Cara Impor Blogger ke WordPress dengan Blogger Importer

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Impor blogger ke WordPress lebih mudah dari posting sebelumnya tentang cara impor dari blog WordPress.com ke blog WordPress self-hosted dengan plugin WordPress importer. Caranya hampir mirip, namun yang kita gunakan nantinya adalah Blogger Importer.

Dengan mengunakan Blogger Importer kita bisa memindah isi blog blogger.com/blogspot ke WordPress self-hosted mulai dari semua kategori, posting (baik draft, terpublikasi dan terjadwal) dan komentar selain spam. Untuk halaman dan gambar tidak bisa diimpor walau gambar yang ada di blogspot nantinya akan tetap muncul di blog WordPress kita juga. Hasil dalam panduan ini bisa dilihat di salah satu network site blog ini; wpkamt.com/blogger

Impor Blogger ke WordPress Step by Step

Baiklah, langsung saja kita mulai panduan impor blogger ke WordPress kali ini.

1. Buka Importer

Masih sama dengan dalam posting sebelumnya, blogger importer juga ada dalam menu tools/perkakas. Klik impor lalu pilih blogger.

Impor Blogger ke WordPress

2. Install Blogger Importer

Jika belum terinstall sebelumnya, maka kita akan melewati step ini setelah kita klik tomboll blogger pada langkah sebelumnya. Langsung saja klik tombol install sekarang.

Install Blogger Importer

3. Aktifkan Blogger Importer

Blog ini terinstall dengan fitur Multisite, mungkin agak berbeda dengan tampilan di tempat anda, namun yang jelas setelah kita install Blogger Importer seperti di atas, maka kita harus mengaktifkannya seperti dalam gambar berikut;

Aktifkan Blogger Importer

4. Authorize akun Blogger/Blogspot

Setelah terinstall dan aktif, saat kita klik menu blogger seperti pada langkah pertama maka kita diminta untuk meminta ijin ke blogger yang disebut dengan Authorize.

Athorize Blogger Account

Buka blogger terlebih dahulu lalu login untuk memastikan kemudahan pada langkah selanjutnya.

5. Berikan Akses ke Blogger Importer

Selanjutnya Google akan meminta anda untuk memberikan ijin plugin Blogger Importer mengakses informasi account blogger anda, klik grant access.

Grant Access ke Blogger

6. Mulai Impor Blogger ke WordPress

Daftar blog anda di blogger (kalau punya lebih dari satu) akan dimunculkan dalam halaman selanjutnya, klik ‘tombol ajaib’ impor yang akan mulai menjalankan proses impor blogger ke WordPress seperti berikut;

Mulai Impor Blogger ke WordPress

7. Author Mapping Blogger ke WordPress

Impor yang sudah selesai ditunjukkan dengan bar biru dengan jumlah post dan komentar yang telah diimpor seperti berikut, klik set author untuk ‘melimpahkan’ kepemilikan artikel.

Impor Blogger ke WordPress

Yang akan membawa kita dalam halaman yang menampilkan daftar user dari blogger.com dan username blog WordPress. Klik save, maka semua isi blog lama di blogger telah berpindah ke blog  baru dengan tenaga WordPress.

Blogger ke WordPress Author Mapping

Impor Blogger ke WordPress; Kesimpulan

Untuk mengimpor isi blogger ke WordPress justru lebih mudah daripada dari WordPress.com sendiri karena tidak perlu kita mengekspor konten terlebih dahulu.

Kenapa harus pindah dari dan impor blogger ke WordPress? Karena dengan menggunakan WordPress anda betul – betul berkuasa atas blog anda, berbeda dengan menggunakan blogger yang masih nitip Google servernya, sehingga bisa saja kalau sewaktu – waktu Google menutup layanan ini anda terpaksa pindahan.

Selain itu WordPress juga menawarkan lebih banyak fitur, kemudahan kustomisasi dengan themes dan plugins, source code yang lebih bersih dan WordPress hampir digunakan 20%  (65 juta) website di dunia seperti New York Times, Wall Street Journal,Techcrunch dan Solopos.

Yuk Bagikan:

13 pemikiran pada “Cara Impor Blogger ke WordPress dengan Blogger Importer”

  1. bos kalo mindahin tulisan dari wordpress self hosted ke wordpress dot com kok not responding yah ga bisa uplod filenya??

    Balas
    • Normalnya koneksinya khan dari server – ke server. Kita tidak perlu upload manual. Kalau server tempat hosting kita masih ON dan websitenya aktif tanpa adanya kelebihan beban (terlalu banyak yang membuka) harusnya bisa.

      Balas
  2. Met malem gan..
    Makasih infonya gan, kebetulan saya mau boyongan dari blogspot ke wordpress, setelah muter muter di google cari tau gimana cara pindah dari blogspot ke wordpress, akhirnya nemuin situs agan.

    Penjelasanya sangat detail hingga saya paham, yang jadi pertanya an saya, kalau udah berhasil pindah ke wordpress nantinya baklink kita hilang apa tidak gan?

    Sekian dan trimakasih, salalam kenal dari saya Darmudi Susanto.

    Balas
    • Untuk backlick ya jelas kita harus rebuild mas, soalnya kalau link yang ada di blog orang kita ga bisa rubah, untuk link antar satu posting dan yang lainnya saja perlu dicek manual satu – satu normalnya. CMIIW

      Balas
    • Iya mas, cara terbarunya ternyata sekarang agak berbeda, di blogger sekarang ada menu untuk membackup konten blog dari blogger dan memasukkannya di WordPress kita. Ada di menu Seeting – Others, Paling atas mas. Nanti artikel ini akan saya update.

      Balas
  3. Terima kasih postingannya mas, cuma saya mau tanya setelah saya melakukan import dari blogger dan mengikuti langkah-langkah diatas, importnya berhasil tetapi pos dan komentar saya belum ada..kira2 itu masalahnya apa mas?

    Balas

Tinggalkan komentar