Cara Menambah Widget di WordPress untuk Iklan

www.domainesia.com

Cara menambah widget di WordPress yang akan saya sampaikan kali ini adalah sebuah cara sederhana dan paling mendasar. Berbeda dengan tutorial sebelumnya tentang cara memasang iklan di WordPress yang menggunakan Ad Injection yang bisa dibilang advanced, kali ini tutrial cara memasang banner di blog yang akan anda baca sangat sederhana.

Cara Menambah Widget di WordPress

Untuk menambah widget di WordPress yang perlu kamu pastikan adalah themes yang kamu pakai support widget. Setelahnya kamu tinggal masuk ke settingannya lalu men-‘drag-and-drop’ widget yang ada di kolom kiri ke area yang ada di sebelah kanan.

Widget yang tersedia di sebelah kiri bisa berbeda – beda tergantung dari plugins yang kita miliki, bisa juga ada themes yang memiliki widget tertentu, seperti yang saya pakai, Genesis Framework memiliki beberapa widget tambahan.

Widget bisa berupa banner, daftar posting terbaru, blogroll, kalender, atau bahkan kolom berlangganan. Tetapi cara menambah widget di WordPress ya hampir sama persis dengan yang saya sampaikan berikut.

Lalu posisi widget yang tersedia juga tergantung dari masing – masing themes. Ada themes yang hanya memiliki satu tempat widget, ada yang memiliki 3,5 atau bahkan 13 tempat widget, seperti Thematic.

Berikut adalah sebuah contoh untuk menambahkan widget di WordPress dengan drag-and-drop.

cara menambahkan widget di wordpress Cara memasang Banner di blog WordPress

Agak berbeda dengan widget pada umumnya, biasanya banner merupakan sebuah widget text, yangterdiri dari sebuah judul/tanpa judul lalu dengan isi berupa banner atau iklan yang berupa gambar/link ke halaman website tertentu.

Cara Menambah Widget di WordPress - cara memasang banner iklan di blog

Untuk membuat banner, yang perlu kamu ketahui adalah kode HTML yang ingin kamu tampilkan, disini kamu paling tidak paham apa itu kode HTML sederhana. Biasanya website penyedia iklan akan menyediakan script banner ini untuk kita pasang di blog.

Video Tutorial cara memasang banner iklan di WordPress

Buat melengkapi tutorial yang sederhana ini, saya sertakan juga sebuah video tutorial untuk mengatur banner iklan dewaweb yang ada di blog ini berupa penggantian gambar banner. Saya harap dengan adanya video ini anda akan lebih mudah paham cara pasang banner iklan di blog.

Ditunggu komentar, like dan share video saya ini. Kalau mau update terbaru tentang tutorial WordPress yang simple dan gampang dipahami, bisa juga subscribe ke Channel YouTube saya 🙂

Yuk Bagikan:

6 pemikiran pada “Cara Menambah Widget di WordPress untuk Iklan”

  1. selamat pagi, mohon bantuannya pak. saya memakai WP gratisan. saat ingin menambahkan banner iklan lewat widget text, kok jadinya banner tersebut cuma jadi gambar saja ya? fungsi linknya jadi hilang. saya sudah coba berungkali, ternyata kode htmlnya setelah di save mendadak hilang sebagian. jadinya hanya berfungsi sebagai gambar saja. mohon pencerahannya

    Balas
    • Kalau menggunakan WordPress gratisan salah satu batasannya memang itu mas, ga boleh pasang iklan. Dan jika code yg mas masukkan mengandung JavaScript biasanya juga dibuang oleh WordPress, ya fungsinya jadi hilang seperti itu tadi.

      Berbeda jika kita punya domain dan hosting sendiri lalu diinstall WordPress, ga ada batasan buat masang script apa aja.

      Balas
  2. Saya pengguna wp self hosting.
    Namun saya mengalami kendala dng pemasangan iklan diweb saya.
    Saya menggunakan nyeo themes dan menggunakan plugin quick adsen untuk memasang iklan dari adsen.
    Saya ingin memasang iklan lain menggunakan widget ditempat2 tertentu seperti pda related post atau tempat area kosong disebelah kiri. Namun saya blm paham tentang html. Mohon solusinya. Terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar