Plugin WordPress Wajib Install di Blog WordPress

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Plugin WordPress wajib install berikut adalah koleksi beberapa plugin WordPress yang selama pengalaman saya mengelola beberapa blog WordPress bertahun – tahun selalu saya pakai. Saya merasa nyaman menggunakan plugin WordPress dalam daftar berikut ini secara terus – menerus di beberapa blog saya untuk memudahkan beberapa hal seperti meningkatkan SEO, mengatasi komentar spam, melihat statistik situs dan sharing artikel, memasukkan banner iklan dan juga backup file dan database blog saya secara otomatis.

1. Plugin WordPress Wajib Install – SEO

SEO adalah usaha kita untuk memperbaiki posisi kita di halaman pencarian (SERP) mesin pencari, Google orientasinya. Ada banyak plugin SEO yang bisa kita pakai untuk optimasi ini, dua diantaranya ada di bawah ini. namun kalau mau daftar yang lebih lengkap simak artikel saya 7 Plugin SEO WordPress Terbaik.

WordPress SEO oleh Yoast

Plugin WordPress Wajib Install - Yoast SEO

Kalau bicara tentang plugin SEO WordPress, rekomendasi utama saya adalah WordPress SEO oleh Yoast. Ini adalah sebuah plugin yang memberikan improvement sangat berarti bagi optimasi on page SEO saya selama ini. Saya sangat terbantu untuk selalu fokus menulis dengan tanpa kehilangan fokus pada kata kunci tujuan saya dan kualitas artikel berkat bantuan Yoast SEO plugin ini.

Selain itu, plugin ini juga memberikan integrasi dengan social media seperti Facebook dan Twitter dengan menambahkan markup Facebook Open Graph meta data, twitter card juga Google Plus Authorship markup. Plugin ini juga memiliki XML Sitemap generator, permalink improvement, dan juga breadcrumb yang sangat membantu bot search engine dan pembaca blog seperti yang ada di atas judul posting ini.

Saya juga sudah membuat panduan setting WordPress SEO Plugin dan juga sebuah video tutorial cara setting Yoast SEO.

SEO Ultimate

Satu plugin sudah memiliki banyak fungsi, itu yang saya sukai dari Yoast SEO. Plugin SEO yang serupa dengan Yoast SEO menurut saya adalah SEO Ultimate, saya memakainya di TheBlogCourse.com karena tidak ingin bergantung penuh dengan Yoast. Kelebihan plugin ini dari Yoast adalah tampilan dashboard yang lebih sederhana dan kemudahan menampilkan Schema creator.

Apa itu Schema? Itu adalah sebuah markup HTML yang memberi tahu mesin pencari tentang artikel kita. Misalkan artikel kita tetang review, kita bisa memberikan rating yang akan ditunjukkan dengan jumlah bintang di SERP. Kalau tentang sebuah acara, kita juga bisa memberi tahu mesin pencari tentang kapan dan dimana acara tersebut berlangsung, bisa dilihat di schema.org lengkapnya.

Selain itu masih ada code inserter yang memudahkan dalam memasukkan script – script pada bagian tertentu blog kita, tidak perlu repot jika kita ganti themes. Deeplink Juggernaut juga membantu memasukkan link pada frase tertentu dalam posting, sehingga kita bisa lebih optimal dalam mebuat artikel review dengan link affiliasi misalnya, mirip dengan SEO Smart Links.

Hampir lupa,  ada juga tombol sharing ke social media.

2. Plugin WordPress Wajib Install – Statistik dan Sharing

Setelah tulisan kita sudah teroptimalisasi dengan beberapa WordPress SEO plugin wajib install tadi, sekarang waktunya kita melihat perkembangan blog kita dengan melihat statistik yang ada. Jetpack adalah plugin kita pada kategori ini.

