperti GeneratePress misalnya punya pilihan layout banner di header yang sangat banyak.

      Balas
  17. Mas saya pemula ni, mau tanya saya menggunakan WordPress.org itu bisa pasang iklan tidak? apa saya harus download plugin nya?
    Terima Kasih

    baru masang wordpress

    Balas
    • Out of the box, kalau mas sudah mendaftar ke situs penyedia iklan seperti Google AdSense, mas bisa pasang iklan dengan menggunakan widgets standar. Nah kegunaan Ad Injection ini untuk menjadikan tampilan iklan yang ada bisa kita atur sedemikian rupa sesuai keinginan dan kebutuhan.

      Balas
  18. izn gan,, saya baru banget ni pake WP,,
    jadi masih belajar2 soal pasang iklan di beberapa tempat.
    Yang template standar kan sudah ada iklan nya juga,, nah kalo saya mau tambahkan di posisi lain yang simple yang mana ya gan…
    mohon pencerahannya ya..
    makasih gan.

    Balas
    • Biasanya asal above the fold ada kemungkinan click trough rate yang tinggi, sekalian saja experiment seminggu dipindak – pindah, nanti juga ketahuan mana yang paling efektif. Tiap website karakteristiknya beda – beda sih.

      Balas
  19. Hallo Mas Tiyo,
    Saya mau bertanya, Apakah plugin Ad Injection bisa menampilkan/support jika Ads di terapkan di header atau tepatnya di sebelah logo situs kita.
    Untuk lebih jelasnya bisa melihat screen melalui link berikut http://prnt.sc/d4wdw3
    Terima kasih.

    Salam,
    Nur Kholis

    Balas
    • Bisa, jadi selain membuat spot iklan sendiri, nanti widget area bawaan themes seperti yang tampil itu juga bisa diberi semacam text-widget dari Ad-Injection ini, coba aja dilihat di halaman seting widget. Pertama masukkan satu kode html iklan, klik save, nanti akan ada pilihan untuk menambahkan iklan alternative setelahnya.

      Balas
  20. Siap Mas, Thanks atas informasinya..
    Akan saya coba menerapkan Plugin Ad Injection ini..
    BTW, kalau dibandingkan dengan Plugin Quick Adsense, Ad Injection ini memang lebih banyak memiliki fitur Ads ya mas.
    Salam sukses 🙂

    Regards,
    Nur Kholis

    Balas
  21. Mas, saya mau tanya. Gimana caranya pasang iklan dibawah menu navigasi? Saya rencana menggunakan themes IONMAG, saya coba sendiri kok ga bisa ya.. bisanya hanya banner disamping judul blog saja.

    Balas
    • Saya melihat tidak ada dokumentasi di website developernya ya, tapi ada halaman demonya, kalau mas berkenan bisa mas kirim file themesnya ke email saya kamtizone[at]gmail.com, nanti mungkin bisa ditambahkan satu widget area di tempat yang mas inginkan (sekalian alamat web live version punya mas)

      Balas
  22. wah kalau saya malah pakai quick adsense mas.. tapi intinya sih sama aja.. cuman begini mas.. yag saya tanyakan itu font mas theme saya kan pakai nyeo nah ga ada settingan ukuran font..kecuali edit 1 per 1 artikel tapi apakah ada plugin atau cara merubah semua jenis dan ukuran font di blog saya secara keseluruhan mas biar enak di lihat gitu

    Balas
    • Iklan adsense di semua bog saya saya tampilkan dengan menggunakan plugin ini. Dia hanya bekerja untuk menampilkan, masalah iklannya, baik adsense, banner biasa atau yang lainnya sama sekali tidak terpengaruh.

      Balas
  23. Mas, saya mau tanya. Gimana caranya pasang iklan dibawah menu navigasi? Saya rencana menggunakan themes IONMAG, saya coba sendiri kok ga bisa ya.. bisanya hanya banner disamping judul blog saja.

    Balas
    • Kalau tampilan itu harusnya yang handle themes Pak, nah kalau fungsionalitas baru kita cari pluginnya. Kalau begitu mungkin solusinya adalah dengan mencari themes yang support custom logo. Semoga bermanfaat 🙂

      Balas
  24. Mas saya pernah coba pasang banner random di bagian atas artikel dan bawah artikel. Tapi bagaimana cara agar di tengah artikel bisa juga pasang banner random?

    Balas
    • Hi Joachim,

      Thanks for stopping by, Indeed Ad Injection is no longer maintained but for general use its still working like a charm, like in this blog.

      For some of my client\’s and personal blog, I ever used yours too actually, same solid plugin with more option like adding script inside the head section . Awesome.

      Warm regards,
      Tiyo.

      Balas

Tinggalkan komentar