Pengaturan Profil WordPress Agar Kamu Lebih Dipercaya di Internet

Back to basic, lagi, meskipun beberapa janji seperti melanjutkan tutorial cara membuat themes belum juga saya lanjutkan. Kali ini saya akan menyampaikan pengaturan profil WordPress setelah kamu selesai install blog anda dengan menggunakan WordPress.

Tujuan pengaturan profil di blog WordPress ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca blog kamu tentang kamu. Hal ini penting karena dengan mereka tahu lebih tentang kamu, kepercayaan mereka tentang kamu akan lebih tinggi, sehingga jika kamu berniat untuk menggunakan blog untuk bisnis, kemungkinan mereka akan bekerja sama lebih tinggi.

Di antaranya adalah setting nama tampilan kamu, foto kamu, profil social media seperti Facebook, twitter, Google Plus dan juga bio kamu.

Pengaturan Profil WordPress

Pengaturan Profil WordPressLangsung saja kita mulai ya, untuk mengakses halaman pengaturan profil WordPress bisa dengan mengunjungi halaman edit my profile, dari nav bar WordPress yang ada diatas halaman dashboard bagian ujung kanan atas seperti gambar di samping.

Alamatnya adalah blogkamu.com/wp-admin/profile.php.

1. Pengaturan Nama di Blog WordPress

Untuk pengaturan nama bisa diakses pada bagian nama seperti gambar berikut;

Pengaturan Nama Profil WordPress

Nama pengguna adalah username yang kamu pakai saat login di blog, nama depan dan belakang bisa kamu isi menurut kesukaan kamu, lalu pada kolom tampilkan nama secara publik adalah setting nama yang kamu inginkan untuk dilihat pembaca blog. Biasanya ini merupakan kombinasi atau bagian dari nama depan dan belakang.  Daripada menampilkan pemilikblog sebagai penulis pastinya akan lebih keren jika muncul sebagai Penulis Tangguh 🙂

2. Pengaturan Kontak dan Biodata profil WordPress

Setelah mengatur nama kamu saatnya mengatur profil WordPress kamu dengan menambahkan URL/link agar saat kamu memasukkan komentar, nama kamu merujuk pada alamat blog kamu.

Pengaturan Kontak dan Bio Profil WordPressUntuk alamat email sudah langsung ada sebelumnya saat install WordPress, tapi untuk alamat website tidak langsung ada. Tampilan bio ini akan muncul manakala themes yang kamu pakai didesign untuk menampilkannya menggunakan fungsi <?php get_the_author_meta( ‘description’ ); ?>. Tampilan di atas adalah default WordPress, kalau anda menginstall Yoas SEO akan ada beberapa kolom untuk profil Social Media juga.

3. Pengaturan Profil WordPress – Gravatar

Gravatar berguna untuk menampilkan foto profil kamu saat kamu berkomentar di blog/website yang menggunakan engine WordPress. Saat kamu berkomentar dan memasukkan alamat email, gravatar akan meng-ekstrak alamat email itu lalu menampilkan foto kamu saat kamu sudah mendaftar dan mengupload sebuah gambar profil. Jika belum kamu harus mendaftar di sana dengan mengunjungi situs Gravatar;

Pengaturan Profil WordPress + GravatarJika kamu sudah memiliki akun WordPress.com, bisa langsung login dengannya dan menambahkan foto profil, kalau belum daftar dengan tombol ‘create your own gravatar’ itu.

Saya tidak akan menjelaskan lebih perinci, tapi setelah masuk kamu bisa juga menambahkan alamat email lainnya selain yang kamu daftarkan, agar saat berkomentar juga bisa muncul gambarnya. Juga ada data bio yang bisa kamu tulis di sana, link ke koleksi website dan social media kamu juga. Seperti profil saya ini misalnya 🙂

Menggunakan Plugin WP User Avatar

Kalau kamu tidak ingin mendaftar Gravatar, kamu juga bisa menggunakan sebuah plugin yang disebut dengan WP User Avatar.

Dengan menggunakan plugin ini saat berada di halaman edit profil seperti di atas, akan ada pilihan untuk memilih foto profil dengan gambar yang ada di website. Bisa pilih yang ada di gallery atau upload foto ganteng kamu yang paling baru secara langsung.

Pengaturan Profil WordPress – Penutup

Bagi yang sudah lama menggunakan WordPress dan ngeblog, hal ini mungkin sangat sepele, tapi saya membuat blog ini dari awalnya memang untuk menjadikannya panduan dalam menggunakan WordPress, jadinya ya artikel sederhana seperti ini harus muncul juga, hehehe…

Semoga bermanfaat, dan silahkan bertanya lewat komentar jika kurang jelas.

27 pemikiran pada “Pengaturan Profil WordPress Agar Kamu Lebih Dipercaya di Internet”

  1. PA memang sangat memegang pernanan, Mas dalam SEO. Apalagi yang doyan main-main bisnis afiliasi. Kepercayaan publik jadi bertambah sehingga tidak ragu untuk menggunakan link kita untuk membeli produk. Juga kepercayaan search engine juga bertambah. Terimakasih infonya, Kang.

    Balas
  2. Wah dari kemarin bingung nyari cara pasang gambar profil untuk WP akhirnya ketemu disini, makasih banget tutorialnya mas…

    Balas
    • Untuk WP sudah ya mas ini, hehehe…
      Saya lihat di blog mas belum ada authorship Google+, yang seharusnya seperti ini kalau dilihat di source code;

      <link rel=\”author\” href=\”https://plus.google.com/118119500709436108260\”/>

      Saya menggunakan Yoast tinggal memasukkan URL profil itu di edit profil, kalau mas makai All In One SEO saya nggak tahu gimana, mungkin nambah plugin lainnya lagi buat nambah authorship.

      Balas
  3. Kalo pake jetpack, maka otomatis harus jadi anggota wordpress kan?!

    Lalu apa akan jadi masalah dengan google?!

    Maksudnya dalam hal iklan-nya?!

    Balas
    • Ya, untuk mengaktifkan JetPack kita harus memiliki akun di WordPress.com. Untuk hal iklan dari google (AdSense) tetap bisa kita jalankan, karena fungsi akun kita ini hanya untuk menghubungkan blog kita dengan akun WordPress.com yang mau tidak mau kita perlukan agar JetPack bisa bekerja, tak ada aturan WordPress.com yang ikut dipaksakan pada blog kita.

      Balas
  4. Hello.. saya pengguna wordpress sudah 3 thn. Tp sampai saat ini saya mengalami kesulitan untuk backlink dikarenakan gravatar yg saya pakai, jika di klik malah tidak ke situs blog saya. Malah pergi ke gravatar dan menampilkan org yg bukan saya. Anda bisa coba sendiri ketika mengklick nama saya. Kalo begitu bagaimana cara mengatasinya ya? Mohon dibantu ☺

    Balas
      • Hahahha iya mas.. sudah saya perbaiki dengan saya cari tau sendiri dan Puji Tuhan berhasil. Btw, akhir2 ini saya baru nemu blog mas ini. Membantu banget buat para pengguna wordpress yg masih bljar2. So, thanks ya mas ?

        Balas
      • Salam kenal,

        Nama saya setyo winarso, baru gabung wordpress mas, mau tanya nich….

        Kalau tema di wordpress yg gratis itu terbatas ya menunya ?

        Balas
        • Istilahnya mungkin bukan bergabung ya, mengenal mungkin lebih tepat, karena WordPress bukan sebuah website yang kita bsa dafta saja, tapi lebih kepada tool, beserta seluruh komunitasnya.

          Nggak terbatas juga sih, karena nggak ada batasan minimalnya, dan kebutuhan setiap orang juga tidak sama. It is what it is mas, kalau themes yang mas pakai kurang memenuhi, pasti ada yang lain yang sesuai.

          Balas

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
RSS