Membuat Website Video Tutorial Menggunakan WordPress

www.domainesia.com

Membuat website video tutorial dengan WordPress adalah sebuah tantangan tersendiri. Dan kemarin ada yang bertanya kepada saya tentang hal yang sama persis dengan skenario ini.

Website ini berisi persis dengan CD pembelajaran yang kadang kita dapatkan saat membeli buku pembelajaran atau yang sejenisnya. Setelah meminta untuk diberi gambaran seperti apakah design yang dimaksud saya putuskan untuk membuat tutorial kali ini. Tampilannya adalah seperti dalam ilustrasi berikut;

Terlihat bahwa di sebelah kanan (sidebar) ada list materi pelajaran Fisika yang berisikan berbagai Bab, di dalamnya ada sub bab yang tiap sub-bab ada beberapa video. Saya tahu yang menjadi inti pertanyaan dari si penanya khususnya adalah efek accordion dari menu yang bisa seperti tree view itu. Bisakah yang demikian direplikasi dengan WordPress?

Jawabannya tentu saja bisa, dan pastinya tampilannya tidak mojok seperti itu, tapi bisa di tengah memanfaatkan keseluruhan halaman. Lebih kerennya lagi, tidak hanya video yang bisa disertakan, tetapi juga deskripsi atau juga transkrip kalau ada bisa ditambahkan di bawah video, sebuah keunggulan tersendiri dari sisi SEO.

Membuat Website Video Tutorial dengan WordPress

Sebelum mendapat preview seperti di atas, sebenarnya saya sudah yakin bisa. Karena saya sudah sering juga melihat kursus online dengan materi – materi beraneka dengan susunan per bab seperti itu. Agar jawabannya lebih tepat saya meminta preview di atas.

Sekarang mari kita bahas bagaimanakah caranya untuk membuat website video tutorial dengan tampilan seperti di atas? Ada dua cara, yang pertama adalah dengan menggunakan sebuah plugin berbayar, yang saya temukan kemarin, namun belum sempat juga mencobanya. Tampilannya akan sama persis dengan yang ada di video di atas.

Yang kedua adalah dengan menggunakan plugin – plugin gratis, walau agak berbeda, namun bisa berjalan sesuai fungsinya seperti yang diharapkan.

Membuat Website Video Tutorial – Cara 1

Plugin yang saya maksud adalah Max Mega Menu plugin ini menawarkan fleksibilitas dalam membuat menu yang kita inginkan. Bahkan menjadikan sebuah widget masuk dalam menu pun bisa dilakukan dengan menggunakan plugin ini.

Membuat Website Video Tutorial Menggunakan WordPress dan Max Mega Menu

DomaiNesia

Untuk panduang penggunaannya bisa dilihat pada dokumentasi yang ada di website pengembang plugin ini. Saya rasa tampilannya sudah sama persis seperti video di atas, hanya posisi sidebar saja yang berbeda.

Sayangnya, efek accordion seperti dalam video di atas termasuk dalam fitur berbayar, jadinya ya kalau ingin mencapai hasil yang sama dengan yang ditammpilkan video dengan menggunakan plugin ini harus membayar dahulu.

Membuat Website Video Tutorial – Cara 2

Cara kedua ini adalah dengan menggunakan sebuah plugin yang bernama Series. Setiap kita menulis sebuah artikel nantinya kita bisa memasukkan artikel tersebut dalam seri tertentu. Saya disini juga menggunakannya untuk beberapa serial artikel, cara install WordPress, cara import WordPress dan juga Tutorial Yoast SEO.

Membuat Website Video Tutorial Menggunakan WordPress Plugin Series
Plugin Series

Cara membuat sebuah series adalah dengan memasukkan atau klik (jika sudah dibuat) nama series saat kita sedang menambahkan artikel atau video baru dalam materi website video tutorial. Nantinya saat berada dalam tampilan post editor akan muncul sebuah meta box series seperti ini;

Meta Box Post Series

Dengan menggunakan menu yang ada di bagian header website, kita bisa membuat link kepada setiap series — diamana series disini mewakili bab — yang kita buat. Jadi dari mana saja saat berada di website kita bisa mengakses bab – bab yang kita buat. Saat user meng-klik nama salah satu bab, maka akan otomatis keluar link menuju video – video yang kita publikasikan.

Lantas, pada halaman setiap video, kita sertakan juga sebuah widget tambahan dari plugin series ini, yaitu List Related.

series-article-in-series-widget

Nantinya semua artikel yang terkait dalam satu series (baca=bab) akan tampil di sidebar karena plugin ini. Jika anda ingin tahu seperti apa tampilannya,coba anda lihat lihat salah artikel saya Cara Install WordPress di CPanel Hosting Secara Manual maka 3 artikel lainnya akan di tampilkan juga.

Paham? Saya harap paham, kalau tidak bisa ditanya di komentar. 😀

Salah satu plugin alternatif yang memiliki fungsi serupa adalah Post Series, saya sendiri belum pernah menggunakan plugin yang ini.

Menggunakan WordPress Kemungkinannya tak Terbatas

Akhir tutorial, ini adalah sebatas dari apa yang saya ketahui, mungkin di luar sana masih ada berbagai plugin atau themes yang belum saya dengar sebelumnya yang bisa memenuhi kebutuhan seperti ini. Komunitas WordPress sangat besar dan banyak juga orang kreatif yang selalu berinovasi.

Kalau anda ada pertanyaan lain, silahkan disampaikan melalui komentar, kalau ingin dijadikan tutrial baru seperti ini saya sangat senang. Kalau anda tahu solusi lainnya, jangan sungkan untuk berbagi kepada komunitas pembaca WPKamt.com

Salam sukses!

Yuk Bagikan:

Tinggalkan komentar