JetPack by WordPress

Plugin WordPress Wajib Install - JetPack

JetPack adalah sebuah bundling plugins dari developer WordPress yang berisikan beberapa plugin yang sangat membantu dalam blogging, dalam setingnya tiap plugin bisa dihidupkan dan dimatikan sendiri – sendiri. WordPress Stats adalah sebuah plugin yang ada di dalamnya yang sangat berguna untuk melihat statistik blog, mulai dari jumlah pengunjung, website referal, artikel yang dibaca, kata kunci dari mesin pencari dan link yang di klik pembaca blog bisa kita ketahui dari sini.

Selain statistik, dengan jetpack kita juga bisa dengan mudah menambahkan tombol – tombol sharing ke social media dan membagikan tulisan begitu dipublish, membuat langganan blog, mobile theme, koreksi grammar, dan masih bayak lagi.

WP SlimStat dan Google Analyticator.

Salah satu blog special saya tadi, theblogcourse.com menggunakan plugin ini untuk menampilkan statistik blog. WP SlimStat memiliki beberapa data yang lebih lengkap dari WordPress stat seperti negara pengunjung, IP dan banyak lagi, tapi saya kadang merasa terlalu lengkap dan mengarah pada membingungkan, makannya saya juga menggunakan Google Analyticator.

Plugin khusus sharing? Tidak ada, saya memakai module dari SEO Ultimate tadi saja 😀

3. Plugin WordPress Wajib Install – Komentar

Kita juga perlu menginstall plugin yang berkaitan dengan komentar, hal ini terkait dengan melindungi blog dari spam dan membangun komunitas blog yang lebih besar dengan mendorong user berkomentar.

Growmap Anti Spambot Plugin

GASP adalah plugin yang akan memberikan sebuah check box tambahan dibawah kolom komentar untuk verifikasi bahwa user tersebut benar – benar orang. Spam bot cenderung melewatkan check box ini sehingga blog jadi lebih aman.

Saya lebih suka plugin ini dari pada plugin lain yang menggunakan chaptca karena kadang chaptca memberikan pengalaman menyusahkan bagi pembaca dengan smartphone. Plugin lainnya yang sangat populer adalah Akismet yang sudah termasuk dalam tiap install WordPress.

CommentLuv

Dibuat oleh developer yang sama dengan GASP, jika berkomentar pada blog yang memiliki CommentLuv, posting terakhir blogger lain akan secara otomatis dimunculkan dalam komentarnya. Ini adalah sebuah trigger yang efektif untuk mendorong blog lebih ramai dengan komentar.

Jetpack juga memiliki sebuah module tentang komentar ini yang menjadikan kolom komentar blog kita jadi seperti kolom komentar blog gratis di WordPress.com, ini juga bisa dipakai karena memudahkan user. Plugin lain yang juga populer adalah Disqus, tapi saya rasa untuk blog personal dan berpengunjung sedikit hingga sedang kurang sesuai.

4. Plugin WordPress Wajib Install – Perikalanan

Setelah SEO OK, statistik terlihat jelas dan kita tidak dibayang – banyangi komentar spam di blog, mungkin waktunya kita mencoba untuk memasang iklan. Satu plugin yang saya sangat senangi adalah;

Ad Injection

Dengan Ad Injection kita bisa menambahkan iklan pada hampir semua bagian penting blog kita yang berpotensi diklik. Bahkan pada bagian yang tidak ada widget di themes yang kita pakai bisa ditambahkan iklan dengan plugin ini.

Terlebih posisi iklan bisa kita rubah – rubah, semisal dibawah judul tulisan bisa di kanan, tengah atau kanan dari paragraf. Masih kurang mantab, bisa juga iklan tersebut kita buat random, iklan dari penyedia yang berbeda bisa kita taruh di tempat yang sama dan akan muncul secara bergantian (bisa diatur perbandingannya).

Artikel panduan menggunakan Ad Injection.

5. Plugin WordPress Wajib Install – Backup

Bad things happen, walau kita tidak pernah menginginkannya tapi sering kali hal buruk terjadi pada blog kita. Maka disinilah pentingnya kita memiliki backup dari blog kita.

FYI; pakai hosting Dewaweb lalu mengaktifkan fitur time machine backup, akan mem-backup otomatis blog kamu 2x sehari loh, ga perlu plugin berikut 🙂

Google Drive for WordPress

Google Drive for WordPress adalah sebuah plugin yang akan secara rutin membackup home direktori dan database kita ke Google Drive. Jadi sewaktu – waktu ada masalah kita sudah ada data cadangan tentang blog. Saya pernah membuat posting tentang cara setupnya di sini.

Kalau ada plugin WordPress untuk backup lain yang menarik dan banyak dipakai orang mungkin adalah WordPress Backup to Dropbox, Online Backup for WordPress, dan Simple Backup Plugin for WordPress

Plugin WordPress Wajib Install; Penutup

Plugins dalam posting tentang Plugin WordPress Wajib Install ini memang sangat membantu dalam blogging, saya sangat menyarankan untuk mencoba mereka.

Namun dalam menginstall plugin perlu juga diperhatikan tentang performa server, semakin banyak plugin terinstall maka akan semakin lambat loading website. Oleh karenanya saya memilih beberapa Plugin WordPress Wajib Install yang memiliki berbagai fungsi sekaligus seperti Yoast SEO, SEO Ultimate dan JetPack.

Selamat pagi, semoga bermanfaat. Salam.

Yuk Bagikan:

97 pemikiran pada “Plugin WordPress Wajib Install di Blog WordPress”

    • Sederhana saja, selain hati – hati install themes dan plugin, asal password sudah kuat dan username tidak \’admin\’ keamanan udah lebih terjamin karena seperti serangan kemarin menggunakan brute force attack dengan username itu kebanyakan. Memindah wp-config di atas root juga makin bagus.

      Balas
  1. Mas, ketika saya install YOAST dan SEO Ultimate muncul gini:
    \”WordPress SEO is known to cause conflicts with SEO Ultimate. Please deactivate WordPress SEO if you wish to continue using SEO Ultimate\”

    So, pilih yang mana ya???

    Trims

    Balas
    • Ya memang kedua plugin itu tidak bisa dipakai bersaaan Mas, kalau mau pakai Yoast pakai saja Yoast, kalau mau menggunakan SEO ultimate pakai saja SEO Ultimate, keduanya powerful, lebih bagus ketimpang All in One SEO pack kalau menurut saya 🙂

      Balas
  2. Untuk memakai yang SEO dan plugin lain itu apakah hanya untuk yang blog berbayar ? kalau untuk yang gratis ada yang bisa diinstal ? Terima kasih

    Balas
  3. Luar biasa informasinya, cuman saya masih bingung buat cara pasang mark up microdata di website. soalnya web saya stuktur datanya masih belum nampak di webmaster. mohon pencerahannya mas. hehehe salam kenal

    Balas
    • Saya lihat untuk schema authorship sudah ada di web mas Fauji, beberapa pekan terakhir memang fitur authorship yang menampilkan foto pemilik web dari Google Plus di non aktifkan dari hasil pencarian Google.

      Balas
  4. Terima kasih atas sharingnya mas Tiyo, sangat bermanfaat sekali khususnya untuk plugin WP Periklanan, akan sangat membantu buat toko online yang sedang saya bangun, sekali lagi terima kasih

    Balas
  5. artikel yang sangat bermanfaat. boleh tanya ya..saat ini saya memasang plug in WTI Like Post. Menurut anda apakah like yang dihasilkan bisa meningkatkan peringkat situs saya dan like ini apakah berhubungan dengan like nya facebook

    Balas
    • Saya nggak memakai plugin itu karena space hosting yang saya miliki tidak unlimited, semua halaman yang mungkin ada di blog kita dibuatkan file html statis biasanya kalau menggunakan plugin ini, jadi kalai spacenya terbatas bikin boros.

      Balas
  6. postingan yang sangat berguna mas,, mau tanya boleh gak mas.. apa anda tau plugin easy seo .. apa ada yg free gak.. kalau ada bisa minta linknya

    Balas
    • Barusan lihat – lihat, kalau melihat di website resminya kayaknya demonya memang keren, tapi begitu melihat kompatibilitas plugin ini dengan themes favorit saya Genesis atau juga Hybrid tidak ada saya jadi meragukan kualitas plugin ini dari segi teknis standar coding WordPress. Walau saya sendiri belum pernah membuat plugin, tapi setahu saya kedua themes itu codingya bagus dan sangat direkomendasikan di komunitas WordPress. Jadi kalau dengan themes yang bagus tidak kompatible bisa diperkirakan sendiri seperti apa deh.

      Lalu saat saya mencoba klik beli kok mengarah ke Warriorforrum, salah satu forum yang saya rasa agak gimana gitu, isinya terlalu banyak yang rasanya mengada – ada. Viperchill.com pernah memperingatkan pembacanya tentang forum ini.

      Balas
  7. Terima kasih gan unuk informasi plugin wp yang wajib untuk instal, lumayan ilmunya untuk makin permak blog hehehe

    Balas
  8. Saya mau tny soal security mas. Apakah id untuk login sebaiknya dibedakan dgn author ya?

    Sama saya mau tny, sebaiknya pengindeksan url pk metode apa? Webmastertool? Atau cukup /addurl atau ada metode lain yg lbh bagus?

    Terimakasih

    Balas
    • Kalau webnya single author sih ga perlu kayaknya mas, siapkan saja password yang kuat dan mudah diingat.

      Kalau saya seringnya ya GWS (Google Webmasters Tools), setelah setup akun di webnya, verifikasi dan submit sitemaps, rasanya sudah gitu saja, tinggal pantau perkembangannya dari sana.

      Balas
  9. selamat malam mas tiyo,
    mw nanya ni mas, apakah plugin seo yoast ini jg bagus utk web toko online, atau ada rekomendasi lainnya?
    mohon pencerahaannya, terimakasih 🙂

    Balas
  10. Terimakasih infonya bang…
    Tanya bang, Saya melindungi blog saya menggunakan Stop Spammer, nah keuntungan lebih Growmap Anti Spambot Plugin dari plugin penghalang spam yang lain apa bang? Terimakasih lagi… hehehe 😀

    Salam

    Balas
    • Secara kronologisnya gimana saya mulai menggunakan plugin ini saya sudah lupa mas, mungkin karena tidak perlunya chaptca saja kali ya. Soalnya saya sangat terganggu dulu saat mau komentar menemukan blog dengan chaptcha, pilihan yang ditawarkan GASP ini lebih praktis dan saya dapati hasilnya juga bagus untuk melawan spam bots.

      Balas
  11. Mas, tolong mas tambahan infonya pada salah satu komentar diatas, apa maksudnya username : root itu lebih aman ketimbang username : admin itu, saya masih belum nyambung

    Balas
  12. Salam, Mas..

    Makasih udah share topik ini, maklum ane newbie banget di dunia website.
    Apalagi WP baru nyoba banget, hehehee

    Mau nanya juga mas, smoga diijinin.
    Kalo ingin tau sebuah web pakai WP ato ngak gimana caranya yah?
    Trus kemaren sempet buka sbuah web, saya rasa itu web dibikin dari WP tapi ga yakin karna pas di klik kanan \”view page source\” ga nampilin indikasi ke arah WP secara gamblang,.. cm ada bberapa hal yang mengindikasikan bhw itu WP.

    Soalnya source yang dibuka ga seperti source WP pada umumnya..
    Hanya menampilkan sedikit info ttg source yang biasa pada WP, hal ini saya bandingkan dengan web yang saya bikin mggunakan WP.

    Apa mungkin ada plugins/hal lain yang mereka pakai pada webnya sehingga ga menampilkan source standart WP ketika kita klik kanan \”view page source\”?

    Mohon bantuan dan pencerahannya mas…
    Terimakasih

    Balas
      • Owhhh.. ternyata gitu..
        HHmm… sipp.. musti byk blajar lagi nih saya.

        mau nanya lagi mas,
        gimana cara menghilangkan link author wp, nama tertampil author tetap tampil pada single post tapi ga bisa di klik. ada kemungkinan ga mas kira2 kalo seperti itu?

        makasih mas

        Balas
        • Kalau mau menghilangkan link ke nama penulis ini penangannya per themes, beda themes beda caranya, beberapa themes premium mungkin ada, seperti yang saya pakai ini ada pengaturan yang mirip, tapi menyembunyikan namanya sekaligus.

          Kalau mau mengedit tampilannya harus menyelami template tag WordPress, terutama tag tentang author, lalu nanti editing template themes yang dipakai (editing via child themes)

          Balas
  13. saya ucapkan banyak-banyak terima kasih atas artikelnya, saya merasa terbantu sekali dengan isi artikel anda. da saya kan coba praktekan dalam WP saya.

    Balas
  14. maaf mas mau tanya, di blog saya gak muncul pilihan headingnya ketika menulis artikel, sy instal wp versi baru saat ini, apakah karena versi wpnya atau gimana ya? apakah ada plugin untuk itu? terima kasih

    Balas
  15. Tambahin deh om, ada TinyMCE Advanced (biar mudah saat menulis), W3 Total Cache (biar ga lemot), sama WP Smush (biar size gambar kecil).

    Balas
    • Wah saya belum pernah makai semua plugin ini, buat menulis so far menggunakan bawaan WordPress sudah cukup, lalu pernah buat W3 Total Cache saya rasa terlalu complex setingan dan pilihannya, sebagai gantinya untuk mempercepat loading blog saya pilih Autoptimize. Lalu agar gambar jadi lebih keicil ukurannya saya biasa pakai RIOT (Radicall Image Optimization Tool) 🙂

      Nice info anyway, makasih tambahannya.

      Balas
  16. Bang saya mau nanya, saya udah install plugin jetpack nya terus pas saya connect selalu gabisa dan ada note \”cURL error 28 : operation timed out after 15000 milisecond with 0 bytes received\” itu kenapa ya ?

    Balas
    • Setahu saya itu karena koneksi jaringan yang lambat dari server hosting ke server jetpack.

      Itu sudah biasa untuk server hosting yang berlokasi di Indonesia, meskipun dalam beberapa kasus ada juga terjadi pada server hosting yang berlokasi di USA.

      Solusinya bisa coba tanyakan ke tim support hostingnya. Biasanya mereka bisa membantu melakukan pengujian dan pengecekan.

      Balas
    • Mempengaruhi mas, karena dengan membuat cache nanti pengunjung akan diberikan sebuah file HTML yang dihasilkan dari proses file PHP dari server, jadi server tidak perlu lagi ambil datanya dari database.

      Balas
  17. gak terasa saya udah berjam jam disini..mau nanya mas..tapi sedikit menyimpang dari pembahasan plugin.
    begini mas, saya sewa shared hosting unlimited, jadi bisa banyak domain. tapi yang aneh kalau saya add domain baru, katakanlah domain awal a,com dan domain kedua b,com. domain yang kedua menjadi subdomain domain pertama. gini jadinya b,a,com. cara mengatasi yang seperti ini bagaimana.

    Balas
    • Memang secara struktur folder bisa jadi seperti itu, namun biasanya kalau pakai WordPress pas install kita akses dari b[dot]com/wp-admin/install.php (atau milih b[dot]com dari dropdown di softacolous) maka nantinya secra default dia akan menggunakan URL b[dot]com.

      Tapi kalau seperti di Dewaweb begitu nambah add-on domain nantinya root folder domain baru akan sejajar dengan public_html sih sekarang.

      Balas

Tinggalkan komentar