Cara Mengubah Tampilan Dashboard WordPress dari Opsi Layar

Kali ini saya akan menuliskan artikel yang sangat basic dan cocok bagi kamu yang benar – benar pengguna WordPress pemula. Yaitu tentang cara mengubah tampilan dashboard WordPress kamu agar lebih sesuai dan efektif menurut kebiasaan kamu.

Dalam tampilan di dashboard, pilihan ini tersedia dalam tombol di bagian kanan atas yang tertulis “Opsi Layar” atau “Screen Option” bagi kamu yang WordPressnya terinstall dalam bahasa Inggris.

Cara Mengubah Tampilan Dashboard WordPress

Mungkin ada yang belum tahu, kalau ada sangat banyak kemungkinan cara kita menampilkan panel – panel atau widget yang ada dalam dashboard kita. Selain bagaimana semua panel itu tertampil di sana pada mulanya, kita juga bisa mengubahnya, baik dengan mengecilkan tampilannya, menggeser posisinya atau juga menyembunyikan sebuah panel.

Panel yang kita lihat juga bisa berbeda – beda, karena sebuah plugin atau themes yang kita pakai juga bisa memiliki kemampuan untuk menambahkan widget/panel mereka sendiri.

Dalam setiap aktivitas kita dalam dashboard, panel yang bisa kita munculkan juga bisa berbeda – beda, plugin biasanya menambahkan panel mereka sendiri pada halaman tertentu dari dashboard kita sesuai dengan tujuan plugin itu dibuat atau cara termudah kita dalam menggunakannya. Halaman – halaman seperti edit artikel, seringkali ditambah berbagai panel yang tidak ada dari default WordPress, plugin dan themes sering menambahkan fitur tambahan di sini.

Kalau kamu masih tidak ada gambaran, baiknya lihat dahulu video tutorial pendek dari saya ini. Baru deh nantinya praktek dan bereksplorasi sendiri 🙂

Bagaiamana, sudah paham? Saya harap demikian, tapi kalau masih belum silahkan tanyakan dalam kolom komentar.

Bagaimana dengan video tutorial ini?

Terlepas dari tutorialnya, jika anda berkenan silahkan berikan masukkannya tentang video ini. Biasanya saya membuat video tutorial yang agak panjang dengan topik yang lebih berat. Namun saya sedang memulai usaha untuk membuat tutorial yang lebih singkat dan actionable bagi pembaca blog saya. Kalau kamu suka, tolong berikan komentar, atau bagikan video saya juga ya 🙂

10 pemikiran pada “Cara Mengubah Tampilan Dashboard WordPress dari Opsi Layar”

    • Untuk mengedit artikel lama tinggal masuk menu; post ~ semua post (blogkamu.com/wp-admin/edit.php). Trus untuk menulis artikel baru tinggal klik new/baru ~ post (blogkamu.com/wp-admin/post-new.php)

      Balas
  1. Tutorialnya sangat membantu. Tapi kenapa dashboard di wordpress baru saya tidak muncul? Saya membuat wordpress nya sudah sekitar 1 minggu yang lalu. Mohon bantuannya. Terimakasih

    Balas
  2. mas, sy kok kesulitan mengedit laman yg berisi tabel nama siswa. Sy mau memperbarui dgn data yang baru. Contoh: kalau tidak salah hanya tertulis: [table id/=5] selain itu untuk masuk ke admin wordpress nya berat minta ampun. Mungkin mas tiyo bs memberi solusi, terima kasih banyak..

    Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS