Cara Membuat WordPress Menarik dengan Themes Gratis

www.domainesia.com

Cara membuat WordPress agar tampil menarik itu bagaimana ya? Mungkin anda juga pernah bertanya demikian juga. Saya dulu awalnya juga selalu penasaran dan bertanya, cara membuat WordPress menarik itu seperti apa, kalau bisa saya mau membuat WordPress menarik dengan secepat mungkin.

Jawabannya kalau mau membuat blog WordPress kita lebih menarik ya tentu saja dengan menggunakan themes yang bagus designnya. Bisa menggunakan themes Premium seperti Genesis Framework yang saya pakai sekarang atau Themify. Themes WordPress gratis juga banyak yang tampilannya menarik.

Cara Membuat WordPress Menarik dengan Themes Gratis

Lalu dimana kita bisa membuat WordPress menarik dengan themes gratis ini, dimana saja kita bisa menemukan themes – themes gratis dengan design keren ini?

Salah satunya ya di WordPress.org tapi untuk lengkapnya saya akan memberikan beberapa website yang sering saya jadikan tempat mencari themes gratis ini.

1. Mencari Themes WordPress Gratis di WordPress.org

Kalau jaman dahulu themes yang ada di direktori resmi WordPress itu terkesan memiliki design yang biasa bin abal – abal sekarang banyak themes yang bisa dibilang keren juga di sana. Beberapa contohnya adalah themes seperti ExpoundCustomizrAttitudeHueman.

Cara membuat WordPress Menarik - WP.Org

DomaiNesia

Ada 3 macam short mode yang bisa mempermuda kamu dalam mencari themes yang kamu perlukan mulai dari themes popular, themes paling baru, dan themes paling update.

2. Mencari Themes WordPress Gratis di Website Developer

Tidak semua WordPress themes developer men-submit karya mereka ke WordPress.org. Karena banyak alasan dan pertimbangan tentunya. Salah satu WordPress themes developer favorit saya, Justin Tadlock memiliki website sendiri yang berisi koleksi themes gratisnya yang dia buat berdasarkan Hybrid Framework yang dia buat sendiri.

Cara membuat WordPress Menarik - Hybrid

ThemeHybrid.com juga merupakan komunitas bagi para developer lainnya yang membuat themes dengan menggunakan Hybrid Core yang menjadi tulang punggung setiap themes di sana. Karenanya koleksi themes di sana bisa berkembang pesat jumlahnya belakangan ini.

Kalau ada website lainnya dengan koleksi Free WordPress themes adalah WPExplorer.

3. Mencari Themes WordPress Gratis di GitHub

Github adalah sebuah website social coding, mirip – mirip seperti Facebook bagi pada developer mungkin. Banyak code bertebaran disana secara bebas bisa kita dapatkan, mulai dari sekedar template website hingga themes WordPress.

Cara membuat WordPress Menarik - Github

 

Sayangnya kadang themes yang ada di sana karena lebih banyak dibuat oleh designer/developer tampilannya masih terbilang biasa saja. Karena kadang tujuan themes WordPress itu ada disana adalah untuk dikembangkan bersama sesama anggota komunitas developer themes. Namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba 🙂

4. Mengedit themes dengan Child Themes

Klau kamu sudah lumayan lama berkenalan dengan WordPress dan belajar berbagai hal termasuk membuat WordPress themes dengan child themes, mungkin ini adalah pilihan lain yang bisa kamu ambil.

Selain bisa mendapatkan design yang benar – benar sesuai dengan keinginan kita, dengan membuat child themes juga menjadikan kita makin pintar untuk menjadi developer.

Kustomisasi Logo, Menu dan Widgets

Selain menggunakan themes yang tampil menawan, cara membuat WordPress menarik lainnya adalah dengan menambahkan logo yang khas dan unik pada header kita, memberikan navigation menu yang memudahkan pengguna website kita dan juga widgets yang bisa kita isi dengan hal – hal menarik lainnya.

Perlu diingat juga, cara membuat WordPress menarik yang kita pilih itu juga kadang tidak sama dengan yang diinginkan para pembaca blog, tetap menjaga agar blog terlihat simple dan enak dibaca adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Pilih warna yang enak dipandang mata agar pembaca blog kamu betah berlama – lama di blog kamu.

Akhirnya, selamat bereksplorasi dengan berbagai cara membuat WordPress menarik yang saya sampaikan di sini. Silahkan dishare jika anda rasa tulisan ini bermanfaat, dan tambahkan komentar jika ada yang perlu ditanyakan 🙂

Yuk Bagikan:

70 pemikiran pada “Cara Membuat WordPress Menarik dengan Themes Gratis”

  1. halo mas tiyo.. 🙂 mas, saya newbienya newbie di wordpress. awalnya saya di blogger mas, karena satu alasan saya terpaksa pindah ke wordpress mas. blog saya http://www.prohp.net, adakah theme gratis rekomendasi untuk blog saya mas? agar bisa rapi dan enak buat dilihat seperti blog wpkamt ini. terima kasih.

    Balas
    • Kalau saya sih sekarang memakai child themes dari Stargazer mas (link ada di footer). Saya juga sedang belajar kalau editing themes yang ini, soalnya Hybrid Framework lumayan njelimet buat yang coding tidak terus menerus seperti saya. Hehehe….

      Masak udah ngeblog setahun masih newbie tho mas Nankz 😀

      Balas
      • hahaha, saya apalagi mas pasti lebih ga tahu mas. saya di WP baru sejak tanggal 1 januari kemaren mas. itu semua konten import dari blogger mas. mas, saya ijin pakai template stargazer juga ya mas. oia, untuk ganti logo di header tanpa menghilangkan tag h1 title blognya gimana mas? terima kasih

        Balas
  2. Mastah, mau tanya kalo lihat demo demo themesnya kan bagus bagus, tapi pas install itu kan bener bener dari awal ya. gimana caranya bisa buat seperti di demo? bisa gak kita identifikasi themes demonya widget diget apa saja yang terpasang

    Balas
    • Kalau mau sama persis sama sepperti demo, ya nanya saja ke developernya, soalnya kalau di direktory resmi biasanya malah cuma itu2 saja widgetnya.

      Kalau sudah lumayan sering lihat code bisa juga dengan inspect element (F12) dari browser, kadang ada tag HTML khusus dari widget yang ingin kamu ketahui.

      Balas
  3. Mas Tiyo, mohon ijin nimba ilmu di marih. Saya lagi ngutak-ngatik blog saya setelah sekian tahun mati suri.
    Minta masukan dengan blog saya sirun.wordpress.com.

    Demikian dan terimakasih sebelumnya.
    Sirun

    Balas
    • Welcome back mas di dunia blogging, dah dari Mei 2012 bangkit lagi ya 🙂

      Kalau untuk design blog mas Sirun ya memang bisanya makai themes yang disediain WordPress.com ya, ketiga pilihan di atas tidak bisa dipakai, kecuali memang themesnya sudah ada di WordPress.com. Makannya, kustomisasinya juga \’manut\’ dari themes yang dipilih.

      Untuk isinya, terus terang saya hanya melihat – lihat tanpa baca. Tapi saya bisa membaca antusiasme mas Sirun untuk berbagi, lanjutkan saja mas, apa saja yang menjadi daya tarik bagi kita, jika dibagikan pastinya nanti ada orang yang akan membaca, mengapresiasi dan mungkin melahirkan hubungan pertemanan baru 🙂

      Balas
  4. sangat menarik nampaknya, saya juga banyak share artikel mengenai wordpress gan, tapi sayangnya ga mulai dari awal sepeerti ini, mungkin lain waktu saya akan share, o ya gan makasih banyak atas suguhannya, salam kenal, lain waktu akan saya kunjungi lagi di artikel yang lainnya….

    Balas
  5. Artikelnya informatif sekali mas, mudah di pahami seorang nubi kaya saya.
    Blog saya saat ini masih pake themes gratisan, soalnya blum punya cukup dana untuk membeli theme premium mas. Padahal pengen banget rasanya pake theme premium kaya Genesis.

    Salam kenal mas.

    Balas
    • Saya juga udah bertahun – tahun ngidam themes ini dulunya, baru desember lalu beli trus install, semua blog saya makai genesis sekarang. Dulu seringnya pakai themes gratisan dr ThemeHybrid.com atau coding sendiri dr underscores.me

      Balas
    • Kalau menggunakan WordPress.com tinggal samakan widgetnya saja harusnya, saya sudah lama tidak makai jadi agak kurang bisa memberi clue, anyway background image yang warna – warni dan bergerak seperti blog mas itu sangat tidak sesuai di web, bikin mata sakit 🙁

      Balas
  6. Haii, kak saya mau menambahkan foto di blog saya, koq ga bisa yaaah. lalu bagaimana cara memasukkan gambar pin Pinterest, FB, Google plus ke wordpress saya?? Tolong dibantu. TQ

    Balas
  7. Mas cara menampilkan thumbnail di homepage dan sidebar widget kategori dan popular post gmana ya? Saya udah beberapa kali ganti tema tapi thumbnail tetep ata ga bisa tampil alhasil tampilan di homepage cuma tulisan tok dan tidak menarik sama sekali. mohon saranya mas. Saya aja yg liat ga betah apalagi visitors

    Balas
  8. terimakasih mas sudah membalas. Sekarang sudah bisa dengan cara menambahkan beberapa script ke tema. Tinggal fokus nulis hehe kemarin2 waktu terbuang percuma buat ngurusin tema doang. Maklum newbie hehe Terimakasih mas untuk balasannya .

    Balas
  9. kalau di wp, tinggal pilih theme ya, pilih yang bagus trus aktivasi, di wp juga ada plugins yang tidak ada di blogger. Salam kenal mas.

    Balas
  10. Matur nuwun mas tiyo,infonya sangat membantu .klo blog gratisan seperti punya saya ini(printerdotmatrik.wordpress.com) cocoknya temenya apa ya mas.biar kelihatan bagus..salam kenal saya jg dari sragen…gondang mas..he.he.

    Balas
    • Kalau di WordPress.com banyak banget pilihannya, themes yang disana kualitasnya juga bagus. Kalau sekarang pakai Twenty Ten yah, mungkin kalau mau lebih menarik pakai yang ukuran font agak besaran dikit dan gambarnya yang relatif besar biar pembaca betah lihat dan calon customer tertarik membeli. Salam kenal juga mas, maaf lama balasnya 🙂

      Balas
    • Walaikumsalam, maaf pak sebelumnya, pertanyaan bapak ini berkaitan dengan website bapak ya? Ada puluhan ribu themes WordPress diluar sana pak, saya tidak tahu persis jawabannya kalau saya juga tidak tahu themes yang bapak pakai. Mungkin lebih tepatnya bapak lihat – lihat halaman support forum pembuat themes yang bapak pakai.

      Balas
  11. Mas saya mau nanya nih. Baru\”ini kan saya menerbitkan artikel di blog saya. Nah pas coba iseng buka artikel saya di google pake kata kunci yg ada di judul artikel kemudian artikel yg saya tulis muncul. Tp kok yg muncul di hasil pencarian bukan judul dr artikel saya tp malah tags yg ada di blog ya? Saya masih newbie jd kurang paham 😀

    Balas
    • Sayangnya untuk wordpress.com sangat terbatas sekali settingnya, bahkan tidak bisa kita atur tentang bagaimana halaman – halaman kita diindex mesin pencari. Apa yang diindex Google tidak bisa kita atur, tambahi atau batasi.

      Balas
    • Menjanjikan atau nggak itu tergantung kita jadikan blognya sebagai apa dulu. Dan berapa banyak orang yang menjadi pembaca blog kita, WordPress sebagaimana yang lainnya di sini fungsinya lebih ke tool dalam memudahkan saja.

      Balas
  12. Ass..
    Mas mau nanya nih ,misal kita beli hosting kemudian kita buat account email khusunya /(webmail) ..setelah itu kita buat website dg menginstal wordpress nya di hosting kita,yang saya mau tanyakan ;
    1. Email yg kita dattarkan di wordpress apa mesti menggunakan email utama web di webmail atau bisa yg lainnya ,misalnya gmail ? Soalnya ada jg yg nyebutin kalau mau bikin web di wordpress hosting mesti menggunakan email account .saya masih rawan mas
    2. Kira web dg jenis statis ( website profil) theme yg cocok apa ya mas& referensi nya ?

    Nb :
    Saya beli hosting profesional 500mb/thn sampai sekarang belum kepakai,kira menurut mas sesuai / kurang ,kebetulan saya cuman nyantumin beberapa halaman( 5-10)

    Balas
  13. salam kenal mas tyo,, saya berencana mau ganti theme customizr di web saya yang sekarang.

    yang saya tanyakan. setelah ganti theme apakah ada pengaruhnya di serp

    trus baiknya setelah ganti theme apakah harus fetch ulang di webmaster

    terima kasih mas tyo yang berkenan memberi pencerahan

    Balas
    • Ada kemungkinan perubahan, walau tidak signifikan, saya anjurkan untuk menggunakan themes yang relatif ringan loadingnya karena kecepatan loading merupakan salah satu kunci dan juga sudah ada microformats. Apakah perlu fetch ulang, saya kurang yakin, tapi boleh lah dicoba.

      Balas
  14. Kalau saya asli newbie, mas. Belum seminggu bikin blog. Masih berantakan., belum ada isinya. Malu kalau sampai dilihat orang. Kalau mau ngambil theme dari luar wordpress (dari website developer) caranya bagaimana, mas? Saya tunggu balasan anda. Terima kasih.

    Balas
    • Maaf mbak baru balas, ya prinsipnya sama saja sih, biasanya mereka juga memajang themes karyanya di web mereka, dan ada juga pilihan buat download, seperti contoh di atas website Justin Tadlock itu, themehybrid.com/themes

      Balas

Tinggalkan komentar