Cara Membuat WordPress di Hosting dengan cPanel Lengkap

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Sebelumnya saya sudah membuat beberapa posting tentang cara menginstall dan impor WordPress. Sebenarnya ada dua hal mendasar untuk anda ketahui tentang WordPress, bahwa ada dua versi dari WordPress itu. Keduanya akan saya sampaikan sekilas nanti.

WordPress.com yang merupakan produk komersial dari WordPress tapi anda bisa juga mendaftar secara gratis di sana. Menggunakan layanan WordPress.com bebas, namun kadang akan ada iklan dan juga banyak keterbatasan lainnya termasuk tidak bisa install WordPress themes dan plugins.

Sedang WordPress.org adalah sebuah website yang juga dimiliki Automattic.Inc tapi diperuntukkan bagi pengguna umum dan gratis. Di sana anda bisa download WordPress secara gratis dan menginstall WordPress di hosting sendiri, tanpa ada batasan dan bebas install themes dan plugins. Perbandingan ini sudah pernah saya bahas juga di dalam posting Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org (Self-Hosted)

Nah, kali ini saya akan membuat posting yang lebih lengkap, tentang bagaiaman cara membuat WordPress dari awal sampai akhir, bukan tau – tau sudah install di blog, impor tulisan saja. Saya rasa ada beberapa setting yang terlewat sebelumnya. Maka untuk menebus kesalahan itu, saya akan menjadikan anda paham tentang cara membuat WordPress di sini 🙂

Cara Membuat WordPress Lengkap

Membuat WordPress (membuat website dengan WordPress) tentunya diawali dari niat paling awal, yaitu membuat website saja. Lalu kenapa harus menggunakan WordPress? Karena WordPress adalah sebuah software yang paling mudah dan lengkap, juga paling ekstensible melalui plugins yang berjumlah ribuan banyaknya.

Apapun yang anda inginkan dari website anda yang berbasis WordPress, pasti bisa anda temukan solusinya dengan plugin yang sudah tersedia. Hingga tidak heran, saat ini WordPress dipakai sekitar 20% website di seluruh dunia.

Owh begitu ya? Lalu untuk membuat website itu bagaimana caranya?

Cara membuat website pada umumnya adalah dengan membeli domain dan hosting terlebih dahulu. Domain adalah nama/alamat website kita, seperti terlihat di blog ini, domainnya adalah WPKamt.com. Hosting adalah tempat kita menaruh semua asset dari website kita, bisa berupa script themes dan plugin, gambar dan tentu saja WordPress itu sendiri.

1. Cara Membuat WordPress – Beli Domain dan Hosting

Solusi hosting ada macam – macam, kalau WPKamt.com menggunakan Dewaweb, cloud hosting murah pertama di Indonesia. Kalau butuh tutorial membeli domain dan hosting? Lihat saja video di bawah ini,

2. Cara Membuat WordPress – Install WordPress

Setelah membeli domain dan hosting, kita langsung saja ya memulai tutorial tentang cara membuat WordPress ini pada intinya, yaitu menginstall wordpress di cPanel.

Biasanya setelah pembayaran kita diterima dari pihak penyedia hosting, akun kita sudah aktif, kita akan diberi akses ke client area dan username + password cPanel. Langsung saja masuk, dan untuk tutorial cara membuat WordPress di cPanel hosting bisa dilihat di sini. Atau dari video ini;

Silahkan diikuti, saya tunggu lagi anda sampai selesai 🙂

3. Cara Membuat WordPress – Install Themes dan Plugins

Setelah selesa membuat WordPress terinstall di hosting, berarti website kita sudah bisa diakses dari segala penjuru dunia. Hal pertama yang ingin kita lakukan biasanya adalah mengganti tampilan website kita selain themes bawaan WordPress.

Butuh panduan lagi? Santai saja, sudah ada juga posting tentang cara install themes dan plugins WordPress di blog ini. Untuk themes gratis yang saya rekomendasikan, saya sering menggunakan Hybrid framework, underscores atau juga mebuat WordPress themes dengan child themes Thematic.

Themes gratis biasanya cenderung memiliki fitur yang terbatas dan designnya terkesan biasa saja, butuh pemahaman tentang web design untuk membuatnya terlihat profesional. Kalau themes profesional paling top ya Genesis Framework, tapi kalau profesional dan murah, Themify.me jawabannya.

Setelah tampilan OK, kita perlu menginstall plugins yang sangat berguna untuk menambahkan fungsi dari website kita. Cek daftar plugins rekomendasi saya di sini. Untuk tiap kategori plugin, pilih saja salah satu agar nanti website anda tidak terlalu lemot.

4. Cara Membuat WordPress – Setting user dan blog

Setelah tampilan dan fungsi website sudah berjalan sebagaimana mestinya, sedikit lagi langkah kita dalam membuat WordPress ini, yaitu tinggal setting profil kita dan juga beberapa setting blog kita.

5. Setting Wajib Website WordPress

a. Permalink

Permalink adalah pengaturan tampilan URL kita, secara bawaannya WordPress memiliki URL yang sangat buruk, dari sisi user juga SEO. Kita bisa menggantinya dengan mengunjungi pengaturan permalink di  /wp-admin/options-permalink.php

Cara membuat WordPress - Setting Permalink

Dewaweb

Pilih struktur URL dengan model postname untuk optimasi SEO yang maksimal.

b. Setting Blog secara umum

Setting umum bisa ditampilkan dengan mengakses halaman /wp-admin/options-general.php, yang perlu disetting mungkin hanya nama blog dan tagline plus timezone saja menurut saya.

Lalu yang tidak kalah adalah mengatur tentang tampilan website kita, mau ditampilkan berapa artikel di halaman depan/arsip tulisan kita. Bisa diakses di menu membaca/reading (/wp-admin/options-reading.php). Jangan pernah mencentang cekbox terakhir di sini ya, karena itu akan mencegah website diindex Google.

Penutup Cara Membuat WordPress

Sementara  mungkin sampai disini anda sudah bisa untuk memulai menuliskan berbagai macam konten untuk website anda.

Tadinya saya ingin menambahkan cara untuk menambahkan menu dan widget, tapi berhubung anda baru saja mengikuti cara membuat WordPress ini, saya asumsikan belum ada konten yang bisa dimasukkan di dalam menu.

Setelahnya yang ada dalam daftar draft saya adalah cara setting Yoast SEO untuk optimasi SEO blog anda agar lebih bagus posisinya di halaman pencarian Google.

Semoga membantu, silahkan bertanya melalui komentar jika ada yang belum jelas 🙂

Yuk Bagikan:

17 pemikiran pada “Cara Membuat WordPress di Hosting dengan cPanel Lengkap”

  1. Kami ada gangguan pada tampilan admin web kami yaitu daftar menu samping di web admin selalu muncul pada saat pengoperasian / pengerjaan web.
    Bagaimana kami bisa mengirim gambar pada komentar ini?

    Balas
    • Cantumkan saja URL gambar tersebut, bisa disimpan di web jenengan atau dimana saja. Kalau sudah niat ditutup tapi masih keluar biasanya ada 2 sebab, karena themes yang kita pakai atau pluginnya. Kalau lebih banyak mengerjakan dari tabet/smartphone, ada kemungkinan memang tidak bisa mengecilkan sidebar di kiri itu.

      Balas
      • Kami ingin menampilkan screenshoot gambar tamoilan web admin kami pada kolom komentar ini agar mas Tyo tahu permasalahan yg kami maksud. Bgmana caranya .
        Kami mengoperasikan web kami menggunakan tablet samsung galaxy p.2
        Suwun

        Balas
        • Coba saja jenengan sesekali buka via komputer, nyempatin buka di warnet sebentar saya rasa tidaka da salahnya. Kalau tidak capture saja layarnya lalu tag saya di Facebook (Kang Kamtiyono) atau twitter (@kamtiyono).

          Balas
    • Jarang sekali ada masalah kalau kita mengikuti apa yang disampaikan di forum, .htaccessnya ditaruh di root folder instalasi WordPressnya khan? Mungkin masalahnya ada di hostingnya. Buat amannya install dengan app installer seperti Softaculous atau Fantastico saja.

      Balas
  2. Mas, nama saya Devo. Saya mau tanya, saya sudah mengikuti cara di atas untuk membuat web. Setelah wordpress terinstal, dan melakukan beberapa editing web di dalamnya, kenapa ketika saya mengakses webnya masih ditulis \”underconstruction\” ya, mas ?
    Kebetulan saya menggunakan idwebhost untuk penyedia domain dan hosting saya.

    Mohon pencerahannya, terima kasih.

    Balas
  3. Selamat malam,
    Saya vita, punya blog gratisan di wordpress tapi tetep pemula karena sebenernya gaptek juga. Yang saya tangkap, membeli hosting dan domain itu diawal pembuatan web ya mas? Nah kalo saya ingin beli domain dan hosting, ingin menggunakannya untuk memasang iklan dan banner juga, Apa bisa saya upgrade beli domain dan hosting di worpress?
    Atau jika beli ditempat lain, seperti di video diatas, apakah web lama saya hilang artinya saya harus nulis ulang kayak bikin web baru lagi?

    Maaf bahasanya ga jelas, (karena aslinya ora mudeng)
    Salam,

    Balas
    • Kalau sudah punya blog dan nanti mbak mau mebuat sendiri dengan hosting dan domain sendiri bisa diimport kok mbak artikelnya. Ada juga panduannya di website saya ini, disini.

      Kalau mbak sempat baca panduannya dari halaman depan website ini, runtut dari kolom kiri pasti nanti nambah paham deh.

      Balas

Tinggalkan komentar