Tips Mencari WordPress Hosting Indonesia Buat Website/Blog

www.domainesia.com

Salah satu hal yang pastinya kita perlukan sebelum mebuat website dengan WordPress adalah web hosting. Kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips dalam menemukan WordPress hosting Indonesia yang baik untuk kamu gunakan.

Adakah penyedia WordPress hosting Indonesia?

Sebelum menulis artikel ini saya sudah berusaha mencari apakah ada penyedia WordPress hosting Indonesia? Jawabannya adalah tidak ada. Kalau kita mempertimbangkan bahwa penyedia WordPress hosting Indonesia ini merupakan sebuah perusahaan penyedia hosting yang sudah mapan dan mendedikasikan sebuah layanan khusus WordPress, full dengan supportnya.

Berbeda dengan web hosting luar negeri yang menyediakan layanan managed WordPress hosting yang juga memberikan full support kepada user tentang WordPress. Layanan hosting di Indonesia kebanyakan – kalau tidak mau dibilang semuanya – sama sekali tidak mau membantu kalau ada masalah berkaitan dengan script yang dipakai.

Bagaimana cara memilih WordPress hosting Indonesia?

Beruntungnya kita, bahwa WordPress adalah script php yang cukup mudah untuk bisa dijalanakan pada system yang memiliki beberapa komponen seperti; Web Server (Apache/Nginx), MySQL, PHP, Mod rewrite module dan suPHP module.

WordPress Hosting Indonesia

DomaiNesia

Kalau mau disimpulkan secara sederhana, kita bisa menggunakan penyedia hosting mana saja untuk membuat WordPress kita up.

Tips memilih WordPress hosting Indonesia terbaik

Walau kita bisa saja menyewa sembarang hosting untuk membuat website dengan menggunakan WordPress, kita juga perlu berhati – hati dalam memilih sebuah penyedia layanan hosting. Karena bagaimana pun, hosting yang tangguh, responsive dan memiliki support yang bagus merupakan keharusan bagi kamu juga pembaca blog kamu.

Oleh karenanya saya akan memberikan beberpa rekomendasi saya tentang tips memilih WordPress hosting di Indonesia ini.

1. Pilih server terdekat dengan audience

Kalau kamu mau membuat sebuah website yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan materinya dan menargetkan pembacanya juga dari luar negeri, memilih server yang berada di Amerika atau Eropa lebih bagus. Karena akan membuat website kamu loading dengan lebih cepat.

Pun jika kamu mau membuat blog yang menggunakan bahasa Indonesia, menggunakan server dalam negeri akan lebih tepat.

2. Memulai dengan paket hosting yang pas

Perkirakan seberapa menguasai kamu dengan topik website kamu nantinya, dari sana kamu tahu kira – kira seberapa sering kamu akan menulis konten. Jika tahu jumlah tulisannya, gambar dan pendukung lainnya akan sebanyak apa juga bisa diperkirakan.

Saya sendiri sekarang menggunakan paket hosting minimal 250MB untuk space penyimpanannya. Semakin banyak konten yang saya buat, saya perlu lebih banyak space, baru saya upgrade paketnya kemudian hari.

3. Gunakan review blog lain sebelum memilih

Pastikan kamu membaca referensi dari blogger lain yang menggunakan jasa WordPress hosting Indonesia. Banyak review hosting yang bisa kita temukan di blog, namun yang perlu kamu perhatikan adalah kredibilitas penulis yang memberi review itu.

Jangan sampai kamu tertipu dengan review hosting yang ada pada blog dengan embel – embel .blogspot.com di belakangnya. Mereka sama sekali tidak menggunakan hosting, mereka numpang server milih Google (blogger.com)

Di blog ini saya juga sudah memberikan review Dewaweb, layanan Cloud Hosting yang saya pakai untuk website ini sejak satu tahun yang lalu. Bisa deh kamu baca review dewaweb dari WPKamt.com. Kalau mau melihat versi video, ini saya juga sudah membuatkan video reviewnya;

Review yang baik tentunya disertai dengan penjelasan yang wajar dan argumen yang meyakinkan dari penulisnya dengan tiap komentar yang bermunculan.

4. Tanya dari teman

Awalnya WPKamt.com tidak menggunakan jasa cloud hosting murah dari Dewaweb, tetapi menggunakan jasa hosting lainnya yang kewalahan dalam handle traffic yang diterimanya. Akhirnya dari diskusi dan tanya – tanya teman saya pindahkan hostingnya ke Dewaweb!

Pindah ke Dewaweb merupakan pilihan terbaik yang pernah saya lakukan, dan saya tak pernah menyesal melakukannya. Kamu perlu menjajal Dewaweb juga pastinya!

Gunakan WordPress Hosting Indonesia terbaik

Gunakan penyedia WordPress hosting di Indonesia yang terbaik. Karena kalau tidak kamu bisa menyesal nantinya.

Setelah membangun sebuah website dari nol dan memiliki banyak pembaca dan konten yang banyak, lalu kamu terpaksa pindah hosting itu sebuah pengalaman yang tidak enak.

Yuk Bagikan:

59 pemikiran pada “Tips Mencari WordPress Hosting Indonesia Buat Website/Blog”

  1. Beberapa hari yang lalu saya sempat aktif lagi untuk nyari2 informasi layanan hosting yang paling bagus mas dan ada banyak infrmasi yang saya temukan dan penjelasannya cukup membingungkan saya untuk memilih yg mana nanti untuk blog wp saya. Mudah2an penjelasan mas ini bisa menjadi panduan saya nanti dalam membangun blog p saya. O iya mas, selain mastereb, apa lagi yg bagus menurut mas untuk hosting soalnya untuk layanan masterweb udah saya blacklist dari planing saya dengan alasan yg tak bisa saya jelaskan pada siapapun. Biarlah saya saja yg tau.. 😀

    Balas
    • Salah satu blog saya makai rumahweb mas, agak mahalan dikit sih, tapi so far kualitasnya bisa diandalkan 🙂

      Masalah apa mas? Soal custom domain dari blogspot kemarin ya? Kalau itu saya tidak punya pengalaman, kalau menggunakan WordPress 2 blog saya disana masih lancar saja tuh 🙂

      Balas
      • Kok mas bisa tau sih apa yg saya maksudkan. Mas kayaknya punya indra ke 6 nih… 😀 Mungkin saya udah terbiasa di BOC mas makanya pada saat mendapatkan hal seperti itu malah dianggap kurang bagus atau merepotkan soalnya di BOC kan pas beli domain dan ketika domainnya udah mau diaktifkan ke blogspot, udah ada fasilitas untuk setting DNS dan CNAME-nya dan untuk mastereb musti beli lagi hostingan untuk parking blogspotnya

        Balas
      • Hahahaha….. BOC ( Bali Orange Communication ) mas 🙂 Iya, biaya hosting parking blogspotnya kalau nggak salah kemarin itu Rp. 109.890,- tapi teman yg pesan domain itu nggak jadi untuk bayar lagi hosting parking tsb dan langsung beralih ke layanan lain.

        Balas
      • Harga domainnya lain lagi mas, pertama temanku kirim dulu harga domainnya sejumlah 97 ribu lebih pas saya kontak2an dengan cs masterwebnya, dia bilang untuk mengaktifkan domain itu serta melakukan pengaturan DNS dan CNAME-nya musti order lagi hosting parking blogspot yang harganya begitu jadi kalau dijumlahkan total biayanya masih mending beli domain di BOC. Pa saya suruh temanku untuk kirim lagi biaya itu malah dia bilang untuk batalkan saja soalnya kemahalan tuh. Hahahahah…. Jadi, saya juga memutuskan untuk tidak lagi berurusan dengan layanan itu.. Hehehehe….

        Balas
        • Kemarin juga ada yang komentar di AT minta buat dibalikin webnya, bahkan saya dikirim user sama password cpanel segala. Setelah saya tanya ternyata dia juga gini, maunya custom domain saja – tanpa harus beli hosting tentunya – tapi semua file dia malah hilang semua. Bisa balik setelah minta TC sama beli hosting, aneh memang.

          Balas
  2. ehemm…akur amat dua blogger ini?

    semua domain blogku saya beli di idwebhost. bagi saya, yang terpenting adalah CS mau membantu saya jika saya mendapat masalah baik terkait layanan, maupun teknis blognya..

    Balas
    • Hai.. Mas Ibrahim, iya donk mas, akrab bangat kan? ^_^
      Di dunia maya aja udah seakrab begini apalagi kalau udah ketemu di dunia nyata nantinya.. Hahaha… Lebay…..

      Saking terlalu banyaknya itulah yang membuat saya bingung mas mau milih yang mana dan kayaknya saya harus lebih banyak lagi berinteraksi dengan bogger2 yang sudah duluan mengenal layanan hosting domain pada saat membuat blog untuk personal maupun untuk bisnisnya. Secara pribadi, saya berterima kasih atas masukan kalian. 😀

      Balas
  3. Wow baca koment2 diatas jadi tertarik nih, kayak pengalaman saya pribadi juga, pindah2 hosting terus karena merasa kurang puas dengan layanan penyedia hosting, sampai akhirnya milih paket reseller aja sekalian, daripada pusing2. lebih bebas untuk utak atik web atau blog sendiri.

    Balas
    • Memang benar itu mas Agus, dengan menggunakan paket reseller kita bisa host beberapa host dalam satu tempat sekaligus, sayangnya harga yang ditawarkan relatif lebih mahal, kurang cocok bagi kami blogger kelas bawah yang baru mau memulai 🙂

      Balas
      • Mas Tiyo, kalau merasa berat dengan harga reseller hosting, kita bisa patungan untuk langganan paket reseller hosting. Kebetulan kalau saya punya akun reseller hosting yang unlimited, kalau teman2 ingin hosting, bisa kok bergabung dengan saya, masalah harga teman2 cukup donasi saja semampunya, tapi dengan syarat harus mempunyai domain sendiri, domain gratisan tidak diperbolehkan. Maaf mas, saya bukan promosi tapi sekedar membantu sesama bloger supaya bisa lebih mengembangkan blognya. Monggo bagi yang berminat untuk hosting sendiri,

        Balas
  4. Hampir 5 tahun menggunakan jasa Dracoola multimedia, sangat jarang terjadi down, dan pelayanan yang mereka berikan sangat-sangat baik, salah satu penyedia hosting terbaik di tanah air menurut saya, sayang \’underated\’ 🙂

    Balas
  5. Sy malah belum ada pengalaman sama hosting lokal, selama ini pake luar terus kalau ga hostgator ya arvixe 🙂 itu juga bayar bulanan jadi kalo ga bagus ya tinggal ganti deh

    Balas
  6. rekomendasinya apa mas yang bagus? sy juga pengen mindahin wp sy dari hosting luar karena target pengunjungnya Indo, tapi blom nemu yg pas.

    Balas
  7. mas review lengkap dewaweb dong.. saya tertarik nih sama dewaweb cuman nyari review pengguna di google tentang dewaweb sedikit sekali… di sini kan anda nyenggol dewaweb dikit nih bahkan sudah pake layanan dewaweb.. heheh…

    Balas
    • Wah ada yang penasaran ya ternyata. OK deh kalau begitu kapan – kapan saya akan membuatkan reviewnya. Biar teman – teman yang penasaran ingin mencoba semakin yakin dengan layanan Dewaweb 🙂

      Balas
  8. asalamu\’alaikum mas… saya abu hanifah dari Riau, salam kenal! saya sangat newbie urusan tentang membangun blog ataupun website, tapi saya punya kemauan kuat dan serius. saya lagi membantu paman saya yg punya pondok pesantren untuk membuat website tapi ga tau harus gimana, tapi langkah action saya baru membuat blog wordpress.com yg gratisan baru berumur 1 mingguan (babussalamdayo.wordpress.com), menurut mas gimana saranya untuk membuat website pondok pesantren? apa langkah tepat dari mas yg sudah pengalaman…. (mohon saranya) insya allah bisa jadi amaliayah akhirat aaamieeenn 🙂

    Balas
    • Wassalamu\’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
      Tergantung kebutuhan sih mas, kalau untuk menuliskan informasi dan materi di pesantren saja sebenarnya blog yang mas buat sekarang juga sudah cukup. Yang penting bisa berguna untuk media pendukung kegiatan di pesantren. Semoga berkenan.

      Balas
  9. terima kasih banyak infonya mas, saya cek kecepatan load wekamt 5-6 menitan, lumayan cepet dari pada punya saya 12 menit, lemot bgt punya saya.

    Balas
  10. Terima kasih sudah berbagi tips nya. Bagi saya web hosting itu sangat penting bagi kelangsungan bisnis online. Kalau web hosting bermasalah, website pun tidak lancar akses nya. Sehingga kita bisa kehilangan prospek atau pelanggan.

    Balas
  11. Sejauh ini saya rasa selain melihat kualitas sebuah server atau hosting untuk digunakan di blog atau website yang juga harus kita perhatikan adalah kualitas layanan costumer service \”fast respone, cepat tanggap, bisa memberikan solusi dan saran\”.

    Balas
    • Yup, respon juga sangat menentukan kenyamanan kita dalam menggunakan sebuah jasa, disamping produknya yang harus tokcer juga. Berdasar pengalaman saya sih, Dewaweb selain servernya pakai teknologi terbaru, juga memiliki Ninja Support yang cepat dan tanggap.

      Balas
  12. Kalau saya pribadi sih suka sama penyedia hosting yg cs nya ramah gitu, maksudnya kalo lagi dibutuhin sewaktu-waktu bisa langsung kontak. Sejauh ini yg saya ketahui (karena saya memang pakai) itu rumahweb. Tapi beberapa bulan lalu dah pindah ke hostingpangeran, kwkwkw. Hosting punya temen sendiri, jadi enak kalau ada apa2 tinggal chat lewat facebook ato nggak sms dia.

    Balas
    • Rumahweb memang agak mahal dibanding dengan beberapa penyedia layanan lainnya.

      Teman sendiri memang bisa lebih diperhatikan ya, tapi kalau sama orang lain bisa berbeda – beda. Saya sih ragu mau makai perusahaan yang dimiliki satu orang saja, karena kalau misalnya ada apa – apa dengan orangnya yang punya, gimana nasib website kita ke depannya?

      Kalau saya pribadi sih, kadang malah menghindari temen sendiri mas, jaga – jaga kalau ada apa – apanya nanti malah persahabatan yang jadi taruhan.

      Balas
      • Iya mas memang agak mahal, tapi cs nya setahun saya 24 jam. Dulu pernah kontak cs nya jam 1 malam di bales. hehehe

        Nah iya memang ada kemungkinan seperti itu. Tapi setahu saya yang punya penyedia hosting itu ramah kok. Toh juga dia udah pengalaman 4 tahun lebih ngelola layanannya. Sampe dipercayai oleh webdev official webnya fatin buat penyedia hostingnya. :v #BukanPromosi hehehe pisss

        Balas
  13. Saya udah di Masterweb selama >10 tahun dan di 000webhost.com sekitar 3 tahun di godaddy ada 5 tahun..

    Kalo mau bicara murah maka di Indonesia lebih murah walau pun di 000webhost bilang unlimited tapi begitu saya tempatkan 3 addon domain langsung di stop dan dapat peringatan untuk upgrade ke premium.

    Sekarang di masterweb kebijakannya 2 tahun ini mulai gak ngenakin sbb gak bisa telp langsung ke teknikal support dan bales ticket support lama sekali, selain itu yang reply selalu berganti-ganti orang sehingga seperti dimain-mainin.

    Di godaddy mahal tapi bagus pelayanan & kwalitas servernya…

    Balas
    • Saya juga merasakan masterweb ada penurunan mas Jeffrey, beberapa wesbite saya yang sebelumnya ada di sana perlahan saya pindahkan ke dewaweb semua. Meski kesannya bukan yang paling murah, tapi yang penting saya nyaman karena server jarang sekali down. Dan so far supportnya juga selalu reliable. Kalau buat yang gratisan, nyoba dulu pas blajar hosting sendiri saja saya, selebihnya milih bayar 😀

      Balas
      • Ow.. oww, dulu di masterweb juga toh…

        Saya saat ini sedang coba-coba ke
        DewaWeb ini, baru 2 harian…

        Saya tes 2 hari yang lalu dengan transfer
        1 domain ke DewaWeb ini…

        Semoga aja memuaskan dan semoga aja
        sama seperti namanya, memberikan
        pelayanan seperti Dewa.

        Ahahaha.. semoga.. semoga.. semoga…

        Balas
        • Iya mas, masterweb adalah jasa hosting ke-3 yang pernah saya pakai. Penyedia – penyedia hosting lainnya juga pernah saya coba setelahnya, satu atau dua layanan saja. Kebanyakan di sana sebelum dari 3 tahunan yang lalu saya mulai beralih ke Dewaweb

          Balas
  14. Jadi di DewaWeb udah 3 tahun?

    Pake operating sistem apa?
    Berapa add on domain? Bagaimana kinerja servernya?

    Masih banyak yang mau ditanyain sih, hehehe…

    Balas
  15. Gan saya mau nanya nih, kalau hosting wordpress paling bagus di indonesia apa ya ? Soal saya mau beli hosting wordpress.. dan saya belum punya pengalaman tentang hosting

    Balas
  16. assalammualaikum mas,
    saya newbie untuk hosting, selama ini saya pakai gratisan dari blogspot. Jadi saya ada rencana mau beli domain + hosting untuk perusahaan, untuk traffic perharinya hanya 30/hr dan posting artikel youtube, artikel perharinya 3 saya harus pilih paket dengan kapasitas berapa ya? terimakasih banyak untuk balasannya

    Balas
    • Kalau saya rekomendasi Hunter atau yang di atasnya, biar nanti kalau artikelnya sudah banyak tidak kehabisan space hosting, terlebih soal loadingnya, semakin besar speknya sangat berpengaruh dengan loading website, kalau webnya cepat kan kesan bonafid dari perusahaan kita juga terlihat.

      Balas
  17. Sekarang WordPress Hosting tidak cuma namanya aja, tapi emang beneran didesain untuk WordPress, seperti di QWords, Beon, dan RumahWeb. Bahkan CloudKilat saat Komentar ini saya publish juga mau bikin, statusnya masih Coming Soon.

    Balas
    • Iya coming soon, kalau pas saya nulis ini (dan sampai sekarang) pada dasarnya semua penyedia hosting juga bisa dipakai untuk menghandle WordPress. Setelah melihat beberapa seperti Rumahweb agak penasaran juga sih, mungkin next time mencoba atau ada teman-teman yang sudah mencoba bisa menyampaikan reviewnya 🙂

      Balas
      • Oh ya lupa, di Beon WordPress Hosting juga sudah Include CDN dan Web Accelerator 😀

        Nah menariknya CDN mereka itu buatan mereka sendiri, yang lokasi servernya berada di Indonesia, Singapura, Amerika, dan Eropa. Nah ini menarik, karena CDN lain yg populer seperti CloudFlare, KeyCDN, dsb untuk server terdekat dari Indonesia cuma Singapore, tidak ada server Indonesia.

        Hanya info saja bro, saya hanya Client saja, gk ada hubungan sama mereka, saya share ini, karena memamng masih belum banyak yg tau 😀

        Balas

Tinggalkan komentar