Cara Mengetahui Statistik Pengunjung Blog

Cara mengetahui statistik pengunjung blog bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Kali ini saya akan menampilkan beberapa plugin WordPress untuk mengetahui statistik blog, disamping juga memberikan daftar penyedia layanan penghitung pengunjung blog lainnya yang berbasis web.

Plugin WordPress untuk Melihat Statistik Pengunjung Blog

Langsung saja kita bahas penggunaan beberapa plugin saja terlebih dahulu. Karena blog ini memang spesial buat komunitas pengguna WordPress 😀

Ada beberapa plugin yang saya pakai di beberapa blog saya. Sekedar ingin membandingkan mana yang paling bagus, sengaja saya buat berbeda jadinya 🙂

1. WordPress.com Stats

Plugin pertama pastinya adalah WordPress.com Stats yang sudah ada sejak saya pertama kali menggunakan WordPress pada tahun 2007 di layanan gratis WordPress.

Sekarang WordPress.com Stats menjadi bagian dari JetPack, sebuah paket plugin yang wajib diinstall di WordPress menurut saya pribadi. Berikut adalah tampilan statistik pengunjung salah satu blog saja.

Cara mengetahui statistik pengunjung blog - WordPress Stats

Kelebihan WordPress Stats adalah tampilannya yang sederhana, selain jumlah pengunjung juga ada daftar kata pencarian (keyword), daftar posting yang diakses dan juga daftar URL yang di-klik pembaca blog kita.

Semua laporan itu tersedia untuk satu hari, satu minggu atau juga bulanan bahkan sepanjang masa sejak kita menggunakannya pertama kali.

2. WassUp Real Time Analytics

Ini adalah plugin yang saya pakai di blog ini, tampilannya relatif simple dan bisa kita atur berdasar kesukaan kita, namun sayangnya tampilannya tidak bisa ditentukan ‘eksak’ hari ini, minggu ini, atau buan ini, Melainkan selalu berkelanjutan seperti 24 jam yang lalu, 7 hari yang lalu atau 30 hari yang lalu.

Mengetahui Statistik Pengunjung Blog WordPress

Meskipun demikian, WassUp memiliki kemampuan untuk update secara berkala, dengan selalu me-refresh laporan pengunjung blog yang ada dalam tempo yang kita tentukan.

Disamping ada juga rekap top stats yang menyajikan data seperti kata kunci dan halaman yang sering dikunjungi, tapi agak kurang menarik bagian ini. Kelebihan lainnya yaitu kemudahan melihat halaman apa saja yang dibuka oleh seorang pengunjung karena datanya yang ditampilkan satu baris.

3. WP SlimStat

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog - WP SlimStats

WP Slimstat memberikan data yang sangat banyak kepada kita, saya kadang justru merasa kebingungan. Namun kalau sudah terbiasa dan bisa membuat setting yang pas untuk menampilkan laporan informasi yang dihasilkan bisa jadi sangat informatif.

Report statistik bisa kita pilih untuk menampilkan overview stat yang menampilkan data pengunjung blog secara keseluruahn. Tampilan konten saja yang membantu kita memahami mana konten yang paling sering diakses di blog kita, tag populer, kategori populer, link outbond yang paling sering di klik dan masih banyak lagi.

Selain konten, kita juga bisa melihat detil visitor dan traffic source, pada setiap view itu ada banyak widget yang bisa kita atur sendiri tampilannya.

4. Google Analyticator

Google Analyticator adalah salah satu plugin yang dikembangkan oleh developer plugin SEO Ultimate yang juga saya sukai, videousermanual.com

Mengetahui jumlah pengunjung blog dengan Google Analyticator

Plugin ini langsung menampilkan statistik Google Analytic dalam dashboard kita secara langsung. Jadinya kita tidak perlu sering – sering mengakses Google Analytics secara langsung karena ringkasannya sudah ada di dashboard.

5. Mengetahui Statistik Pengunjung Blog dengan WP Statistics

Kalau ada plugin yang bisa menyamai WordPress.com Stats plugin untuk mengetahui statistik pengunjung blog rasa – rasanya ya plugin WP Statistics ini. Sayang sekali saya baru mengetahui plugin ini beberrapa hari lalu (Oktober 2016) setelah melihat – lihat TipsAndTricksHQ.

 Mengetahui Statistik Pengunjung Blog dengan WP Statistic

Setelah menggunakan plugin ini selama 2 hari, saya yakin harus menambahkannya dalam artikel ini. Plugin ini benar – benar lengkap, bahkan bisa menampilkan pengunjung secara realtime juga, tampilannya sudah ada dalam versi bahasa Indonnesia juga. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.

Plugin WordPress untuk mengetahui Statistik Pengunjung Blog Lainnya?

Keempat plugin itu sudah saya pakai dan saya merasa nyaman untuk menggunakannya, saya juga masih penasaran dengan plugin lainnya yang belum saya pakai seperti OWA dan juga WP-Piwik yang versi standar (bukan plugin WP) sepertinya banyak penggunanya juga.

Cara Mengetahui Statistik Pengunjung Blog  dengan Tool Berbasis Web

Selain menggunakan plugin, kita juga bisa menggunakan layanan lain berbasis web yang biasanya kita hanya perlu menambahkan sebuah tracking di blog, baik dengan menggunakan widget atau juga dengan tracking code sederhana saja.

Dalam kategori ini mungkin Google Analytics adalah salah satu tool yang merupakan ‘standar’ dalam analytics.

Banyak juga layanan untuk mengetahui statistik pengunjung blog lainnya seperti Sitemeter dan juga Histats.  Namun kali ini saya putuskan untuk tidak membahasnya sekaligus, takutnya artikel ini jadi terlalu panjang 🙂

35 pemikiran pada “Cara Mengetahui Statistik Pengunjung Blog”

  1. kalau saya baik di wp atau blogger lebih suka pakai google analytic aja mas 🙂
    soalnya males pakai banyak plugin dan selain itu menganalisanya lebih enak pakai GA

    Balas
  2. Saya lebih suka pakai GA. Meningkatkan visibilitas blog kita di mata Google. Mau tidak mau Google dengan botnya akan mengindeks lebih sering untuk menampilkan statistik kita.

    Balas
  3. saya lebih seneng jetpack daripada GA meskipun masih menggunakan keduanya, tapi sayang jetpack filenya terlalu gede, ngabisin memori hosting juga 🙁

    Balas
    • Jeleknya jetpack ya itu mas, makin diupdate ke versi terbaru, makin banyak modul yang ditambah dan secara default aktif, bikin space hosting cepat habis dan juga membuat kinerja server lemot :p

      Balas
    • Secara ringkasnya, kita buat sebuah profile dulu di Google Analytics, kalau sudah kita authorize dari blog kita dan memilih profil tersebut. Kalau ada waktu mungkin akan saya bantu membuatkan tutorialnya 🙂

      Balas
  4. Lebih enak pake google analytics. Tapi pernah pengalaman visitor saya realtime langsung sekaligus 3….Waaahhh bukan main hebatnya untuk sebuah website yang baru beberapa hari udah ada yang berkunjung.
    Selidik demi selidik ternyata itu saya sendiri dari perangkat dan ip yang berbeda…hahahaha….

    Balas
  5. untuk sekarang ini saya masih pake punya jetpack , masih banyak coba2
    setelah baca komentar disni jadi pengen tau pake GA ….
    saya menyimak dulu deh komen2 lainya

    Balas
  6. Tiap nambah plug-in di WordPress, jika visitor menyentuh angka 1.500 / day, langsung di suspended dengan warning bahwa web memberatkan server. Padahal hosting lumayan mahal. Jadi repot karena terpaksa web dijaga agar pengunjung jangan menyentuh angka 1.500/day.

    Balas
  7. Artikelnya bermanfaat, saya paling suka sitemeter.com karena informasi statistik simple dan mudah dipahami. Tapi kenapa ya, sepertinya sitemeter sekarang nggak bisa lagi ya? sudah 2 kali daftar tapi tidak ada confirmasi ke email kita, jadi tidak bisa lanjut. Kira- kira ada apa ya? Tq.

    Balas
  8. mas, saya mau tanya.. saya pengen nampilin statistik website saya kpd pengunjung. pakai plugin apa ya? saya pakai wordpress versi 422 bahasa indonesia. mohon bantuannya.

    Balas
  9. mau tanya dong,saya punya website wordpress.org dengan template icraft dan fasilitas woo commerce,awalnya normal,setelah saya instal seo yoast trs saya setting seo yoast eh tampilan halaman utama website jadi hilang yg awalnya berisi jenis2 produk menjadi cara pemesanan.gimana ya agar bisa kembali halaman utama tampilan produk2.sudah saya coba disetting readding tetap gak bisa.makasih atas jawabannya.

    Balas
    • Kalau secara normal sih harusnya balik mas, coba dimatikan salah satu pluginnya lalu di cek lagi, kalau woocommerce yang dimatikan gimana, kalau yoast yang dimatikan dulu gimana, mungkin ada yang konflik pluginnya.

      Jangan lupa searching juga barangkali ada yang sudah ngalami atau ada panduan di salah satu dari ketiga developernya. Kalau saya sendiri belum pernah nyoba ga bisa ngasih saran pasti 🙂

      Balas
    • Iya, menggunakan jetpack saja tanpa ada data pembanding rasanya kurang meyakinkan. Apalagi produk – produk Google seperti Analytics tak ubahnya seperti standar saja dalam dunia online, kalau ga dipakai seperti masakan kurang bumbu. Walau saya pribadi kadang malah melihat statistik disana – sini sih 😀

      Balas
  10. mas,sya blum ngerti baca GA..
    di suatu tanggal di Wp saya tertulis misal 100 kunjungan,,sedangkan saya ga merasa mengunjungi blog saya sesering itu..apa itu berarti kunjungan dari orang lain yg mampir ke blog saya?
    trims..mohon di balas!

    Balas
    • Kalau tidak mas kunjungi sendiri ya kemungkina dari orang lain, dilihat aja pada tanggal yang sama di berbagai report lainnya; search, page views, biasanya khan juga kelihatan halaman apa saja yang saat itu dikunjungi orang.“

      Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS