Cara Menemukan Broken Link di Website Berbasis WordPress

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Cara menemukan broken link di website kita bisa dengan berbagai cara. Mungkin kita bisa menggunakan Google Search Console pada umumnya. Namun dalam tutorial yang saya sampaikan ini, saya akan membahasnya khusus untuk website berbasis WordPress.

Dan untuk menemukan broken link pada website berbasis WordPress sebenarnya adalah lebih mudah. Karena kita nanti tinggal install plugin WordPress, lalu menunggu plugin itu menemukan broken link di website kita.

Apa itu broken link?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita bahas tentang apa itu broken link dan kenapa kita harus mencari dan menyingkirkannya dari website kita?

Broken ink adalah link (tautan) dari website kita ke website lainnya yang jika di klik akan menampilkan error, entah itu karena website yang dituju tidak ditemukan, mungkin berpindah-pindah ke domain atau loading sampai tidak ada habisnya.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Biasanya ini terjadi saat kita memberikan rujukan ke website lain dalam artikel yang kita buat. Atau bisa saja terjadi dalam komentar di website kita, dimana ada komentator yang memasukkan link di komentar atau alamat website mereka. Setelah beberapa saat sang komentator tidak lagi memperpanjang sewa domain dan hosting websitenya maka jadilah link yang dulunya aktif jadi broken (non-aktif).

Dan hal semacam yang saya sebutkan itu berada jauh diluar kendali kita. Terlebih jika kita memiliki komentar yang jumlahnya ribuan, pastinya tidak akan sempat kita memantau link-link yang mereka tinggalkan masih aktif atau non-aktif.

Masalahnya, bagi Google, jika website kita memiliki banyak broken link akan dianggap sebagai sebuah sinyal buruk. Website kita dinilai sbagai sebuah website yang buruk karena memberikan referensi yang tidak akurat kepada pembaca website kita. Banyak link yang tersedia di website kita ternyata adalah sebuah ‘jalan buntu’.

Nantinya Google akan secara perlahan menurunkan rangking website kita di hasil pencariannya. Oleh karenanya, kita perlu menemukan link-link non-aktif ini dan membuangnya dari website kita. Agar predikat website kita bisa kembali lagi menjadi bagus.

Cara Menemukan Broken Link dengan Broken Link Checker

Untungnya WordPress tersedia sebuah tool untuk membantu kita memudahkan aktifitas memeriksa broken link ini. Yaitu sebuah plugin dengan nama Broken Link Checker.

Cara Menemukan Broken Link dengan Broken Link Checker Plugins

Dewaweb

Begitu plugin ini kita install, tidak banyak yang perlu kita lakukan, bahkan bisa kita diamkan saja nanti dibalik layar akan memeriksa berbagai link yang ada di website kita. Jika ditemukan broken link, nantinya kita akan diberi tahu via email. Dan broken link yang ada bisa kita lihat di dalam menu tool (perkakas) seperti yang terlihat berikut ini;

View Broken Links WordPress

Seperti yang terlihat di atas, kebanyakan broken link tercipta saat para komentator menambahkan kolom URL dalam komentarnya. Masalahnya kebanyakan server not found yang berarti website mereka sudah tidak diperpanjang.

Saya lantas memilih semua link dalam daftar, lalu paling aman adalah memilih unlink (membuang link). Meski ada berbagai pilihan lain, tapi saya rasa itu yang paling mudah dan aman, selain itu bisa juga dengan membuang sumber broken link bisa komentarnya, atau mungkin artikel kita jika broken link di artikel. Menurut saya itu pilihan yang tidak bijak.

Penutup; Cara menemukan dan membuang broken link

Demikian tutorial tentang cara menemukan broken link dari WPKamt.com ini. Semoga bermanfaat, saya tunggu pertanyaan, usulan dan komentar atau pengalaman cara lainnya yang pernah Anda pergunakan. Semoga dengan begini SEO website selalu bagus dan Website kita bisa nomor 1 di Google terus. Selamat sore dan salam WordPress!

Yuk Bagikan:

Satu pemikiran pada “Cara Menemukan Broken Link di Website Berbasis WordPress”

Tinggalkan komentar