Mengenal GIMP dan Tata Letak Tools

Mengenal GIMP dan Tata Letak Tools

GIMP adalah sebuah program editor gambar yang sangat powerful, kayak akan fitur dan amat sangat memadai untuk mencuku[i setiap kebutuhan Anda.

Kalau di Windows Adobe Photoshop adalah software editing foto format bitmap ‘standar industri’, maka di komunitas Linux tiada lain dan tiada bukan GIMP adalah penggantinya.

Mengenal GIMP (Pengganti Photoshop Open Source)
Tampilan software GIMP

GIMP mengadopsi prinsip desain sebagaimana Photoshop, yaitu dengan adanya layers (kanan bawah) dalam membuat sebuah desain. Anggap saja layer adalah tumpukan kertas, yang di atas menutupi yang di bawah. Tampilan utama bidang kerja GIMP merupakan sudut pandang seolah mata melihat dari atas tumpukan layers tersebut secara tegak.

GIMP juga memiliki konsep mengatur ukuran bidang kerja terlebih dahulu, bisa dengan ukuran pixels, point, cm, milimeter dsb, sebelum mengubah/membuat elemen apapun dalam bidang kerja.

3 Bagian Utama User Interface GIMP

Secara tampilan GIMP memiliki 3 bagian dalam user interfacenya. Bagian pertama yang berada di kolom kiri adalah tools dan tool options, area kerja utama, dan di sebelah kanan ada 2 docking dialog.

Tools & Tool Options

Bagian kiri atas yang memiliki berbagai macam icon adalah Tools, setiap icon mewakili satu perintah tersendiri dalam kita bekerja. dalam penempatannya, tak jarang satu posisi ditempati beberapa icon yang memiliki keterkaitan atau bersifat alternatif. Untuk berganti antar icon gunakan scroll mouse saat pointer berada di atasnya.

Di bawahnya adalah Tool Options, berisikan setiap opsi/parameter daripada perintah yang kita pilih, makanya disebut Tool Options. Tampilan dari bagian ini berubah-ubah sesuai dengan perintah yang aktif/icon yang kita klik.

Area Kerja Utama

Di bagian tengah yang paling lebar adalah medan pertempuran kita, setiap semua aktivitas mendesain kita akan dapat dilihat dari area ini.

Docking Dialog

Sebelah kanan berseberangan dengan tools dan tool options ada dua kotak yang lebarnya hampir sama, posisinya juga sama, atas dan bawah. Kedua kolom tersebut adalah area docking, tempat parkir, dari setiap dialogs yang tersedia di GIMP.

Di kolom bawah ada 3 buah dialog default, layers, channel dan juga path. Sedangkan untuk bagian atasnya ada beberapa dialogs tambahan, Fonts adalah yang sedang tampil dalam gambar di atas.

Dialog bisa ditempatkan di atas dan dibawah, bebas bisa ditukar-tukar posisinya sesuai kebiasaan kita. Dialogs juga bisa disembunyikan dan dimunculkan lagi jika diperlukan.

Bagaimana Mendesain dengan GIMP?

Baik, itu adalah pertanyaan yang akan menjadi inti dari beberapa konten susulan daripada artikel ini. Sebagai perkenalan rasanya tulisan singkat ini sudah cukup sampai sini dulu agar tidak terlalu berat dalam memahami.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga saya diberi kemudahan untuk menulis lebih banyak konten di sini.

Salam sehat, salam semangat, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

About the author

Tiyo sudah menulis di berbagai blog sejak 2007, TUTSbyT adalah tempat berbagi pengalaman menjadi insan kreatif dengan software open source.
Pengguna Linux sejak akhir 2019 ini ingin menunjukkan kepada Anda bahwa berkreasi tidak harus dengan menggunakan OS dan software bajakan yang sebenarnya tidak dapat dijangkau.

Dunia open source kaya akan pilihan software yang lebih dari mumpuni.

Leave a Comment

%d bloggers like this: