Mengenal Apa Itu Kategori dan Tag WordPress [Basic]

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Kategori dan tag WordPress itu apa ya? Bagi yang belum tahu kadang bisa menggunakannya secara salah dan terbalik – balik. Secara sederhana, keduanya sama – sama digunakan untuk mengelompokkan tulisan.

Kategori memiliki cakupan lebih luas, cenderung memiliki lebih banyak artikel. Sedang tag cakupannya bisa sangat spesifik, bisa berisikan satu artikel saja di seluruh situs. Keduanya masuk dalam istilah yang disebut dengan istilah taksonomi dalam WordPress.

Contoh penggunaan kategori dan tag

Misalnya kamu memiliki sebuah website yang memiliki topik tentang olah raga, mengelompokkan artikel yang akan kamu buat bisa berdasar cabang olah raga.Bisa dari atletik, renang, balap, sepak bola dan sebagainya.

Nah, nanti jika kamu memuat sebuah artikel pada beberapa kategori itu, membahas tentang beberapa tokoh/produk, maka bisa kamu gunakan tokoh/produk itu sebagai tag. Misalnya Usain Bolt, Michael Phelps, Lance Amstrong, atau Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales.

Ada gambaran?

Oke, lebih sederhana lagi, website tentang otomotif. Merek/type kendaraan bisa digunakan sebagai kategori dan tag bisa berisi nama – nama lini produk. Seperti Suzuki, Honda, Toyota, Audi, Esemka misalnya, ditambah Yamaha dan Kawasaki (motor) bisa dijadikan kategori.

Sedang sedan, truk, coupe atau motor matic, bebek dan motor sport bisa dipakai sebagai tag. Bisa lebih spesifik lagi tentang nama brand.

Kategori dan Tag WordPress
Kategori dan Tag WordPress
Dewaweb

Sudah jelas ya?

Kalau belum, lihat saja bagian navigasi website ini ya, ada artikel tentang WordPress (general), plugin, themes atau juga hosting. Biasanya yang ada di atas sana berupa kategori dan tag jarang ada di sana, namun bisa sesuai kebutuhan sih.

Satu contoh paling sederhana adalah artikel plugin SEO terbaik ini. Dari judulnya kita tahu ini akan membahas plugin, jadi masuk dalam kategori plugin, lalu di sana saya membahas beberapa plugin, maka saya masukkan plugin – plugin itu dalam tag.

Ada apa dengan series?

Mungkin kamu juga melihat di sana ada yang namanya Series? Series merupakan sebuah taksonomi tambahan karena saya menambahkan plugin WordPress series. Kegunaannya adalah untuk membuat artikel berseri, seperti artikel cara setting yoast SEO yang masuk dalam series tutorial Yoast SEO yang memiliki 4 artikel.

Saat melihat salah satu artikelnya, anda akan melihat beberapa artikel terkait di sidebar widget.

Optimasi SEO pada Kategori dan tag WordPress

Mungkin jarang ada yang memperhatikan kalau sebenarnya kategori dan tag WordPress bisa dioptimasi juga. Optimasi SEO tidak hanya bisa dilakukan pada posting saja, halaman kategori juga bisa diberikan judul yang lebih menarik, penjelasan yang menarik untuk dibaca pembaca, bahkan meta description untuk mendongkrak performa SEO.

Yuk Bagikan:

Tinggalkan komentar