Download WordPress Themes Gratis dan Terpercaya di WordPress-dot-Org

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Dalam posting saya yang sebelumnya tentang cara membuat WordPress menarik dengan themes gratis, saya menyebutkan kalau kita bisa memilih themes gratis dari berbagai tempat. Salah satunya adalah dari WordPress.org. Kenapa? Karena themes disana sudah pasti memenuhi standar WordPress dan aman, bebas dari kode – kode yang kemungkinan membahayakan blog kamu.

Dan kali ini saya menulis tentang download WordPress themes gratis lagi karena saya tahu ada teman saya yang menggunakan themes gratis yang saya tidak tahu dari mana asalnya dan menggunakan cara coding yang relatif tertinggal.

Bahkan saya pernah tahu teman lainnya yang tanya tentang template yang dia pakai, begitu saya minta codenya saya terkaget, nama penulis artikelnya ernyata ditulis manual di themes (hardcoded πŸ™ )

Makannya saya menekankan beberapa alasan lagi kenapa kamu kalau mencari themes gratis kudu download WordPress themes gratis di WordPress.Org.

Download WordPress themes gratis

Dewaweb

3 Alasan Download WordPress Themes Gratis di WordPress.org

OK deh, saya menemukan beberapa alasan yang paling tepat sebagai alasan buat kamu download WordPress themes gratis di WordPress.org

1. Source Code Aman

Apapun themes dan plugins yang akan kamu install, pastikan keamanannya dengan mendownload dari WordPress.org. Karena di sana, sebuah themes yang akan dipublish kepada pengguna awam sudah diperiksa satu pr satu oleh sebuah tim khusus.

Untuk menuliskan script CSS saja ada aturannya di sana, tidak boleh sembarangan, padahal secara praktis menulis sebuah script sesedikit mungkin barisnya, tapi demi memudahkan pengguna lain dalam memahami sebuah themes, hal itu dilarang di WordPress.org

2. Download themes paling up to date

Themes yang dihadirkan di sana, terutama pada section newest themes adalah themes yang terbaru yang disetujui oleh tim penilainya. Themes – themes gratis terbaru seperti ini disamping memiliki design yang modern juga mengadopsi fitur terbaru WordPress.

Themes dari teman saya tadi misalnya, dibuat bertahun – tahun lalu dan tidak memiliki fitur custom background yang dikenalkan sejak WordPress 3.0. Padahal untuk menambahkan fitur ini tinggal menambahkan satu baris code saja.

Apalah gunanya memiliki themes, tapi ternyata tidak bisa memaksimalkan WordPress yang kita pakai sebagai mesin utama blog kita.

3. Bisa tahu penyedia themes yang terpercaya

Salah satu pertanda sebuah developer themes itu kualitas themesnya bagus atau tidak bisa dilihat dari keberadaan themes mereka di WordPress.org. Semakin kamu tahu themes – themes WordPress terbaik yang ada di repository WordPress.org, kamu nanti akan tahu siapa yang membuatnya.

WordPress.org juga dijadikan sarana promosi bagi sebagian developer themes premium,. Themes yang saat ini saya pakai misalnya, merupakan versi ‘lite‘ dari themes premium yang dibuat oleh SlocumThemes. Versi lite ini sudah lebih dari cukup bahkan untuk memenuhi kebutuhan blog ini menyajikan konten bagi pembacanya seperti kamu.

Bagaimana dengan Themes Premium?

Themes Premium yang tentu saja berada diluar WordPress.org juga bisa jadi pilihan, karena kebanyakan themes yang di WordPress.org memberikan fitur yang ‘seadanya’, tidak neko – neko. Jadi kita juga tidak bisa langsung menutup mata terhadap mereka.

Lebih mengenal developer dari WordPress.org adalah cara yang paling aman.Themes free yang sudah besar antara lain Hybrid Framework, Thematic, Underscores dan Carringtone.

Dan untuk developer themes premium yang terpercaya, sebanyak pengalaman saya menggunakan WordPress ada beberapa nama besar seperti StudioPress, Themify,Β Thesis, Headaway dan WooThemes.

Developer lokal seperti ColorlabsProject dan Tokokoo juga memiliki produk yang keren.

Hati – hati dengan penyedia download WordPress themes gratis, premium themes terutama

Inti posting ini adalah untuk tetap berhati – hati, apalagi kalau ada yang memberi link download WordPress themes gratis untuk themes premium. Karena sebuah themes gratis saja susahnya minta ampun buat bisa lolos di WordPress.org.

Bisa saja ada perubahan pada code yang mereka lakukan, sehingga website kamu nanti terserang hacker.

Karena themes WordPress dibuat dalam bahasa pemrograman PHP, antivirus tidak bisa menemukan virus dalam code PHP. Karena memang PHP tidak bisa dijalankan begitu saja di Windows, Linux atau Mac OS.

Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan dikomentari atau dibagikan di social media πŸ™‚

Yuk Bagikan:

40 pemikiran pada “Download WordPress Themes Gratis dan Terpercaya di WordPress-dot-Org”

  1. WordPress dalam beberapa hal memang kelihatannya lebih unggul dari Blogspot, tapi dari sisi security bagaimanapun Blogspot tetap lebih terjamin ketimbang Wp ya mas

    Balas
    • Enaknya blogspot ya itu, tapi kalau kita sudah meniatkan bisnis online, saya sangat tidak merekomendasikan menggunakan Blogspot. Bukan bisnis namanya kalau aset yang kita punya tidak bisa kita kontrol sepenuhnya πŸ˜€

      Balas
  2. Ini yang sering dilupakan oleh blogger yang memakai CMS wordpress. Langsung install asal kelihatan bagus. Padahal tidak semua theme terjamin keamanan dan kebersihan codingnya. Saya pikir untuk gratisan wordpress.org masih yang terbaik. Studiopress dengan Genesisnya menjadi theme premium favorit saya. Good post!

    Balas
  3. Asal instal theme itu sudah jadi kebiasaan saya mas, apa lagi kalau lihat theme yang free premium. Walah gak sabar pengen nyoba.. namun setelah baca artikel ini kok jadi ngeri hehehe tapi allhamdulilah sekarang sudah mantep pakai hasil download dari wp.org. Mudah mudahan aman

    Balas
    • Kalau mau belajar bisa mencoba menggunakan theme dari underscores.me, buat referensi belajar banyak kok web luar yang bisa dijadikan patokan. Codex.WordPress.org adalah rekomendasi saya. Semua themes yang ada di repositori wp, atau yang ada di github yang open source biasanya juga terbilang \’aman\’.

      Balas
  4. saya mau buat wp news, ada tutorialnya ga mas? terus template apa yang dibutuhkan biar bisa di terima di google news. kalau ada rekomendasi, walau template premium balas pesan saya mas.

    saya baru beli paket hosting di dewaweb, mau langsung fokus ke wp news

    terima kasih

    Balas
  5. toko online saya menggunakan tema virtue digabung dengan woocommerce penilaian saya untuk tema ini nilai 8/10 . Tampilan keren, pengaturan cukup lengkap. Namun ada
    beberapa kesulitan bagi saya yang masih awam dgn wordpress ini seperti
    berubahnya file2 orisinil dari wordpress dan beberapa plugin ga jalan di tema ini..yang mau lihat contoh toko online saya (sekalian belanja..tentunya πŸ™‚ )

    Balas
    • Perubahan file – file orisinil WordPress? Setahu saya tidak ada file yang berubah kecuali wp-config.php karena semua setting dan perubahan apapun dari WordPress akan disimpan di database. Kalau ada perubahan, pastinya penambahan mulai dari gambar – gambar yang kita upload dan juga themes/plugin tambahan. Untuk plugin yang tidak kompatible dengan themes, ada baiknya tanya ke developer masing – masing, saya ga ada waktu buat lihat satu – satu, kalau pun ada mungkin saya juga tidak bisa memberi solusi pasti.

      Untuk designnya, secara personal agak kurang suka dengan warna bagian header dan gambar wanita yang terlalu besar memakan layar, plus kategory yang agak terberai antara komputer, makanan, produk wanita bahkan gems. And the last, saya cek untuk SSD Trancend S370, harganya lebih mahal dengan Bhinneka, apa dong USP dari olshopnya mas ini? Sorry kalau sarannya terasa kasar, hanya berusaha jujur.

      Balas
      • thank you untuk sarannya mas…memang untuk tampilan belum diperhatikan secara keseluruhan karena sedang dalam tahap input produk dulu. Untuk harga SSD iya, saya salah input harusnya 875.000 bukan 975.000.

        Untuk yang berubah saya kok ga nemu file function.php ya di tema virtue, kalo sebelumnya kan saya pake tema twenty twelve kalo ada tutorial yang harus rubah function.php langsung ketemu, di vortue ini saya cari di tempat awalnya ga ada (maklum saya masih awam banget dengan wordpress)

        Balas
        • Ada di file lain, karena setiap developer memiliki cara yang berbeda dalam mengorganisir source code, dan itu sah – sah saja dalam WordPress, saya lihat functionnya dia memanggil file – file lainnya yang berisi function ini, salah satunya seperti yang mas cari adalah ini;

          require_once locate_template(\'/lib/custom.php\'); // Custom functions

          Balas
    • Memang bagus sih Genesis, sesuai standard WordPress, namun belakangan saya bergeser ke Themify karena selain lebih murah, menu buat customisasi juga lebih lengkap dan menghasilkan konversi AdSense yang lebih baik di blog saya πŸ™‚

      Balas
  6. Tanya gan.. kenapa pas instal / upload your theme dari wordpress.org itu mesti gagal? ada warning harus upload versi yg lebih tinggi dri versi yg ane punya. trus incrase the version in style.css , bgtu.
    Padahal ane download jg mesti dari wp.org loh, kok gagal terus ya..? bingung cara utak utik themes nya.. lebih mudah pake blogger..
    tapi blogger gak ada versi mobile, jadi klo butuh nulis dari hp kurang nyaman..

    Balas
    • Kalau sumbernya dari WordPress.org mending melalui menu install biasa saja, karena tinggal search nama themes, ketemu langsung install (website kita download themes dari WordPress.org langsung). Tapi dari pengalaman saya, walau themes yang diupload themes yang kita download beberapa bulan sebelumnya juga tidak akan ada masalah.

      Mungkin di folder themes sudah ada themes yang dimaksud, atau 2 themes dengan nama sama (atau memang sama) dengan versi yang berbeda dimana yang diupload terakhir versinya justru lebih rendah.

      Balas
  7. saya juga dulu asal download theme gratis, dan asal upload saja. dan pada akhirnya website fast boat saya disisipi banyak virus dan artikel tidak bermutu pokoknya ancor dah,, dan akhirnya sekarang saya harus membuat ulang. itu sangat menjengkelkan. semua plugin saya juga ikut hilang, itu karna diuninstal oleh penyedia hosting karena kebanyakan virus. sekarang saya cuma pake template yang tersedia saja.

    Balas
  8. Mas kebetulan sy sedang berencana membuat website menggunakan wordpress untuk menjual produk hasil industri. mohon saran mas themes yang recommended, clean, fast, look like profesional dan yg pasti SEO nya oke untuk tiap artikel produk saya agar dapat bersaing di mesin pencari. ditunggu sarannya mas. terimakasih

    Balas
    • Pengaruh secara teknis sebenarnya tidak ada sama sekali. Cuma biasanya sang pembuat themes biasanya mengharap link ke website mereka di footer itu sebagai sebuah \’imbalan\’ kepada mereka setelah memberikan themes mereka secara gratis. Mungkin dari segi etika saja kita jadi kurang menghargai sang developer jika kita ganti πŸ™‚

      Balas
  9. Kalau saya boleh tahu, blog ini pakai themes apa mas?? Saya suka dengan tampilan themes ini… kalau mas berkenan, boleh dong kasih tau… hehehehe

    Balas
    • Maksudnya website bimbingan belajar ini bagaimana ya? Kalau yang dibutuhkan itu fungsi khusus yang bisa menunjang kegiatan bimbingan belajar, itu normalnya didapatkan dengan plugin tertentu, bukan dengan themes.

      Balas

Tinggalkan komentar