Cara Membuat WordPress untuk Ngeblog dan Bisnis

Cara membuat WordPress untuk ngeblog biasa dan bisnis memang agak berbeda. Kalau kamu ingin tahu cara membuat WordPress untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam ngeblog (menulis pengalaman pribadi, tugas belajar dsb) kamu bisa menggunakan layanan blog gratis berbasis WordPress seperti WordPress.com dan juga blogdetik.com.

Sedang kalau ingin membuat WordPress dengan tujuan bisnis atau di monetize, saya sangat menyarankan untuk membeli domain dan hosting lalu mendownload WordPress dari WordPress.org lalu menginstall WordPress di CPanel hosting kamu.

Cara Membuat WordPress Blog di WordPress_dot_com

Kali ini saya akan menyampaikan kedua cara membuat WordPress dengan tujuan masing – masing ini. Terutama untuk membuat WordPress yang gratis sih, soalnya saya belum pernah membahasnya disini sebelumnya.

Cara Membuat WordPress Gratis

WordPress bisa kamu pakai dengan secara cuma-cuma, gratis tanpa biaya. Akan tetapi ada sedikit keterbatasan semisal kami akan selalu memiliki nama website sepert namaweb.wordpress.com dan ada iklan yang tak dapat dibuang yang pendapatannya tidak masuk ke kamu, melainkan WordPress.com. Kecuali kamu upgrade paketnya ke dengan kelas personal, dan premium. Jika kamu upgrade ke kelas Business kamu bisa install themes dan plugin layaknya yang saya sampaikan pada bagian kedua artikel ini, dengan tarif $25/bulan.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat blog WordPress gratis adalah dengan mengunjungi WordPress.com lalu memulai membuat wordpress tadi dari sana. Untuk detil langkah membuat sebuah blog WordPress gratis terdiri dari beberapa langkah;

  • Memasukkan data – data
  • Memilih domain dan themes
  • Konfirmasi alamat email, serta
  • Membuat tulisan baru dan menerbitkannya

akan saya sampaikan dalam sebuah video tutorial cara membuat akun WordPress di WordPress.com berikut;

Cukup jelas ya video tutorial di atas, kalau kamu masih ada yang kurang jelas, silahkan disampaikan pada kolom komentar nanti.

Cara Membuat WordPress untuk bisnis/monetize

Untuk membuat sebuah blog yang akan kita gunakan untuk tujuan bisnis, memiliki blog tersebut secara utuh bebas dari interferensi pihak lain adalah sebuah kewajiban. Jangan sampai nantinya kita sudah berjalan dengan mapan tapi ditengah jalan akun kita di ban oleh penyedia layanan gratis website/blog kita. Blogger, WordPress.com, Tumblr, atau berbagai layanan gratis lainnya memiliki resiko seperti ini.

Lalu solusinya adalah dengan membeli domain dan hosting sendiri saja. WPKamt.com menggnakan jasa Dewaweb untuk hosting dan domainnya, kamu juga bisa mencobanya dengan klik dari sini lalu memesan domain dan hosting baru.

Langkah selanjutnya setelah memiliki domain dan hosting baru tentu saja install WordPress di CPanel kita, bisa dengan Fantastico atau juga Softtaculous. Baca artikel ini untuk melihat panduannya. Kalau mau melihat video tutorialnya juga bisa dari video ini;

Website untuk monetize lebih powerful

Salah satu alasan lain selain agar kita berkuasa penuh atas website kita, dengan mengikuti tutorial cara membuat WordPress ini kamu juga tahu kalau WordPress yang diinstall di web hosting kamu ini lebih fleksibel daripada yang di WordPress.com.

Dua hal yang paling menonjol adalah kamu bisa install themes dan plugin yang tidak ada di WordPress.com. Kamu bisa mencari themes yang paling menarik buat blog kamu, menambahkan plugin untuk meningkatkan SEO blog kamu. Hingga bebas memasang iklan apapun dari mana pun dengan script iklan model seperti apa saja.

Bahkan mengubah blog kamu menjadi online shop sekalipun merupakan hal yang biasa dilakukan pengguna WordPress.

Cara Membuat WordPress – Penutup

Yup, saya rasa tulisan ini bisa membantu kamu paham dengan lebih jelas bagaimana WordPress free jika dibandingkan dengan yang membayar domain dan hostingnya sendiri. Beberapa tutorial tentang WordPress self hosted juga banyak saya tautkan dalam artikel ini untuk memudahkan kamu belajar dari awal.

34 pemikiran pada “Cara Membuat WordPress untuk Ngeblog dan Bisnis”

  1. Mohon bantuan untuk menjawab pertanyaan yang selama ini saya pendam. Saya mempunyai pertanyaan tentang template wordpress. Apabila saya hanya membeli domain dan tidak membeli hosting, melainkan hosting masih dari wordpress. apakah saya bisa melakukan ganti template?
    terima kasih.

    sebelumnya saya seorang newbie yang ingin belajar membuat website dari wordpress, karena sebelumnya saya hanya bermain blogger. terima kasih

    Balas
    • Kalau menggunakan domain mapping, seperti dalam video tutorial ini dan memilih custom domain, tetap tidak bisa upload themes sendiri, musti menggunakan themes yang tersedia.

      Kalau mau bebas menggunakan themes dan plugins, ya solusinya harus membeli hosting, bukan ikut di WordPress.com lagi.

      Balas
  2. Saya bersykur mas, besar di era WordPress, hehehe… ngga kebayang kalau saya menekuni blogging terus ngga ada WordPress pasti bakal ribet, dulu waktu awal2 ngeblog saya makenya joomla itu, dan menurut saya ngga cocok buat ngeblog, cocoknya buat web besar 😀

    Balas
    • Saya juga sangat bersyukur mas, dengan adanya blog sangat mengubah cara kita memperluas jaringan pertemanan dan mempermudah menyampaikan semua yang ada dalam benak kita pada dunia.

      Kalau saya sih pertama kali platform yang saya pakai WordPress, walau sudah pernah nyoba blogspot, multiply, tumblr, medium, drupal jatuhnya tetap di WordPress lagi juga 😀

      Balas
  3. halo mas..saya mau tanya kalimat ini \”WPKamt.com menggnakan jasa
    Dewaweb untuk hosting dan domainnya, kamu juga
    bisa mencobanya dengan klik dari sini lalu memesan
    domain dan hosting baru.\” apakah termasuk dalam kategori artikel review?? terima kasih sebelumnya..

    Balas
  4. mas….
    ada jasa kelola website gak?
    pinten biayanya?
    sy punya beberapa website untuk usaha travel agent, sy buat sendiri dgn wordpress, tp sy gak bisa mengelola dan mendapatkan traffic.
    maturnuwun sebelumnya.

    Balas
    • Wah, ngapunten mas, walau memberikan service seperti ini sudah menjadi obsesi saya sejak lama, namun kesibukan saya di offline tidak memungkinkan saya untuk menerima tawaran Mas Aris. Saya cuman bisa sarankan mas untuk belajar SEO secara basic mungkin, karena saya lihat websitenya itu sama sekali tidak teroptimalisasi dari sisi SEO. Maturnuwun 🙂

      Balas
    • Themes website sama saja dengan themes komputer atau handphone pak, cuma kalau themes website cenderung lebih kompleks dan menentukan sekali dengan bagaimana wujud tampilan website kita oleh pembaca.

      Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS