Cara Menggunakan WordPress SEO Plugin (Yoast SEO)

Kalau kemarin kita sudah melakukan setting WordPress SEO plugin (Yoast SEO) sekarang saya akan membahas bagaimana cara menggunakan WordPress SEO by Yoast ini.

Kesalahan kebanyakan blogger dalam menggunakan SEO plugin adalah berpikir kalau setelah menginstall dan mensetting plugin SEO mereka, entah itu WordPress SEO plugin Yoast, All in One SEO Pack atau yang lainnya, mereka pikir optimasi SEO berhenti sampai disitu saja.

Itu salah besar, SEO adalah proses, tidak bisa dilakukan sekali saja dalam mengurus blog. SEO itu berjalan berdampingan dan tanpa henti seiring perkembangan blog kita. Optimasi SEO selalu diperlukan saat kamu akan menulis sebuah artikel.

3 Langkah Cara Menggunakan WordPress SEO by Yoast

Cara Menggunakan WordPress SEO by Yoast

OK langsung saja kita bahas step – step cara menggunakan WordPress SEO plugin ini, berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan selama ini langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan tujuan tulisan

Sebuah artikel yang baik itu selalu punya tujuan yang jelas, kamu harus tahu sebenarnya apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca blog kamu. Sehingga nulis tidak alakadarnya dan hanya menambah banyak saja tulisan tak berguna di internet yang sudah begitu banyaknya. Semakin jelas tujuannya, semakin bagus karena semakin jelas akan berguna.

Seperti tulisan ini tujuannya adalah untutk memberi tahu kepada para pembaca tentang cara menggunakan WordPress SEO plugin, maka dari awal sebelum menulis saya putuskan kata kunci apa yang sekiranya akan digunakan orang sebelum menemukan artikel ini di Google.

Cara Menggunakan WordPress SEO plugin

2. Mulai menulis artikel yang SEO friendly

Sesungguhnya, setelah menentukan kata kunci itu tadi, kamu sudah setengah jalan untuk menulis artikel yang SEO friendly. Karena setelah sebuah kata kunci kita tetapkan, WordPress SEO by Yoast ini akan selalu memantau perkembangan kita saat menyimpan artikel.

Lihat pada bagian bawah fokus keyword itu, ada pesan “your focus keyword appear in:” Article heading, page title, page url, content, meta description.

Jika sudah ada akan ada kata yes, beserta jumlah berapa kali kata kunci kita ada dalam artikel yang sedang kita tulis. Kalau untuk lebih lengkapnya apa saja kekurangan kita, bisa kita lihat di bagian page Analysis;

Cara Menggunakan WordPress SEO by Yoast

Dari page analysis itu terlihat bahwa saya perlu mengoptimalkan artikel dengan menambahkan link ke website luar (outbond link), menambah jumlah kata dalam artikel (minimal 300), menulis meta description. Sedang untuk Flesch Reading Ease tidak perlu saya perhatikan, karena memang bahasa Indonesia tidak bisa diukur dengan metode itu.

Untuk poin yang sudah hijau, kalau kamu belum paham silahkan dijadikan bahan diskusi di kolom kometar dalam artikel tentang cara menggunakan WordPress SEO plugin by Yoast ini. πŸ™‚

3. Menulis SEO title dan meta description

Kita bisa membuat judul posting (Page Title) dan judul tulisan berbeda, mungkin ada yang belum tahu tentang hal ini. Judul posting adalah judul yang ada di atas jendela browser kita, kalau dilihat dalam source code halaman bisanya ada di tang <title>.

Sedang judul tulisan adalah judul yang ada di awal artikel ini, paling atas dari paragraf – paragraf ini.

Meta Description adalah kata – kata yang akan dimunculkan Google dibawah judul tulisan kita saat tanpa sengaja tulisan kita ada di halaman hasil pencarian. Usahakan meta description memuat fokus kata kunci di awal, sekaligus enak dibaca dan informatif dengan mempertimbangkan variasi kata kunci yang mungkin dilakukan orang dalam pencarian, misal:

Cara Menggunakan WordPress SEO plugin by Yoast dengan mudah melalui tiga langkah optimasi sehingga kamu bisa membuat artikel SEO friendly

Selain menggunakan kata kunci utama, saya juga menambahkan “by Yoast” karena saya tahu kata itu juga sering digunakan dalam pencarian. Di ujung kalimat juga ada kata kunci lain yang mungkin digunakan orang yaitu “membuat artikel SEO friendly”

Bagaimana dengan meta keywords?

Saya pribadi sangat jarang sekali menetapkan keywords pada artikel-artikel saya. Banyak master SEO dari luar sana yang menilai meta keywords sudah tidak penting dan tidak diperhatikan oleh mesin pencari, Google terutama. Karena dulu banyak yang membuat spamming dengan berbagai keywords yang sama sekali tidak ada korelasi dengan tulisan.

Sebelum Menerapkan Cara Menggunakan WordPress SEO, saya punya pesan.

Setelah tahu hal ini, saya pernah melihat ada yang menerapkan cara menggunakan WordPress SEO ini dengan menjadikan tulisannya penuh kata kunci, tapi terkesan berputar – putar tidak karuan. Well, mungkin bagus untuk mengelabuhi Google, namun ke depannya pembaca juga akan tahu kalau blog kamu tidak layak untuk dikunjungi untuk kedua kalinya.

Selalu utamakan konten yang beguna dan 100% karya sendiri, itu langkah mutlak kalau kamu ingin menjadi blogger yang berhasil. Ini baru optimasi on-page SEO, masih ada ooptimasi off page yang perlu kamu pelajari juga.

Akhirnya, selamat membuat artikel SEO friendly, jangan lupa untuk menyampaikan pertanyaan, kalau ada sih :mrgreen:

155 pemikiran pada “Cara Menggunakan WordPress SEO Plugin (Yoast SEO)”

  1. Hi mas tiyo.
    Untuk seo wordpress, lebih baik menggunakan WordPress SEO plugin Yoast atau All in One SEO Pack? kalau soal plugin Yoast, sy belum mengerti karena selama ini masih pakai all in One SEO Pack. Thx

    Balas
    • Kalau lihat dari settingnya All in one kayaknya lebih mudah dipakai. Tapi karena saya nggak nyari mudah dan lebih mentingin hasil, setting Yoast yang lebih lengkap yang jadi pilihan saya.

      Nggak tau kalau All in One yang pro πŸ™‚

      Balas
  2. Mohon bantuan nya sob,,,
    1. Bagaimana mengunakan Meta Keywords pada langkah pertama artikel ini ?
    2. Yang di maksud dengan Page Analysis poin merah, kuning dah hijau ?
    3. Bagaimana kita memastikan Kata Kunci kita berhasil dan tepat pada sasaran ?
    Terima Kasih artikel menarik dan sangat berguna….

    Balas
    • 1. Pilih saja keyword yang sesuai dengan topik (ide tulisan), masukkan dalam kolom itu.
      2. Merah – jelek, kuning – perlu perbaikan, hijau – bagus. Artikel otomatis dinilai begitu kita simpan jadi draft, saat masih belum hijau berarti kita perlu memperbaiki.
      3. Kalau hijau semua berarti tepat, sesuaikan kata kuncinya dengan pembaca blog kita.

      Balas
  3. Wah sangat menarik mas, ini menjadi modal saya supaya tidak asal menulis saja. selama ini hanya nulis hal-hal yang tidak jelas. heheh

    Balas
  4. Mas Tiyo mau nanya nih, kalo CONTENT yang dibawah FOCUS KEYWORD itu dimana ya biar jadi YES (hijau) gitu? saya nubi nih. Makasih sebelumnya, udah share artikel ini, sangat bermanfaat buat saya πŸ™‚

    Balas
  5. wah .. ini sangat bermanfaat buat saya , saya baru aja migrasi nih .. mohon doanya .. dan sukses buat sang admin , udah ngajarin !!

    Balas
  6. Mau tanya dong. Kenapa 1 keyword saya muncul beberapa artikel ya. Misal keyword \”dinding pemisah bersejarah\” dan keyword \”kesaksian kedustaan tembok ratapan\” itu jadi muncul semua artikel saya di google search engine. Jadi keliatan serakah and ga bonafid banget… hehe.
    Maaf saya sudah kelewat bingung soalnya belum ketemu ada forum yang bahas ini. Oya saya juga pake plugin yoast. Syukron

    Balas
    • Justru malah keren dong kalau begitu, tujuan utama optimasi SEO adalah kita mendominasi halaman pencarian Google. Kalau saya lihat sih, untuk kata kunci yang kedua karena disamping kata kuncinya yang kelewat panjang, jadi makin sedikit web lain yang memiliki konten demikian (berbeda dengan kata kunci pertama yang relatif pendek dan \’umum\’), posting itu juga ada di semua halaman yang memenuhi halaman satu (yang semua dari web kamu) karena judul posting itu nyantol di semua posting lainnya lewat sidebar recent post.

      Sedang keyword pertamanya hanya mengisi 2 posisi dari listing pencarian (SERP) karena ada konten dari website lainnya yang dinilai lebih relevan daripada posting lainnya di web kamu. Atau mungkin hanya kedua halaman itu yang masuk indeks Google.

      Balas
  7. Mantaplah bang Tiyo, artikel mengenai SEO plugin Yoast singkat, jelas dan tepat. Ane jadi ngerti sekarang cara kerja dari plugin ini, ternyata hanya butuh memfokuskan kata kunci dan memaksimalkannya.

    Balas
  8. Gan Saya sudah pake SEO Friendly tapi ko tiap posting itu SEO nya OK mulu Ga pernah Good itu gimna caranya ya gan mohon bantuannya gan

    Balas
  9. Mas aq sudah menggunakan Yoast WordPress SEO: Tapi kok gak ada kolom- kolom untuk pengisian Meta Description:
    focus keyword appear in:
    Trs gak ada kolom buat warna merah, kuning, dan hijau, itu knapa ya mas?
    terima kasih sbelumnya…

    Balas
      • salam kenal mas.
        mau tanya tentang seopressor, cara pakainya itu apa langsung bayar dulu, soalnya di situsnya tidak ada cara login dan misalkan pake seopreessor apakah seo yoastnya masih berfungsi.
        mohon bantuannya ya mas. hehehe

        Balas
        • Kalau mau install 2 plugin ini nanti konflik. Dan setahu saya kalau sudah install SEOPressor nantinya sangat mirip dengan menggunakan Yoast kok.

          Salam kenal juga mas, maaf link saya hapus saya tidak mau blog saya ngelink ke web yang sejening dengan punya mas. No offense.

          Balas
  10. bagus sekali artikelnya mas tapi saya masih bingung tentang menambahkan link ke website luar (outbond link), itu maksudnya apa mas bisa di kasih contoh

    Balas
    • Di bawah form judul posting, di atas toolbar formating post ada preview dari URL posting itu nantinya, baiknya save sebagai draft sekali biar tahu aslinya seperti apa, lalu klik edit untuk merubahnya agar berisikan kata kunci target dan panjangnya seringkas mungkin.

      Balas
  11. mas, saya bingung dengan poin ini
    The keyword doesn\’t appear in the first paragraph of the copy, make sure the topic is clear immediately

    boleh tahu apanya yang harus saya perbaiki untuk membuat hijau/yes di SEO nya

    Balas
  12. Ma\’af mas untuk kategori dan tag sebaiknya disetting index atau noindex, soalnya jadi muncul duplikat konten di GWMT …

    Balas
  13. saya menggunakan plugins ini juga, tapi selalu indikatornya tidak bisa hijau. selalu kuning. saya sudah bingung mau diapain lagi supaya bisa indikatornya hijau. mungkin ada saran ? thx sekalian blogwalking nice post

    Balas
    • Kalau targeting pas, biasanya minimal 3 kata fokus keywordnya, jika semua element sudah ada keywordnya harusnya hijau. Fokus kata kunci ini sayangnya hanya pemilik blog yang tahu, jadi saya sendiri tidak tahu kurangnya apa di blog mas πŸ™‚

      Balas
  14. Agan, mau nanya niih… saya sdh aktifkan seo by Yoast di website saya, dan di google muncul alamat url nya, tapi ketika di klik kenapa keluarnya halaman error 404 atau muncul halaman parkir website go daddy yaaa ? Mohon pencerahannya dari agan. Thanks

    Balas
    • Untuk tampilan yang sekarang memang agak sedikit berbeda,lebih sederhana justru menurut saya. Saya membuat tutorial ini dari versi yang sebelumnya, ada baiknya mas cari saja yang mirip -mirip istilahnya kalau mau mengikuti tutorial ini.

      Balas
  15. Mau tanya ya mas.. SEO by Yoast kan muncul di tiap judul \” page \” yg berbeda. Jadi untuk penulisan di FOCUS KEYWORD, TITLE & META DESCRIPTION berbeda sesuai dengan artikel di tiap page ya? Makasih..

    Balas
  16. mas tiyo..berarti dalam\” page analysis\” bulet buletannya itu harus ijo semua ya..kecuali yang pertama merah gpp kan.

    trus satu lagi: dalam \” focus Keyword\” itu kan ada \” page title\” – Page URL \” dll itu harus ada \” Yes\” berapa? terutama yang \” Content\” bagus nya \” yes\” berapa…apa yes (1) atau yes (2)

    Balas
    • Kalau di title sama URL masing – masing 1 saja sudah cukup, kalau dalam content baru kta buat agak banyak, rasioanya maksimal 8% dari jumlah kata keseluruhan dari posting, kalau kebanyakan bisa dianggap website kita berisi spam oleh Google.

      Balas
      • Berapa lama kita harus menuggu untuk optimasi off page buat blog baru mas ? ( blog saya baru berumur 1 mingguan) Atau tidak perlu menunggu ?
        Dan apakah seo onpage bisa langsung saya terapkan untuk blog baru tersebut ?
        Terakhir, apakah blogwalking itu termasuk sebagian dari seo off page juga ?
        salam kenal πŸ™‚

        maaf mas banyak nanya dan pertanyaannya berantakan, maklum masih nubi…he he

        Balas
        • Optimasi dilakukan terus saja, baik onpage atau juga off page, termasuk berkomentar di blog orang dengan mencantumkan URL. Tapi langkah baiknya dengan proporsi yang wajar, sangat tidak wajar kalau baru beberapa pekan kita sudah tebar link ke ratusan blog orang, bisa2 kita cenderung nyepam.

          Onpage ya jelas harus dilakukan dari awal, kalau perlu sebelum blog kita install kita pertimbangkan gimana struktur konten blog kita dulu πŸ™‚

          Balas
  17. malam mas, boleh tanya dong mas untuk wordpress bagusnya ngandelin meta key dam descrip di plugin pas postingan atau kita pasang manual juga mas, gimana ya kira – kira mas

    Balas
  18. Salah satu plugin favorite saya untuk SEO, khususnya WordPress, Fitur sangat lengkap dan mudah dipahami, akan tetapi jika hanya mengandalkan plugin seo, tidak jaminan akan menaikan rangking di google, pastinya masih banyak trik lain yg harus dilakukan.

    Balas
  19. Bagaimana jika ada 2 orang yang mempunyai situs yang berbeda dan dua-duanya menggunakan SEO. Dan menggunakan kata kunci yang sama untuk mengoptimasinya. Lalu nanti yang muncul di urutan teratas pada search engine yang mana mas?

    Terima kasih. πŸ˜€

    Balas
    • Pada akhirnya, semua akan ditentukan oleh Google (Search Engine), kita cuma bisa berusaha. Banyak faktor untuk meranking sebuah website, bahkan algoritma Google menggunakan sekitar 200 parameter untuk menentukan siapa yang berada di atas. Kecepatan website, banyaknya backlink dari website lain, sampai kualitas konten yang kita buat mungkin adalah beberapa penentu krusial yang layak kita usahakan sebaik – baiknya. Artikel ini hanya mengusahakan kualitas artikel itu πŸ™‚

      Balas
  20. permisi ASK
    saya ga ngerti yang ini..

    *The copy scores 0 in the Flesch Reading Ease test, which is considered very difficult to read. Try to make shorter sentences, using less difficult words to improve readability.

    *The slug for this page is a bit long, consider shortening it.

    *The page title contains keyword / phrase, but it does not appear at the beginning; try and move it to the beginning.

    pengen jadi hijau tp ga ngerti. pencerahanya dong mas. trimakasih

    Balas
    • Maaf baru bisa balas. Untuk point pertama adalah tentang skor artikel kita berdasarkan kemudahan pembaca dalam mencerna kalimat kita, skor ini hanya akan sesuai kalau kita menulis artikel dalam bahasa Inggris.

      Lalu slug adalah alamat (URL) dari posting yang sedang kita buat. Usahakan agar URL yang akan menjadi alamat posting kita sesingkat mungkin, sesuai keyword target.
      Dan yang terakhir adalah tentang title dari posting, usahakan keyword utama berada di awal title dari halaman tersebut.

      Balas
  21. Sebenarnya masih sedikit bingung buat make plugin ini, maklum masih awam di wordpress.. tapi lagi nyobain dikit2 dan dibantu panduan dari artikel ini
    makasih kang..

    Balas
  22. Terima kasih mas Tiyo, kebetulan lagi mencari referensi plugin yang akan digunakan di web nantinya, yoast sepertinya bakal terpilih….saya juga sudah baca baca komentar juga,,,salut sama admin, yang setia balas komeng πŸ˜€

    Balas
  23. Kunjungan pertama saya di webnya Mas Tiyo ternyata memberi pengetahuan yang banyak sekali. Saya pakai Yoast juga nih mas, tapi kenapa tidak ada pengaturan meta keywords nya ya mas? seperti di AIO SEO dan Platinum SEO itu ada pengaturan meta keywords untuk menambah kualitas SEO di google. Apakah meta keyword sudah tidak penting lagi untuk optimalisasi SEO mas? Mohon pencerahannya mas?

    Oh iya, sekalian jika berkenan kunjungan balik ke web saya dan saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun buat saya.

    Makasih Mas Tiyo.

    Balas
    • Menurut beberapa website seputar SEO di luar sana seperti SearchEngineLand, Search Engine Journal dan Moz memang keyword sudah jarang di jadikan parameter basgi Google dalam menentukan rangking sebuah halaman mas. Bahkan sejak beberapa tahun yang lalu.

      Balas
  24. Waah akhirnya ketemu juga yang singkat padat dan jelas. Saya baru coba pake Seo Yoast, selama ini pake All in one. Terima kasih mas atas tulisannya. ternyata Yoast seo lebih Laser tertarget ya!

    Balas
  25. Tulisannya masya Allaah, tapi saya masih bingung, mau mulai dari mana, krn kemarin2 minta tolong temen, tp hasilnya masih monoton. Ane Pemula banget, mau coba otak-atik sendiri. Harus dari mana ya bang, otak atiknya? Thanks banget

    Balas
  26. Yoast saat ini telah update dan terdapat perubahan cukup signifikan. Saya tidak dapat menemukan lagi kolom deskripsi sama titlenya. Ada apΓ  nih ya? Mohon penjelasΓ n trims

    Balas
  27. Saya masih pake blogger saat ini mas, jadi tertarik pindah ke WP setelah membaca penjelasan mas Tiyo tentang plugin SEO Yoast ini. Jujur aja, SEOnya serasa mentok gak naik-naik blog saya saat ini πŸ™

    Balas
  28. Di dasboard, sy setting beberapa keyword utama dan discription yang isinya juga terkait dengan keyword utama tersebut.
    Nah, apakah setiap posting artikel juga menyebutkan keyword 2 tersebut, sedang tidak semua artikel bisa dipaksa mencantumkan keyword utama saya ? Mohon bantuannya, terimakasih

    Balas
    • Satu fokus keyword seyogyanya hanya dipakai sekali. Jadi kalau mau membuat artikel lainnya mungkin menggunakan kata kunci yang berkaitan/mendukung posting yang fokus dengan kata kunci utama saja.

      Semoga membantu.

      Balas
  29. untuk plugin yoast versi terbaru, di setting meta description di pluginnya itu gmana ya mas, apa bagian %%title%% %%page%% %%sep%% %%sitename%% bisa di rubah\”, trus apa tidak jadi metanya sama antar page, trimakasih

    Balas
  30. ternyata mudah juga ya penerapan plugin seo yoast, btw untuk keyword yang dibidik biasanya ada di dalam judul.
    saat kita masukin plugin yoast judul yang sama sesuai dengan judul artikel, terkadang kualitas seonya berbeda-beda (kadang kode lampu hijau atau kuning). mungkin dari sisi artikel yang kurang maksimal menerapkan kata kunci, atau ada hal lain yang menyebabkan terjadi seperti itu ya?

    Balas
    • Yang pertama kita masukkan adalah fokus keyword, baru yang lain nanti menyesuaikan. Kalau baru judul sudah warna – warni biasanya berkatian dengan panjang judul yang kurang banyak, kebanyakan ata kata kunci yang tidak berada di awal judul.

      Balas
  31. Mengapa ketika saya edit meta description untuk memperbaiki Content Analysis dan saya save/update, namun ketika saya coba googling editan tersebut tidak muncul alias meta description tetap seperti awal tidak ada perubahan (padahal sudah saya edit)?
    Terima kasih.

    Balas
  32. Pak tiyo, kalau untuk situs berita apakah perlu menuliskan kata kuncinya jg. Apakah pak tiyo punya saran untuk mengoptimalkan blog wp nice berita. Saat ini sy sedg kbngunan menrapkan kata kuncinya untuk menulis knten di situs yg sedg sy coba daftarkan di google news. Mohon sarannya

    Balas
    • Optimasi untuk on page SEO seperti yang saya sampaikan di posting ini saya sarankan untuk diaplikasikan untuk situs apa saja. Kalau untuk situs berita, sepertinya selain optimasi ini juga nantinya perlu diperhatikan tentang intensitas postingnya juga terutama yah, saya malah belum punya pengalaman mengelola situr gnews

      Balas
  33. kadang saya masih bingung menggunakan yoast,, sbb kalo kata kunci yang digunakan terlalu panjang menjadikan membingungkan untuk penulisnya. contoh saya menggunakan fokus 1-3 kata kunci sedangkan setau saya yoas tidak bisa menggunakan lebih dari 2 kata kunci,..

    Balas
  34. Maaf Pak Tiyo, saya ingin bertanya, biasa nya kalau kita menggunakan lagi keyword yang sudah pernah kita gunakan di yoast, akan muncul peringantan kalau kita sudah pernah memakai keyword tersebut. Apakah itu ada pengaruh nya ke kualitas konten yang kita buat? karena biasa nya kita membuat kontent berdasarkan keyword yang kita targetkan untuk rank di google.

    Terima kasih Pak Tiyo,
    Mohon di berikan pencerahan nya.

    Balas
    • Komentar sebelumnya saya hapus dan komentar ini saya buang link ke websitenya. Karena saya tak ingin ada link ke website obat kuat atau juga perjudian seperti punya bapak. Daripada menggunakan kata kunci yang sama pada posting baru, lebih baik memperbaharui posting lama dengan konten dan tanggal baru.

      Terima kasih.

      Balas
  35. mas tiyo, saya mau tanya apa saja plugin yang bagus untuk blog kita untuk seo terus kadang saya dilema tentang halamn depan blog.. mana yang bagus mas yang pos-pos terbaru atau halaman statis, soalnya saya pernah menggunakan keduanya, terus berantakan…. mohon infonya mas… baru belajar blog…

    izin copy dan simpan mas buat belajar,,…

    makasih..

    Balas
    • Saya pernah membuat artikel plugin SEO Terbaik sebelumnya, dan kemarin saya melihat artikel dari Niel Patel ini sepertinya juga perlu buat referensi.

      Untuk tampilan homepage, saya sendiri kebanyakan juga menggunakan tampilan artikel terbaru saja. Namun karena saya ingin pembaca website ini pertama kali membuka blog ini bisa belajar WordPress semudah mungkin; 1). dengan menggunakan urutan artikel dari pengenalan apa itu WordPress sampai seterusnya atau 2). membaca artikel – artikel paling populer di website ini. Saya jadikan design blog ini seperti yang bisa mas lihat saat melihat halaman depan WPKamt.com

      Balas
  36. Mengutip

    \”Sedang untuk Flesch Reading Ease tidak perlu saya perhatikan, karena memang bahasa Indonesia tidak bisa diukur dengan metode itu.\”

    Thanks sharingnnya gan..

    Salam wedang jahe dari Tangerang

    Balas
  37. Mas, nanya, Sy pakek web untuk portal berita. Selama ini pakei SEO All in One ( pertimbangan sy bisa otomatis judul dan diskripsinya nya bisa masuk sendiri. Tapi website sy kok lama gak naik naik traffiknya. Kalau plugin nya sy ganti dengan Yoas SEO pengaruh di traffick website apa gak ya ?

    Balas
    • Ya tidak bisa langsung sih, tergantung dari optimasi onpage seperti titel dan description juga dari optimasi off page. Jangan lupa juga kalau mau pindah plugin ke Yoast, Install dulu SEO Data Transporter lalu pindahkan ke setingannya dari AIO SEO Pack ke Yoast, baru non-aktifkan dan buang All In One-nya.

      Balas
    • Sebenarnya tidak ada batasan jumlah katanya, cuma nanti kalau terlalu panjang (di atas 4) saat menulis frasa itu berulang-ulang artikelnya akan terasa tidak natural saat dibaca. Terkesan aneh, kecuali kata-katanya pas buat disambung dalam kalimatnya. Kalau jumlah frasanya hanya satu frasa dalam satu artikel.

      Balas
  38. Jalan-jalan nyari tentang penulisan meta deskripsi di yoast nemu ini..Trims ya..artikelnya gak mbulet dan sangat jelas.. 😊 selain ngasi link dari web lain..apakah penting ngasi link dari web kita sendiri dalam artikel yg kita buat?
    Saya baru penuhi semua step2 di yoast di artikel tentang Moana (barangkali masnya sempat mampir nanti). Dan memang dapet skor Good Seo nya. Cuma ada keterangan gak ada link gitu di artikel.. 😊

    Balas
    • Kalau saya ada kesempatan sih, asal ada bagian artikel yang sedang ditulis menyinggung artikel lainnya saya akan memberikan link juga ke artikel sebelumnya. Karena bisa nanti membuat pengunjung untuk membuka artikel tersebut juga, jadi mengurangi bounce rate nanti.

      Khusus untuk Yoast ini yang dicari adalah link ke website lain.

      Balas
  39. Artikel yang mencerahkan, sepertinya saya juga perlu merevisi kata kunci yang digunakan, ada banyak yang kata kuncinya kurang tepat dan terlalu luas. Salam sukses gan

    Balas
  40. Apakah Toast dapat bikin web kita jadi lemot..? atau karena faktor lain, mohon pencerahan dg web saya, jika saya deactivate web lumayan lebih lancar apakah demikian..? Tks atas pencerahannya

    Balas
  41. Salam kenal Mas Tiyo,
    Saya pake Yoast juga, sebelum update wordpress dan versi Yoast, di setiap mau post ada setting untuk lampu nilai nya (merah, kuning, hijau), fokus kw dan meta nya, jadi memudahkan kita sebagai indikator. Nah, setelah update belum ketemu di bagian mana settingnya itu ya?
    terima kasih Mas

    Balas
  42. Mas saya baru saja ganti domain ns, sekalian ganti theme. Cm web developernya sptnya kurang pro. Butuh 2 minggu propagasinya ke ns yg baru. Dalam 2 minggu itu, web sy ga bisa kebuka. Banyak kata kunci saya di no 1 page 1, sudah tidak muncul lagi di hal 1.

    Sekarang sudah masuk ke ns baru. Yang jadi pertanyaan saya :

    1. saya sdh backup file data2 dr theme yang lama. Bisa ga file back up saya yang msh berupa file winrar ini ke theme yang baru ? Tapi meta seo di theme yang lama tetap ikut.

    2, Software apa yang dapat transfer semua data2 di theme yg lama ke theme yang baru ? tapi meta seo ikut juga.

    Terima kasih,

    Balas
    • Kalau ganti Name Server bisa dilakukan dalam hitungan menit sebenarnya, propagasi biasanya dalam 1×24 jam sudah bisa, aneh sekali ya? Bukannya menjelekkan, saya melihat bahkan website yang sekarang terkesan belum jadi begitu ya πŸ™

      Langsung ke pertanyaannya ya;
      1). Data semua tentang post (halaman produk) biasanya tersimpan di database, dan ganti themes apa saja tidal perlu restore datanya, kecuali jika memang install ulang wordpress.
      2). Meta SEO biasanya juga disimpan pada database dan merupakan ranah dari sebuah plugin, jadi walau ganti themes berulang kali, meta SEO tetap sama jika plugin SEO (saya lihat bapak pakai Yoast) yang dipakai tetap aktif. Nah, kalau misalnya ganti plugin, ada sebuah plugin yang disebut SEO Data Transporter untuk memindahkan meta seo antar plugin.

      Balas
  43. Mohon bantuannya,

    category_sitemap.xml yg di generate plugin yoast seo di web saya di anggap tidak valid dan di anggap html oleh google console. bagaimana cara memperbaiki nya?

    terima kasih.

    Balas
    • Kalau saya sih biasanya submit ke search console dari yang setemap_index.xml saja, mungkin mas salah memasukkan url menuju file itu, jadi Google menemukan halaman error 404 (yang pastinya html).

      Balas
  44. maaf mas saya mautanya, lebih bagus mana antara SEO by yoast atau all in one SEO pack?? lebih fleksibel yang mana untuk digunakan, untuk newbie seperti saya, masih cari

    Balas
    • Sama saja menurut saya, tapi saya lebih suka dan sering memakai YOAST. Karena Yoast memiliki fitur untuk menilai kualitas tulisan dan sitemaps yang terintegrasi, jadi lebih hemat plugin.

      Balas
  45. bro bisa nany, itu pengaruhnya kemana ya klo SEO dan Readability Hijau atau pun merah?
    apakah klo SEO dan Readability Hijau Akan Lebih cpt ditemukan klo di searching di google?

    Balas
    • Ya pastinya lebih menunjukkan kalau artikel kita berisi tentang topik (keyword) yang kita tentukan. Sedang kalau readibility akan menjadikan pembaca betah, dan lamanya waktu yang digunakan user dalam menjelajahi website kita juga sebuah indikator buat Google kalau website kita layak berada di urutan atas pencarian.

      Balas
  46. Halo mas

    Saya menggantikan plugin all in One SEO Pack menjadi YOAST SEO, apakah ini berpengaruh dengan ranking website saya yg tiba2 hilang dari halaman 1 bahkan 2. Yg dulu di halaman 1 kini ada bahkan di halaman 4.
    Ketika saya cek sitemap.xml…malah tdk muncul (error),,,this page is contained the following errors….
    terima kasih

    Balas
  47. wah ini artikel sangat membantu sekali mas, saya selama ini kurang g tepat dalam menggunakan yoast seo. tips di atas bener bener penting… makasih mas. nih artikel masuk page pertama juga.apakah mas melakukan cara lain selain cara di atas agar artikel ini ada di page one?

    Balas
  48. Terima kasih mas tiyo atas pencerahan artikelnya, mohon ijin untuk menjadikan bahan referensi untuk bahasan di blog saya selanjutnya. Kebetulan saya juga sedang belajar untuk membuat blog yang konsen ke arah wordpress, rasa-rasanya masih sangat jarang yang mengkupas tuntas habis mengenai wordpress.

    Balas
  49. Mas, saya kan pemula belum begitu ngerti. Saya tadi nyoba instal yoast seo, tapi harus pindah ke paket bisnis yang berbayar. Itu gimana ya?
    Terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS