Video Tutorial Cara Setting Yoast SEO Lengkap Untuk Pemula

Cloud Hosting Terbaik Indonesia

Setelah sekian lama menunda untuk membuat tutorial yang membahas setting Yoast SEO, kali ini WPKamt.com hadir lagi dengan sebuah video tutorial cara setting Yoast SEO.

Artikel lama saya tentang cara setting Yoast SEO sudah agak kelewat jadul sih, banyak perbedaan user interface dari plugin SEO ini sejak saya menulis artikel itu hingga sekarang.

Video Tutorial cara setting Yoast SEO ini saya buat agak cepat pembahasannya, mengingat ada banyaknya materi (menu – menu) yang harus saya cover dalam tutorial ini. Jadi saya menampilkan setting Yoast SEO yang ada di WPKamt.com, dengan komentar dan pembahasan kenapa saya menggunakan setting tersebut.

Video Tutorial Cara Setting Yoast SEO

Dewaweb

Saya sarankan untuk menyimak video ini dengan perlahan sembari anda mengecek Setting Yoast SEO yang ada di blog anda sendiri. Bisa juga sembari mengecek ini anda daftar beberappa hal yang berbeda, lalu catat jika ada pertanyaan berkaitan dengan yang saya tampilkan dalam video. Jika masih kurang jelas, melihat videonya diulang – ulang juga boleh banget 🙂

Simak Video Tutorial Cara Setting Yoast SEO

OK, langsung saja disimak ya, video tutorial cara setting Yoast SEO lengkap untuk pemula, bisa juga kamu baca transkrip video yang ada di bawahnya kalau kurang terlalu cepat.

[toggle title=”Baca Transkrip Video”]

Kali ini kita akan membahas salah satu plugin populer di WordPress yaitu Yoast SEO. Yoast SEO adalah sebuah plugin yang kita gunakan untuk mngoptimasi website kita agar lebih mudah diindex oleh Google dan mesin pencari lainnya. Nanti kita akan membahas berbagai hal yaitu tentang tampilan – tampilan yang akan kita atur dari Yoast SEO agar optimasi website kita lebih lengkap. Seperti yang ada di sini ada beberapa menu yaitu dashboard, title & meta, social, site meta/peta situs XML, opsi lanjutan, tool dan konsol pencarian.

OK, langsung saja pertama – tama kita akan membahas menu dashboard ini, di dashboard ada beberapa indikator manakala ada masalah dengan website kita dan ada peningkatan yang perlu kita lakukan.

Setingan Umum

Lalu kita bisa menuju ke menu setingan umum, di setingan umum kita bisa memulai lagi untuk menyeting yoast SEO dari awal yaitu dengan menggunakan instalation wizard, lalu untuk mengembalikan Yoast SEO ke dalam setingan default dari awalnya kita bisa menggunakan tombol reset. Kita lewati karena saya sudah melakukan setinganya.

Lalu untuk beberapa fitur juga bisa kita kontrol dari tab fitur ini. Kita bisa mematikan atau menghidupkan fitur – fitur yang ada misalnya ini adalah tab advanced setting, jika kita mendisable maka nanti pilihan lanjutan ini akan hilang. Adapun nanti isinya pilihan lanjutan ini akan kita bahas selanjutnya.

Di bawahnya menu onpage.org yang akan mengindex halaman kita apakah sudah bagus dan bisa diindex oleh mesin pencari dengan benar. Di bawahnya ada admin bar menu yaitu untuk menyestting apakah pengaturan Yoast SEO bisa diakses melalui admin bar. Seperti yang terlihat di sini, SEOnya Yoast SEO bisa kita atur dari sini juga. Jika kita ingin membuang pilihan ini kita tinggal mengeklik toglenya menjadi disable.

Selanjutnya yaitu adalah tentang info saya, atau info dari website. Kita bisa menentukan misalnya nama website, di sini juga ada nama alternative dan di sini kita bisa menentukan apakah kita perserorangan atau perusahaan. Saya melewatkan karena saya rasa tidak begitu penting.

Lalu ada webmaster tool, dimana kita bisa memasukkan kode verifikasi dari Google Seach Console, Bing Webmasters Tools dan juga Yandex Webmasters tools. Kode – kodenya masukkan sini lalu kita klik simpan. Tab selanjutnya yaitu berisi tentang security setting, dimana kita bisa mematikan dan menghidupkan Yoast SEO metabox yang memungkinkan seorang user atau penulis nanti mengatur postingnya untuk di no-index yang menjadikan mesin pencari tidak mengindex artikelnya, juga mengubah canonical link (link tunggal/link utama) yang menjadi link sebuah artikel. Setting saya adalah menghidupkannya.

Title dan Meta

Kita masuk untuk setingan title dan meta dan Yoast SEO disini, di tab umum kita dihadapkan dengan beberapa pilihan, misalnya judul rewrite, saya setting untuk disable, lalu untuk pemisah judul anda bisa menggunakan pemisah lainnya, tidak ada pengaruhnya. Lalu yang paling penting adalah readability analysis dan keyword analysis dimana setelah kita menentukan salah satu keyword tujuan utama kita, sudah saya tulis artikelnya disini Nantinya halaman kita akan dipantau progressnya, bagaimana perkembangan kualitas SEO sepanjang kita mengedit artikelnya.

Kemudian kita beralih ke tab beranda, tentang seting meta title dan description dari halaman depan wesbite kita, saya menggunakan sebuah artikel sebagai artikel yang ada di halaman depan. Jadi setingannya agak berbeda, saat saya ingin mengatur meta title dan description dari homepage saya, saya harus mengeditnya dengan mengedit pengaturan posting tunggal tersebut.

Berbeda dengan blog saya AboutTiyo.web.ID, di isni pengaturannya dari judul dan juga description berupa masukan teks yang bisa langsung saya masukkan perubahannya sesuai kehendak.

Lalu kita menuju pengaturan title dan meta untuk posting tunggal. Untuk judul template tidak saya perhatikan karena saya biasa menulisnya manual sesuai artikel yang saya sebut sebelumnya. Tapi yang tidak kalah penting yaitu pengaturan meta robot, pastikan bahwa kita mengijinkan untuk mengindex. Untuk tanggal pada snipet bisa kita sembunyikan dan tampilkan, tidak begitu pengaruh terhadap performa SEO.

Kategori juga bisa kita optimasi SEOnya dengan menjelaskan tentang judul (title halaman kategori) dan juga description kategori, seperti yang saya singgung di artikel ini.

Untuk metabox harus ditampilkan, dibawahnya ada lagi untuk pengaturan media, taksonomi (kategori dan tag) ada pengaturannya. Selain kategori ada tag juga post format seperti image, audio, link, status dan juga series (tambahan saya via plugin). Lalu untuk arsip saya mensetting arsip untuk di disable agar tidak memperbanyak index di Google tentang halaman – halaman yang ada di blog ini karena semua yang diperlukan sudah saya enable (posting, halaman dan series)

Ada setingan lainnya yaitu pengaturan meta keseluruhan situs, yaitu tentang halaman, bisa dihidupkan, lalu meta keywords secara default saya mematikannya, dan untuk nodp (pengaturan DMOZ) saya hidupkan, berarti website saya tidak perlu dicek di direktori DMOZ.

Setingan Socila Yoast SEO

Di sini bisa kita masukkan beberapa profile social media kita. Saya hanya memasukkan halaman Facebook dan twitter. Tab selanjutnya, berisi setingan Facebook Opengraph yang saya hidupkan, dan juga ada penambahan user adminnya saya gunakan akun Facebook saya. Twitternya saya memilih nukilan dengan gambar besar, agar kalau dishare di twitter ada gambar utama yang ikut di share. Pinterest, saya kosongi begitu juga Google plus, mestinya disini diisi Google Plus Publisher, bukan akun pribadi.

Setting peta XML (XML Sitemaps)

Pastikan bahwa setingnya adalah di-enable, bawahnya kita lewati saja. Pindah ke tab sampingnya, posting, halaman, media kita masukkan dalam sitemaps, lalu setting excluded post bisa dipakai untuk mencegah xml sitemaps memasukkan artikel tertentu, kita tinggal memasukkan ID artikelnya.

Lalu untuk taxonomy juga bisa kita pilih untuk memasukkan atau atau tidak di sitemaps. Saya memasukkan kategori, post format dan series, untuk tag tidak saya masukkan.

Menu lanjutan (Advanced Setting)

Disini ada setingan Yoast Breadcrumb SEO, saya enable dengan halaman homepage saya tuliskan nama blog, dan taksonomi (level breadcrumb) saya gunakan kategori. Seperti yang terlihat mulai dari namanya, WPKamt.com, lalu kaegorinya, WordPress Plugin, baru title halaman tersebut.

Kebetulan tema yang saya pakai Genesi Framework, secara default Genesis Framework sudah support dengan Yoast SEO Breadcrumb. Jika tema yang anda pakai tidak support secara otomatis, panduannya bisa dibaca dari halaman ini.

Selanjutnya untuk setingan permalink, dimana ada pilihan untuk membuang permalink dari website di halaman kategori. Misalnya ketegori WordPress Plugin di buka di website saya, kita bisa menghilangkan URL category ini dari setingannya dan mengubahnya jadi langsung wpkamt.com/wordpress-plugin.

Kita juga bisa mengatur user yang mendatangi blog kita di halaman attachment, biasanya bagi mereka yang berasal dari pencarian images di Google, lalu membuka salah satu gambar, jika kita hidupkan redirect ini, maka saat dia mengunjungi sebuah gambar akan langsung dibawa ke artikel dimana gambar itu terlampir.

Di bawahnya saya setting ?replytocom dan stop words di URL karena saya biasa mensetting secara manual. Lalu untuk redirect ugly url di bawahnya saya matikan sesuai rekomendasi. Untuk RSS berisi setingan kata – kata pembuka yang tampil melalui feeds, bisa melalui email atau melalui media apa saja bagi user yang berlangganan ke blog kita.

Setingan Alat (Tool)

Di setingan alat kita menerapkan editing title dan meta description secara bersamaan melalui editor masal. Kita juga bisa menyimpan setting Yoast SEO dari satui website ke website lainnya dengan menggunakan import/eksport. Dan kita bisa mengedit file robots.txt yang membatasi mesin pencari dalam mengindex website kita. Kita juga bisa mengatur file.htaccess yang mengatur perilaku web server kita.

Konsole Pencarian

Di halaman konsol pencarian kita bisa menemukan halaman – halaman yang menimbulkan response code 404, atau halaman ini pernah masuk ke index Google tapi sekarang tidak bisa diakses lagi. Agar kita bisa mengkoreksinya dengan Google Webmasters Tools, terbagi dari tampilan di desktop, smartphone,telpon jadul.

Go Premium

Bagi yang berkeinginan untuk membeli beberapa plugin premium dari Yoast seperti Video Seo, News SEO dan juga Local SEO bisa mengaksesnya dari halaman ini. Rata – rata lumayan mahal, local SEO misalnya lisensi satu situs satu tahun adalah $69.

Seperti itulah tadi pengaturan Yoast SEO dari WPKamt.com, penyedia Tutorial WordPress Pemula. Saya sudah membuat transkrip ini juga untuk memudahkan anda memahami, bisa anda sembari lihat videonya lagi agar semakin memahaminya.

Jangan lupa untuk like videonya dan subscribe ke channel YouTube saya, membagikannya ke sosmed dan berikan komentar yang membangun. Jangan lupa juga subscribe ke blog WPKamt.com! Website penyedia Tutorial WordPress Pemula paling lengkap dengan mengisi alamat email anda di bagian paling bawah homepage, lalu klik subscribe dan konfirmasi di email anda!

Selamat dan salam sukses!

[/toggle]

Dalam video tersebut, beberapa website lain juga masuk dalam pembahasan. Untuk memudahkan anda dalam mengikuti, berikut adalah daftar dari artikel di WPKamt.com dan web luar tersebut;

Saya sadar masih banyak kekurangan di sana sini dalam video Tutorial cara setting Yoast SEO ini, maka saya sangat terbuka untuk berbagai saran dan masukkannya.

Pengaturan untuk website yang banyak gambarnya (seperti website gallery gambar misalnya) mungkin ada perbedaan sedikit dari setting saya ini, terutama untuk attachment, lebih baik tidak di  redirect ke halaman artikel, dan meta box untuk optimasi description di attachment juga lebih baik nyala agar makin SEO friendly gambarnya.

Jangan ragu untuk menghubungi saya jika ada yang kurang jelas. Dan semoga tutorial ini menjadikan optimasi website anda semakin bagus.

Jangan lupa juga untuk membagikan video di atas jika menurut anda bagus, subscribe ke channel YouTube saya dan ke WPKamt.com juga.

Yuk Bagikan:

Satu pemikiran pada “Video Tutorial Cara Setting Yoast SEO Lengkap Untuk Pemula”

  1. terimaksih artikelnya sangat membantu, dan sudah saya lihat video tutorialnya sangat jelas,
    ada sedikit pertanyaan, knapa kalau saya coba searh artikel saya dengan jugul abc, tp yang terindek xyz yang tidak diharapkan, disitu saya lihat tag yg ke index. bukan pos.
    sekarang saya coba dengan setingan yg ada divideo. ditunggu responnya. terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar